Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Kesalahan Umum Saat Design Kalender Meja

Assalamualaikum wr wb

Sampai saat ini, kustom design kalender meja masih menjadi sarana promosi terbaik untuk perusahaan. Salah satu alasannya, karena promosi menggunakan kalender meja terhitung sebagai promosi halus. Sehingga, cara ini masih lebih mengena dan diterima masyarakat.

Meski terbilang cukup efektif, membuat kalender meja tetap tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar promosi yang Anda lakukan tetap bisa diterima masyarakat. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui apa saja kesalahan umum saat membuat desain kalender meja.

contoh design kalender meja

Kesalahan Dalam Membuat Design Kalender Meja

Ada beberapa kesalahan umum yang biasa terjadi dalam pembuatan design kalender meja. Berikut ini adalah 3 contoh kesalahan umum yang biasa terjadi:

1. Kesalahan Pemilihan Warna

Saat membuat desain kalender untuk sarana promosi, pemilihan warna bisa menjadi sesuatu yang penting. Anda perlu mempertimbangkan penggunaan warna yang akan digunakan dengan baik. Pastikan warna yang dipilih dapat menggambarkan jati diri perusahaan dengan baik.

Umumnya, setiap perusahaan pasti memiliki warna perusahaan. Seperti Bank Mandiri yang identik dengan warna biru, atau Telkomsel yang identik dengan warna merah. Warna perusahaan tersebut tentu saja harus ada dalam desain kalender yang akan dibuat.

Meskipun begitu, Anda juga perlu memperhatikan tren warna terkini dan harmonisasi warna yang digunakan. Dengan begitu, hasil akhir kalender yang dibuat terasa indah dan menyenangkan untuk dilihat. Desain yang cantik tentu saja sangat penting. Agar nantinya, orang yang memiliki kalender tersebut mau menggunakannya.

design kalender meja

2. Kesalahan Ukuran Kalender Meja

Ada dua jenis kalender meja yang biasa digunakan, yaitu kalender meja portrait dan landscape. Umumnya, kalender meja menggunakan ukuran standar A5. Namun, Anda juga bisa menggunakan ukuran 17 x 24 cm yang terasa lebih ideal.

Sebenarnya, tidak ada salahnya jika Anda ingin membuat kalender meja dengan bentuk yang unik. Akan tetapi, pastikan kalender tersebut tetap nyaman digunakan dan dilihat. Kalender meja yang terlalu besar atau terlalu kecil justru akan terasa mengganggu dan sulit digunakan.

Penentuan ukuran ini juga perlu dipastikan sebelum design kalender meja dibuat. Sehingga, desain yang digunakan telah sesuai dengan ukuran yang akan dicetak. 

Ukuran desain yang terlalu kecil dibandingkan ukuran cetak akan membuat kalender terlihat berbayang atau pecah. Dan tentu saja memberikan kesan yang tidak profesional.

3. Kesalahan Ukuran Foto

Saat membuat kalender meja untuk promosi perusahaan, tentu saja akan ada foto yang digunakan. Perlu diingat bahwa penggunaan foto bukan hanya bertujuan untuk mempromosikan perusahaan. Tapi juga sebagai penghias dalam desain kalender.

Karena itu, pastikan Anda memilih setiap foto dengan baik dan tidak asal-asalan. Pemilihan foto yang asal-asalan akan membuat desain kalender meja Anda terlihat tidak menarik. Sehingga, orang menjadi malas dan enggan menggunakannya.

Jika Anda memiliki tema atau tagline perusahaan, akan lebih baik jika foto yang digunakan dapat menggambarkan tagline tersebut.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa kesalahan umum yang biasa terjadi dalam proses design kalender meja untuk perusahaan. Apakah Anda pernah membuat atau mengalami satu atau beberapa kesalahan tersebut? Jika ya, tidak usah khawatir. Kesalahan tersebut bisa Anda hindari dengan menggunakan jasa desainer kalender profesional.

Ada banyak freelancer desainer di Fastwork yang bisa membantu Anda membuat design kalender meja yang profesional. Untuk menggunakan jasa tersebut, Anda tinggal mengunjungi https://fastwork.id/publication/calendar dan memilih freelancer yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Semoga membantu!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "3 Kesalahan Umum Saat Design Kalender Meja"