Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Efektif Belajar Online Untuk Mahasiswa dan Dosen Muda

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros hadir lagi untuk sharing tentang tips efektif belajar online untuk mahasiswa dan dosen muda. Dalam hal ini, dosen muda juga bisa menyimak tips berikut karena cara mendapatkan ilmunya kurang lebih sama. Sebab Kak Ros menaikkan level belajar mahasiswa supaya lebih cerdas dan kritis.

Ini Tips Belajar Online Untuk Mahasiswa  dan Dosen Muda

Langsung saja simak 5 tips berikut ini yang Kak Ros uraiakan satu persatu. Coba pahami lalu terapkan untuk mendapatkan pengalaman menjadi civitas akademika yang berprestasi.

Tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen

1. Bedah Kasus dari Berita Terbaru

Mahasiswa itu dituntut kritis dan peka terhadap isu-isu di sekitar. Tak harus mencari masalah di sekitar rumah, cukup membuka lini masa media sosial twitter, cek di trending topic, maka muncullah masalah-masalah yang harus disuarakan.

Trending topic di twitter dapat membantu mahasiswa untuk mengkritisi masalah yang masih segar dibahas. Mahasiswa dapat menyampaikan tanggapan, ide, atau sarannya. Tentu tanggapan ini harus disampaikan dengan kalimat yang bijak disertai dengan data dan fakta ilmiah.

2. Baca Jurnal Setiap Pagi

Mahasiswa itu harus bisa berpikir ilmiah yang dilandasi dengan metode ilmiah. Seorang mahasiswa yang terdidik, jangan sampai mendapatkan informasi abal-abal dari artikel yang tidak terpercaya di internet. Justru mahasiswa harus rajin membaca artikel-artikel di jurnal.

Memang terasa berat membaca artikel di jurnal, namun memang inilah ranah belajar mahasiswa. Seorang mahasiswa harus menambah wawasan dari rujukan yang terpercaya, sudah diuji, dan diakui oleh para pakar. Setidaknya, mahasiswa membaca 1 jurnal per hari atau 1 jurnal per minggu tapi diulas secara mendalam.

Kalau Anda adalah seorang dosen, sepertinya membaca jurnal adalah hal wajib yang harus dilakukan. Seorang dosen, setidaknya harus membaca minimal 3 jurnal internasional setiap hari. Bukankah tuntutannya memang seperti itu?

3. Rajin Buka E-Learning

Setiap kampus menyediakan platform e-learning untuk memberikan akses komunikasi belajar antara mahasiswa dan dosen. Di platform ini, dosen biasanya mengunggah materi-materi presentasi atau diktat kuliah untuk diunduh oleh mahasiswa.

Jadi, pastikan kamu sebagai mahasiswa rajin membuka platform e-learning setiap pagi atau malam. Karena di sini jugalah tugas-tugas diunggah oleh dosen. Khawatir dosen memberikan tugas mendadak, maka alangkah lebih baik bila rajin cek e-learning.

Kalau sewaktu-waktu kamu bosan dengan e-learning dari kampus, mungkin akan lebih baik bila kamu cek e-learning di tempat lain. Ada banyak platform e-learning di Indonesia yang bisa kamu akses untuk mendapatkan ilmu dan manfaat. Salah satu online learning terbaik yang bisa kamu ikuti adalah QuBisa.

platform e-learning di Indonesia

QuBisa merupakan tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen. Di sini, mahasiswa dapat belajar tentang materi yang tidak dimengerti di bangku kuliah. Saat menyimak materi yang dipaparkan oleh tutor, rasanya seperti diajari oleh dosen sendiri. Apalagi tutor-tutor di sini mengajar dengan atraktif, sehingga membuat belajar online tidak mudah bosan.

4. Bikin Tim Belajar Online Bersama Teman

Belajar Online ini memang agak membuat malas karena harus belajar sendiri. Yang seharusnya pagi hingga sore bisa ke kampus untuk belajar dengan teman-teman, malah belajar sendiri. Maka wajar bila banyak mahasiswa yang malas belajar online.

Namun mahasiswa sejati tidak akan pernah malas belajar. Kalau pun sedang malas, maka ia akan berpikir kreatif untuk mengatasi rasa malas itu. salah satu cara mengatasi rasa malas belajar adalah membentu kelompok belajar. Dengan memiliki kelompok belajar, maka mahasiswa akan lebih aktif belajar, baik secara online maupun offline.

5. Sambil Kuliah, Sambil Kerja

Sebenarnya kuliah itu nggak sibuk-sibuk amat, asalkan mampu mengelola waktu dengan baik. Biasanya, saat masa-masa skripsi, mahasiswa sudah lepas dari tanggung jawab organisasi, UKM, atau HMP. Maka banyak waktu senggang yang bisa dimanfaatkan. 

Bagaimana bila dimanfaatkan dengan bekerja? Tak harus bekerja penuh waktu atau paruh waktu, cukup cari kerjaan yang bisa freelance atau remote working. Contohnya content writer, social media specialist, buka online shop, dan lainnya.

Memang bekerja saat kuliah hanya diambil have fun-nya saja. Namun bagaimana bila diseriusi juga? Jadi saat lulus nanti, mahasiswa nggak akan bingung mau cari kerja di mana karena sudah punya uang sendiri dari hasil bekerja selama menempuh skripsi. 

Ini Kak Ros menulis berdasarkan pengalaman. Jadi saat lulus S1 kemarin, Kak Ros nggak bingung-bingung banget cari kerja karena sudah punya uang dan tempat bekerja meski masih freelance. Jadi Kak Ros punya banyak cadangan uang untuk jalan-jalan, hoho.

Jadi teman-teman, sembari skripsi, coba tekuni dan dalami pekerjaan yang sedang dijalani. Ikuti juga kelas pelatihan Prakerja agar kamu sebagai mahasiswa mendapatkan ilmu yang maksimal. 

Tenang aja, nggak cuma lulusan sarjana atau wiraswasta kok yang bisa ikut pelatihan Prakerja. Siapapun bisa mengikutinya, asalkan siap untuk belajar online dan menyimak materi dengan baik.

Belajar Online dengan E-Learning di QuBisa

Adanya online learning saat ini memang membantu banget untuk mahasiswa melakukan belajar online. Rasanya, seperti ada yang mengajari belajar. Apalagi belajar di e-learning QuBisa sangat menyenangkan karena pemaparan materi mudah dipahami.

QuBisa adalah tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen. Tentu saja, mahasiswa juga dapat menikmati beragam fasilitas yang ada di LMS corporate QuBisa.

Kabar baiknya, di QuBisa juga ada kelas pelatihan Prakerja loh! Jadi bisa banget kamu belajar meningkatkan kemampuan sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja.

Beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan bila belajar online di QuBisa antara lain:

keunggulan kelas pelatihan prakerja di QuBisa

Gimana? Banyak banget keunggulannya, bukan? Senangnya ya karena di sini kita juga bisa ikut pelatihan Prakerja. Keunggulan ini akan kamu dapatkan bila kamu mendownload Aplikasi QuBisa untuk iOS dan Aplikasi QuBisa untuk Android.

Kesimpulan

Itulah 5 tips belajar online yang efektif untuk mahasiswa dan dosen. Ternyata belajar online akan efektif apabila menemukan kawan yang sefrekuensi untuk belajar bareng, membangun kebiasaan diri yang baik, dan belajar di internet dengan sumber yang terpercaya.

Sumber rujukan terpercaya hanya akan Anda dapatkan bila belajar di platform e-learning di Indonesia khususnya di LMS corporate QuBisa. Jadi, yuk manfaatkan kesempatan belajar online di tempat belajar oline terpercaya di Indonesia sekarang juga!

Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Tips Efektif Belajar Online Untuk Mahasiswa dan Dosen Muda"