Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Objek Wisata Dieng Wonosobo Terbaru Recommended

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang daftar objek wisata di Pegunungan Dieng yang terbaru dan recommended. Daftar ini bisa menjadi panduanmu, hendak main ke wisata mana sajakah ya bila ingin liburan di Dieng?

Objek Wisata di Pegunungan Dieng Terbaru

Maka, langsung kita simak saja daftar objek wisata di Dieng yang paling recommended dengan info terbaru yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa pilih sesuai keinginanmu dan kapasitasmu hendak liburan ke jenis wisata yang seperti apa. 

Tapi akan lebih enak sih bila kamu memesan paket wisata Dieng karena ada banyak banget wisata di Dieng yang recommended. Jadi kamu nggak perlu pusing mau ke wisata apa, makan di mana, tidur di mana. Jadi kamu tinggal beres explore Dieng saja. 

Lalu, apa sajakah objek wisata yang ada di Dieng? Yuk simak baik-baik!

objek wisata dieng terbaru

1. Tugu Selamat Datang

Nggak sah rasanya kalau kamu ke Dieng tapi nggak berfoto di sini terlebih dahulu. Tugu Selamat Datang Dieng ini menunjukkan bahwa kamu telah memasuki kawasan wisata pegunungan Dieng.

Di sini, kamu bisa bersantai sebentar untuk melepas penat dari perjalanan jauh. Kamu bisa mampir di warung-warung pinggir jalan untuk menikmati mie ongklok, purwoceng, wedang ronde susu, hot coffee, dan lainnya.

  • HTM: -
tugu selamat datang dieng
Sumber gambar: Ade Lang Lang (facebook)

2. Jembatan Merah Putih Dieng

Suasana yang berbeda akan kamu dapatkan bila datang ke Jembatan Merah Putih Dieng. Ini bukan jembatan besi kokoh yang ada di tengah jalan. Melainkan jembatan kayu yang sunggu estetik.

Jembatan kayu ini mampu memacu sedikit adrenalinmu karena jarak antar kayu cukup renggang. Sehingga kamu butuh berpegangan yang kuat pada tali untuk melalui jembatan ini.

  • HTM: include dengan Batu Pandang Ratapan Angin
  • Biaya spot foto: 15ribu
jembatan merah putih dieng
Sumber gambar: jalan2.com (facebook)

3. Telaga Warna Dieng

Ini adalah salah satu spot wisata terbaik di Dieng. Telaganya indah, penuh terisi air dan warnanya terlihat banget. Kadang warnanya berubah-ubah. Namun lebih sering telaganya berwarna hijau.

Hal yang menarik adalah di sini ada banyak bunga yang ditanam. Ada bunga panca warna yang turut memeriahkan keindahan alam dari Telaga Warna.

  • HTM: 22.000/orang (sudah sepaket dengan Telaga Pengilon dan Gua Semar)
  • Parkir: 3.000/sepeda motor, 5.000/mobil
wisata telaga warna dieng
sumber gambar: @TlagaWarnaDieng (facebook)

4. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon ini masih bersahabat dengan Telaga Warna karena lokasinya berdekatan. Kalau kamu merasa bahwa di Telaga Warna rame banget, maka direkomendasikan untuk datang ke Telaga Pengilon.

Telaga yang masuk cagar alama ini juga masih aktif digunakan sebagai sumber irigasi. Paling enak kalau datang ke sini saat cuaca cerah. Jadi perpaduan warna di fotonya dijamin amat bagus.

  • HTM: 22.000/orang (sudah sepaket dengan Telaga Warna dan Gua Semar)
  • Parkir: 3.000/sepeda motor, 5.000/mobil
telaga pengilon dieng
Sumber gambar: @TelagaPengilon (facebook)

5. Gua Semar

Ini adalah objek wisata di Dieng yang masih tersembunyi sih. Tempat wisata religi ini berada di dalam wisata Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Namun kalau mau ke sini, harus punya izin masuk ke juru kunci.

Sebenarnya di sini nggak cuma ada Gua Semar, melainkan ada Gua Jaran, Gua Sumur, dan juga Gua Pengantin. Di sini juga ada Batu Tulis. Wilayah di sini masih dijaga kesakralannya karena masih dijadikan sebagai tempat bertapa oleh orang-orang tertentu.

  • HTM: 22.000/orang (sudah sepaket dengan Telaga Warna dan Telaga Pengilon)
  • Parkir: 3.000/sepeda motor, 5.000/mobil
gua semar dieng
sumber gambar: http://diengfrozetour.blogspot.com/

6. Kawah Sikidang

Bertolak dari Telaga Warna, mari kita melanjutkan perjalanan ke Kawah Sikidang. In imerupakan pesona alam berupa kawah vulkanis yang mengeluarkan gas belerang alami. 

Jadi saat ke sini, usahakan kamu memakai masker dan jangan berlama-lama ya. Tapi kamu boleh berlama-lama di tempat duduk yang sudah disediakan agak menjauh dari kawah. Kamu juga bisa beli oleh-oleh atau jajan camilan seperti jasuke, siomay, manisan carica, dll.

  • HTM: 21.000 (sudah sepaket dengan Candi Arjuna) 
kawah sikidang dieng
sumber gambar: https://www.facebook.com/budjono/

7. Candi Arjuna

Ini merupakan wilayah kompleks percandian Arjuna, yang tidak hanya Candi Arjuna saja yang berdiri. Dibangun sejak abad ke-8, di sini terdapat Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, Candi Gatotkaca, dan situs Dharmasala. 

Jadi kamu memiliki banyak pilihan untuk berfoto di candi mana pun. Boleh banget kalau kamu membawa stok outfit yang bisa dipadupadan agar fotomu tidak monoton.

  • HTM: 21.000 (sudah sepaket dengan Kawah Sikidang) 
  • Sewa kuda: 20.000/putaran
candi arjuna dieng
sumber gambar: facebook.com/candiarjunaa/

8. Museum Dieng Kailasa

Ini adalah bagian dari tiket terusan di antara Telaga Warna, Kawah Sikidang, dan Candi Arjuna. Dengan datang ke sini, maka kamu telah melengkapi paket eduwisata di Dieng. 

Cocok bangetlah bila kamu hendak liburan bersama keluarga, yang mengajak anak-anak SD atau SMP. Kamu bisa mengajaknya belajar melihat peninggalan bersejarah yang masih tersisa saat ini.

  • HTM: 6000/orang
museum kailasa dieng
sumber gambar: rynari.wordpress.com

9. Dieng Plateau Theater

Ini bagaikan bioskop alami. Letaknya berada di bawah Batu Pandang Ratapan Angin. Di sini akan ditampilkan video dokumenter tentang Dieng, baik dari segi budaya, alam, dan sejarahnya. 

Tapi kami selalu berharap akan ada peremajaan dari Dieng Plateau Theater ini. Baik dari bangunan fisiknya, maupun pengambilan video dokumenternya. Jadi orang-orang yang dulu pernah ke sana, bisa mendapatkan insight yang berbeda. 

  • HTM: 10.000/orang
nonton film di dieng
sumber gambar: facebook.com/DiengPlateauTheater

10. Taman Syailendra Dieng

Ada yang baru nih di Dieng. Ini adalah objek wisata terbaru di Dieng. Kamu dan keluarga bisa istirahat di Taman Syailendra Dieng usai menempuh perjalanan yang cukup lama.

Ini adalah tempat yang cocok bagi para Bapak-Bapak yang mager jalan-jalan berwisata untuk eksplor Dieng. Mending diem di sini aja karena tempatnya cozy buat Bapak-Bapak.

  • HTM: - 
taman syailendra dieng
Taman Syailendra Dieng

Objek Wisata di Sekitar Dieng

11. Gardu Pandang Dieng

Ini adalah tempat terbaik untuk mendapatkan view yang indah dari dataran tinggi Dieng. Kamu akan mendapatkan foto yang keren. Oh ya, di sini kamu juga bisa berfoto dengan burung hantu loh!

  • HTM: 10.000/orang
htm gardu pandang dieng
sumber gambar: sikidang.com/gardu-pandang-tieng/

12. Bukit Ratapan Angin

Kalau kamu mencari spot foto terbaik di Dieng, maka kamu harus rela naik ke Bukit Ratapan Angin. Di sini, kamu akan mendapatkan foto dengan latar belakang pemandangan Dieng secara full. Indah banget. 

Di sini kamu juga bisa melihat 2 danau yang berdampingan, yakni Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Hati-hati ya kalau di sini. Karena spot foto utamanya merupakan sebuah batu yang ada di pinggir jurang. Namun hasilnya sungguh sangat indah.

  • HTM: 10.000/orang
HTM bukit ratapan angin
sumber gambar: putrasikunir.com/blog/batu-ratapan-angin-dieng/

13. Sunrise Sikunir

Bila kamu punya energi lebih dan semangat yang tinggi, maka kamu wajib untuk trekking ke Bukit Sikunir. Di sini terkenal banget dengan sunrise-nya. Jadi banyak orang yang datang pagi hari di sini untuk menikmati hangatnya mentari pagi.

Bukitnya memang tidak terlalu tinggi, hanya membutuhkan waktu 30 menit perjalanan. Jalannya juga aman kok, berupa tangga yang sudah padat. Jadi recommended untuk mengajak si kecil naik bukit demi melihat sunrise lebih dekat.

  • HTM: 15.000/orang (sudah termasuk Telaga Cebong)
sunrise sikunir dieng
sumber gambar: agusbudiawan.wordpress.com

14. Telaga Cebong

Objek wisata selanjutnya, yakni keluar dari area Dieng Park, tapi masih berada di Pegunungan Dieng. Ada Telaga Cebong yang memiliki pemandangan indah. Cocok untuk kamu yang tidak mau trekking, namun ingin menikmati pemandangannya.

Telaga ini berada di bawah Bukit Sikunir persis. Ini adalah tempat yang paling dingin karena terletak di desa tertinggi. Jadi wajar bila anginnya kencang. Maka pastikan kamu membawa jaket yang tebal ya!

  • HTM: 15.000/orang (sudah termasuk Sunrise Sikunir)
wisata telaga cebong dieng
sumber gambar: negeriangin-negeriangin.blogspot.com

15. Bukit Scooter Dieng

Ini adalah salah satu objek wisata yang baru di Dieng, yakni Bukit Scooter. Berupa sebuah bukit dengan rerumputan yang luas. Cocok untuk mendirikan tenda di sini. Sambil memandang wilayah pemukiman yang berada di tengah pegunungan Dieng.

Ini adalah tempat yang paling recommended untuk camping di Dieng bersama teman-teman. Dengan camping di sini, maka kamu akan mendapatkan sunrise terbaik di Dieng.

  • HTM: -
  • Camping: 50.000/tenda/malam (izin kepada pemilik lahan)
bukit scooter dieng
sumber gambar: instagram @achmad_noer_cholis ⁣

16. Base Camp Gunung Prau Dieng

Nggak harus mendaki Gunung Prau bila kamu ingin berfoto di sini. Datang saja dan berfoto sajalah. Santai sajalah. 

Ini memang merupakan jalur masuk para pendaki yang hendak naik ke Gunung Prau. Jadi kamu akan menemukan banyak pendaki. Tentu saja makanan di sini recommended dan murah-murah, sesuai dengan kantong para pendaki, hehe.

  • HTM: - (masuk aja kalau cuma pengen foto di basecamp Gunung Prau)
base camp gunung prau dieng
sumber gambar: http://rianayahya.blogspot.com/

17. Telaga Merdada

Ini adalah salah satu objek wisata terbaru di Dieng yang selalu ada pembangunannya. Ada banyak spot foto di sini. Mau berfoto di mana aja, cakep pokoknya.

Banyak orang mancing di sini. Air di telaga ini juga dipakai sebagai sumber air untuk menyiram kebun sayur yang ada di sekitarnya. Ini adalah alam bebas yang siapa pun boleh masuk gratis ke dalamnya, namun harus tetap menjaga kebersihannya. 

  • HTM: - 
wisata telaga merdada dieng
sumber gambar: Widayat Budiasto (panduanwisatadieng.com)

18. Candi Bima

Ini adalah candi yang buka terus menerus dan tidak ada tiket masuknya alias gratis. Candinya memang kecil, tapi bagus dan terawat kok. 

Btw, Candi Bima ini tidak berada di kompleks Candi Arjuna loh, melainkan terpisah. Berada di area awal masuk Kawah Sikidang.

  • HTM: -
wisata candi bima
sumber gambar: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/

19. Telaga Balai Kambang

Telaga ini lokasinya tidak jauh dari kompleks Candi Arjuna. Sayangnya jarang ada yang datang ke sini. Mungkin karena harus berjalan jauh dan lokasinya memang agak jauh dari jalan raya.

Berfoto di sini cukup bagus kok. Kalau airnya tidak surut, maka berfoto di Telaga Balai Kambang ini recommended banget.

  • HTM: -
wisata telaga balai kambang
sumber gambar: www.jalanjalanenak.com

20. Situs Tuk Bimolukar

Ini adalah objek wisata Dieng yang tersembunyi. Tak banyak orang yang tahu dengan tempat ini. Padahal sudah terpampang jelas di pinggir jalan dengan tulisan Tuk Bimokular.

Di sini ada sumber mata air yang menjadi Sungai Serayu lalu airnya mengalir ke Pantai Selatan. Banyak orang yang mempercayai bahwa sumber mata air ini keramat, sehingga banyak yang mensucikan diri di sini.

  • HTM: - 
situs tuk bimokular
sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kesimpulan

Uuuuu, kalian gemes nggak sih dengan objek wisata di Dieng yang banyak banget dan lokasinya tuh deketan (nggak jauhan). Jadi bisalah kamu explore Dieng 3 hari 2 malam di Dieng. Pastinya kamu menginap di homestay saja biar bisa mendapatkan sunrise ala Dieng.

Namun alangkah lebih enak bila kamu sekalian saja ambil paket wisata Dieng. Ada banyak kok travel agent yang menawarkan paket tour Dieng 1 hari full, 2 hari 1 malam, hingga 3 hari 2 malam. 

Daripada membuang tenaga karena bingung mau ke mana saat liburan di Dieng, ya mendingan pake tour travel aja. Jadi kamu nggak perlu mikir mau ke objek wisata yang mana, mau makan di mana, dan mau tidur di mana.

Maka nyamankan dirimu ketika berlibur di Dieng. Selamat bersenang-senang!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "20+ Objek Wisata Dieng Wonosobo Terbaru Recommended"