Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks MC Formal Islami Acara Pengajian

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya mau sharing tentang contoh teks MC formal islami. Saya buatkan lengkap banget sebagai panduan teman-teman yang sedang mendapat amanah sebagai pembawa acara.

Teks MC ini cocok untuk dipakai acara pengajian, acara maulid nabi, acara saat ramadhan, dan lainnya yang bernuansa islami dan berlangsung formal.

Oh ya, teks berikut ini bisa disesuaikan sendiri menurut situasi dan kondisi teman-teman ya. 

Tentu saja, di akhir artikel ini, saya sediakan teks MC formal islami dalam bentuk word dan dalam bentuk pdf ya. Supaya bisa diprint dan dijadikan panduan saat teman-teman menjadi MC.

contoh teks mc formal islami pengajian


Teks MC Formal Islami - Pengajian

Assalamualaikum wr wb

Bismillahirrahmaanirrahim

Alhamdulillahilladzi allamal quran holakol insanu, allamahul bayan al qoil, inna anzalnahufi, lailatimmubarokatin innakunna mundirin.

Waasalatu wassalamu ala rasulullahu bil wahyi wa anzala, alaihi hairuhu, wa kutubihi sayyidina, wa habibina, was safiini muhammad SAW, al-qoil idza ahabbahatukum, ayyuhaddisa, rabbahu fal yakrohul Quran, wa ala ahlihil quro, wa ashabihil qirom, amma ba’du.

Yang kami hormati, kiai Abd. Musthofa selaku pemimpin Pondok Pesantren Mambaul Hikam

Yang kami muliakan, para ustadz-ustadzah dan pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam

Serta yang kami banggakan, hadirin hadirat yang berbahagia.

Alhamdulillahirobbil alami. Pertama-tema, mari kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Atas segala nikmat dan rahmat-Nya, akhirnya kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan yang berbahagia. 

Kalau bukan karena kehendak-Nya, tidak mungkin kita dapat berkumpul di sini, untuk mengikuti serangkaian acara Pengajian Akbar dalam memperingati Nuzulul Quran di Pondok Pesantren Mambaul Hikam.

Sholawat serta salam, tak lupa kita sampaikan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Atas jasa dan pengorbanan beliaulah, kita semua berada di jalan yang terang benderang. Semoga kita akan mendapatkan syafaat-nya di hari akhir nanti.

Hadiri dan hadirat yang terhormat. Perkenankan saya Fitranda Mawardi, bertindak selaku pembawa acara pada malam hari ini, untuk memandu acara ini dari awal sampai akhir.

Berikut ini akan saya bacakan susunan acaranya:

  1. Pembukaan
  2. Lantunan Kalam Ilahi
  3. Sambutan
  4. Mauidotul Hasanah
  5. Penutup

a. Pembukaan 

Demi kelancaran acara pengajian pada malam hari ini, mari kita buka acara ini dengan bacaan umul quran. Al ahadiniyah, wa lakulliniatin sholihah, al-fatihah.

[pembacaan alfatihah dalam hati]

Terima kasih kami sampaikan. Semoga acara pengajian pada malam hari ini dapat berlangsung secara khidmat dan lancar. Aamiin aamiin ya robbal alamin.

b. Lantunan Kalam Ilahi

Acara selanjutnya yakni lantunan kalam ilahi. Akan dibawakan oleh Ustadz Habib Solahudin. Kepada Ustadz Habib, kami silakan menuju ke atas panggung.

[pembacaan ayat suci al-quran]

Alhamdulillah. Terima kasih kami sampaikan kepada Ustadz Habib. Suara merdu yang melantunkan ayat suci Al-Quran, sungguh merasuk ke dalam relung jiwa kami.

c. Sambutan

Acara selanjutnya, yakni sambutan. Sambutan akan disampaikan oleh Bapak Kiai Abd. Musthofa selaku pemimpin Pondok Pesantren Mambaul Hikam. Kepada Bapak Kiai Abd. Musthofa, kami silakan.

[sambutan]

Terima kasih, kami sampaikan kepada Bapak Kiai Abd. Musthofa. Memang tujuan adanya pengajian kali ini adalah supaya kita semakin dekat untuk mengenal mukjizat rasul yang paling besar, yang ternyata menjadi petunjuk supaya kita bisa masuk ke dalam surga-Nya.

d. Mauidotul Hasanah

Acara selanjutnya yakni Mauidotul Hasanah. Mauidotul Hasanah akan dibawakan oleh Ustadz Muhammad Hatin. Diharapkan hadirin menyimak dan mengikuti secara khidmat. Kepada Ustadz Hatin, kami silakan menuju ke atas panggung. 

[mauidotul hasanah]

Alhamdulillahirobbil alamin. Kami sampaikan terima kasih banyak kepada Ustadz Hatin yang telah memberikan banyak pencerahan untuk kami semua. Semoga ilmu yang disampaikan, bisa kami pegang secara erat sebagai bekal kami menjalani kehidupan.

e. Penutup

Tiba akhirnya kita di penghujung acara. Semoga setiap detik yang kita lalui pada pengajian hari ini, dapat menjadi berkah dan rahmat untuk kita semua. 

Saya selaku MC dan mewakili panitia yang bertugas, menyampaikan mohon maaf karena ada banyak salah-salah kata dan perbuatan.

Akhirul kalam, semoga dari pengajian ini, kita mendapatkan banyak manfaat dunia dan akhirat. Aamiin aamiin ya robbal alamin.

Wassalamualaikum wr wb

Download Teks MC Formal Islami pdf dan word

Nah, spesial untuk teman-teman, berikut ini saya buatkan teks MC formal islami dalam bentuk pdf dan word ya. Yang dokumen word, bisa diedit lalu diprint. Untuk yang format pdf, sudah saya isi .... untuk memudahkan penyebutan nama bila langsung diprint.

a. Download Teks MC Formal Islami pdf


b. Download Teks MC Formal Islami Word


Kesimpulan

Saya senang bisa membantu teman-teman yang hendak menjadi MC atau pembawa acara. Apalagi untuk menjadi MC acara formal bernuansa islami, pastinya harus lebih hati-hati ya.

Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yaa. Aamiin

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Contoh Teks MC Formal Islami Acara Pengajian"