Pengertian dan Ciri Meta Description yang Baik

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing lagi tentang pengertian meta description dan ciri-ciri meta description yang baik. Tentu saja, saya akan membahasa juga tujuan dan manfaat dari meta deskripsi. Termasuk juga cara membuat meta deskripsi yang baik.

Pengertian Meta Description

Apa itu Meta Description? Meta Description adalah sebuah deskripsi singkat tentang konten atau tulisan yang ktia buat di blog.

Deskripsi singkat ini akan muncul di halaman hasil pencarian Google, lebih tepatnya di bawah judul artikel kita. 

ciri meta description yang baik

Pasti di setiap hasil pencarian yang ada di google, akan memunculkan 2 hal, yakni judul artikel dan deskripsi singkat. Deskripsi singkat ini mendukung judul artikel. 

Kalau judul artikelnya bagus, ditambah dengan deskripsi singkat yang menunjang, maka orang-orang akan klik link tersebut yang mengarah ke blog kita.

Tujuan Meta Description

Meta deskripsi ini bertujuan untuk memberikan deskripsi singkat tentang sekilas isi dari konten kita. Ibarat kata, meta description ini seperti spoiler artikel kita yang muncul di halaman pencarian google.

Kalau meta deskripsinya bagus dan mengandung kata kunci yang dicari oleh orang-orang, maka mereka akan klik link tersebut dan membaca artikel kita. Manfaat dari artikel kita telah sampai dan diterima oleh masyarakat.

Manfaat Meta Description

Meta Description ini memiliki banyak manfaat. Apa sajakah manfaat dari meta description? Simak ulasan berikut baik-baik ya!

1. Menarik Lebih Banyak Pengunjung

Meta description yang muncul di halaman pencarian google ini bagaikan spoiler. Dengan 1-2 kalimat saja, bisa menarik lebih banyak pengunjung. Apalagi bila meta deskripsi tersebut mengandung kata kunci yang dicari oleh orang-orang.

Maka jangan heran, bila kamu memasang meta description yang benar, akan ada banyak pengunjung yang mampir ke blogmu.

2. Mendukung Promosi Konten di Media Sosial

Kalau kamu bisa setting meta description dengan benar, maka meta deskripsi ini juga akan muncul loh bila dishare ke Facebook atau Twitter. 

Saat share link ke facebook atau twitter, maka akan muncul gambar postingan, judul artikel, dan meta deskripsi. Nah, meta deskripsi yang tampil ini menjadi spoiler supaya orang-orang tertarik unuk membaca artikelmu.

Ciri Meta Description yang Baik

Banyak banget yang nanya: bagaimana sih ciri meta description yang baik dan benar? Berikut ini akan saya rangkumkan ciri-ciri meta description yang baik:

1. Terdiri dari 150 Karakter

Ciri meta description yang baik adalah mengandung kurang lebih 150 karakter. Bisa sekitar 155-160 karakter. Tapi kalau di blogspot, maksimal 150 karakter.

Karakter yang dimaksud ini adalah jumlah huruf, tanda baca, termasuk spasi. Karena jumlah karakternya dibatasi, maka kamu harus pandai-pandai merangkai kalimat.

2. Mengandung Kata Kunci

Pastikan meta description yang kamu buat mengandung kata kunci atau keyword. Kata kunci inilah yang harus disematkan di judul artikel dan meta description.

Kalau ada kata kunci di meta description, maka orang-orang dan juga Google akan menyimpulkan bahwa konten artikelmu pasti berisi tentang penjabaran dari keyword tersebut.

3. Manfaatkan Call To Action (CTA)

Kalau kamu ingin menarik minat orang melalui meta description, maka kamu harus melengkapinya dengan Call to Action (CTA) atau ajakan berupa aksi. Contoh kalimatnya seperti ini:

  • Yuk cek di sini
  • Dapatkan infonya di artikel ini
  • Ini loh yang kamu cari

Kesimpulan

Itulah pengertian meta description beserta ciri meta description yang baik. Cukup jelas toh bagaimana ciri meta description yang baik?

Dengan menerapkan 3 ciri-ciri meta deskripsi tersebut, maka dijamin banyak orang yang melirik artikelmu karena meta deskripsinya mampu mencerminkan hal-hal yang dicari oleh orang-orang.

Jadi, apabila kamu menulis sebuah artikel, pastikan kamu membuat meta deskripsi juga ya!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar