Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Keunggulan ASUS Expertbook B5 Series Dukung Kinerja Anak Muda yang Berkecimpung di Dunia Bisnis

Saat ini dunia bisnis mulai merasakan angin segar. Seiring pandemi yang perlahan membaik, masyarakat kini mengawali hari dengan menanamkan rasa optimisme yang tinggi. Bersiap untuk tumbuh dan bangkit bersama teknologi.

Meningkatkan Gairah Bisnis Usai Pandemi

Pemulihan ekonomi tak hanya dilakukan oleh pemerintah, melainkan juga oleh kita, orang-orang yang berjiwa wirausaha. Kita tak akan tega membiarkan orang-orang bertalenta malah hidup terlunta-lunta.

Kita harus bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Indonesia membutuhkan terciptanya 3,6 juta lapangan kerja per tahun (Kemenko PMK, 2021). Bersama teknologi, pasti kita mampu mewujudkannya. Semoga, rangkulan tangan kita mampu membantu memulihkan perekonomian negara.

Pandemi 2 tahun terakhir ini memberi banyak pelajaran berharga: betapa teknologi mampu memperlancar urusan bisnis. Mulai dari meeting, planning, mentoring, resourcing, hingga study banding, semuanya bisa dilakukan di mana saja tanpa mengenal musim. 

Geliat anak muda yang berapi-api, mendorong terciptanya ide-ide kreatif. Tentu saja ide-ide ini dibangun dengan teknologi yang canggih. Dirancang bersama tim, lalu bersama-sama dieksekusi. 

Umumnya, anak-anak muda ini hadir dengan menyodorkan sebuah terobosan dalam bentuk aplikasi. Aplikasi inilah yang menjadi solusi. Mereka membangun sebuah start-up company untuk mewujudkan bisnis impian yang mengedepankan inovasi teknologi.

Tidak lagi mencari keuntungan semata, melainkan membantu mengatasi permasalahan yang ada di sekitar. Kritik dan saran dibahas dengan cepat, supaya kebermanfaatannya lebih meluas. Semangat inilah yang menarik perhatian para investor untuk menempatkan dananya dengan penuh harap. 

Hingga saat ini, tercatat 2.319 start-up yang tumbuh di Indonesia dengan 8 perusahaan unicorn dan 1 decacorn (OJK, 2021). Start-up yang dikembangkan oleh anak-anak muda ini telah diakui secara nasional, bahkan internasional. Kehadiran mereka telah membantu berbagai lapisan masyarakat serta berhasil menginspirasi generasi Z dan milenial untuk melahirkan inovasi-inovasi baru.

Berikut ini adalah 5 contoh pebisnis muda Indonesia yang cukup terkenal karena berhasil membangun inovasi berbasis teknologi. Pasti Anda juga mengenalinya, kalau pun tidak mengenalinya, namun pasti Anda mengenal produknya.

Bisnis Itu Tidak Dibangun Sendirian, Melainkan Tumbuh Bersama Tim

Tahukah kamu bahwa orang-orang hebat seperti ini tak bekerja sendiri? Mereka memiliki tim yang solid. Mulai dari tim software engineering, social media marketing, content writing, data analyst, dll. Mereka bersinergi untuk bersama-sama mewujudkan mimpi dalam membangun sebuah start-up ataupun bisnis.

Maka tak mengherankan, bila sekarang di kafe-kafe, co-working space, restoran, dan lainnya, banyak ditemukan anak muda yang menenteng laptop di tangannya. Ditemani dengan segelas boba dan sepotong brownies, mereka mampu bekerja di mana saja dan kapan saja.

Salah satu anak muda yang dibahas itu adalah saya. Saya seringkali menemui klien di kafe atau co-working space. Setelah klien pulang, saya juga masih tetap stay di kafe. Menikmati suasana yang berbeda supaya otak tetap fresh saat mengerjakan proyek-proyek tentang pemetaan rupa bumi untuk analisis AMDAL.

Tidak lagi membawa banyak berkas, hanya dengan berbekal sebuah laptop maka anak-anak muda dapat meng-goal-kan proposalnya kepada klien atau pun investor. Anak-anak muda yang powerfull inilah yang akan menopang Indonesia emas 2045.

Ini Laptop yang Cocok Untuk Para Pebisnis Muda

Namun kreatifitas dan semangat anak-anak muda ini jangan dibatasi oleh laptop standar yang biasa saja. Mereka harus dibekali dengan alat tempur yang canggih dan mumpuni untuk mendukung kinerja dalam mengerjakan proyek-proyek bernilai miliaran rupiah. 

Para pebisnis muda ini harus ditunjang dengan laptop mutakhir yang mampu menampung aspirasi dan mengeksekusi ide-ide hebat mereka. Maka dari itu, ASUS sebagai brand laptop ternama di dunia menghadirkan laptop khusus bisnis yang dipersembahkan kepada anak-anak muda yang berkecimpung di dunia bisnis, yakni ASUS Expertbook B5 Series.

Ini adalah laptop bisnis yang sengaja dirancang untuk anak-anak muda yang bekerja dengan mobilitas tinggi. Harapannya, seperti yang disampaikan oleh Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director Southeast Asia, bahwa laptop ini dapat memenuhi segala ekspektasi dari kebutuhan dunia bisnis yang semakin dinamis.

7 Keunggulan ASUS Expertbook B5 Series Sebagai Laptop Bisnis

ASUS Expertbook B5 Series ini memang direkomendasikan untuk orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis. Mulai dari CEO start-up, manager perusahaan, tim HRD, user experience researcher, tim digital marketing, dan lainnya. Siapapun yang bekerja di dunia bisnis, pasti membutuhkannya. 

Ada banyak keunggulan di laptop bisnis ini yang mampu menunjang kinerja anak muda dalam bekerja dan berkarya. Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. 

Selain itu, fitur-fitur yang ada pada laptop ini jauh lebih spesial daripada laptop lainnya karena memiliki keunggulan yang sangat istimewa, khususnya untuk urusan bisnis. Apa sajakah keunggulan dari ASUS Expertbook B5 selaku laptop bisnis? Simak penjelasan berikut ini dengan saksama ya!

1. Ringan, Tipis, dan Tahan Banting

Paham akan mobilitas pebisnis muda yang cukup tinggi, maka laptop bisnis ini hadir dengan ukuran yang sangat tipis dan cukup ringan. Dengan ketebalan 16,99 mm, maka tinggi laptop ini ketika ditutup hampir sama dengan 2 smartphone yang ditumpuk. Tipis banget, bukan?

Selain itu, laptop berwarna Star Black yang memunculkan aura elegan ini dinilai sangat ringan. Dengan bobot 1,11 kg saja, maka Anda dapat menentengnya hanya dengan 1 tangan. Sangat ringan apabila Anda membawanya ke mana-mana. Tidak perlu khawatir tangan atau punggung pegal-pegal, karena laptop yang dibawa sangatlah enteng. 

Ukuran laptop yang cenderung kecil dan minimalis, yakni 13.3 inci ini tetap mendukung kebutuhan para pengguna yang tentu tak lepas dari tombol angka. Touchpad yang ada di laptop dapat langsung diubah menjadi tombol numpad dalam sekali sentuhan. Adanya NumberPad 2.0 ini mengakomodasi kebutuhan anak muda yang ingin memiliki laptop kecil dan minimalis namun tetap memiliki fitur yang lengkap.

Bukan berarti laptop yang ringan dan tipis itu mudah rusak, justru ASUS Expertbook B5 ini tahan banting. Apalagi para pebisnis muda memiliki mobilitas yang tinggi. Berpindah kafe atau tempat untuk bertemu klien, atau sekadar mencari suasana yang nyaman untuk bekerja. Untungnya, laptop ini telah dilapisi Magnesium-Alluminium Alloy di body laptop yang mampu melindunginya dari goncangan dan masalah fisik lainnya.

Ketangguhannya telah dibuktikan melalui sertifikasi MIL-STD 810H, yakni pengujian ekstrim berstandar militer AS. Laptop ini telah menjalani 21 proses pengujian ketahanan dari berbagai aspek fisik, beberapa di antaranya:

  • Pengujian drop test atau dijatuhkan dari ketinggian 120cm dalam keadaan menyala
  • Pengujian untuk beroperasi pada suhu tinggi hingga 49°C selama 3 hari 
  • Pengujian untuk beroperasi pada suhu rendah hingga -32°C selama 3 hari
  • Pengujian perubahan suhu yang ekstrim (-51°C ~ 71°C) dalam waktu singkat yakni 1 menit
  • Pengujian di lingkungan dengan kelembaban tinggi (30°C ~ 60°C di kelembaban 95%) selama 10 hari
  • Pengujian ketahanan di ketinggian hingga 15.000 kaki (antara 5°C ~ -40°C)
  • Pengujian getaran 10-500Hz selama 1 jam ke semua arah tanpa bergeser atau kehilangan fungsionalitas

Tidak hanya body laptop, pengujian juga dilakukan terhadap engsel, port, layar, dan keyboard. Seperti halnya keyboard yang telah dilengkapi dengan fitur spill-resistant. Fitur ini memungkinkan keyboard tetap aman digunakan meski terkena tumpahan cairan hingga 66cc. Jadi laptop ini tetap aman bila disandingkan dengan boba atau coffee latte.

Seakan mengerti dengan kebiasaan pebisnis muda yang sering menggunakan laptop untuk presentasi dan diskusi sehingga kerap memanfaatkan port-port konektivitas, maka engsel dan port pada laptop ini sudah teruji durabilitasnya. Engsel laptop tetap bekerja dengan baik meski telah mengalami buka tutup hingga 50.000x. Selain itu, port di laptop ini tetap mampu bertahan meski telah mengalami cabut pasang hingga 15.000x.

Jadi, laptop ini sangat aman dan telah teruji ketangguhannya untuk dibawa oleh anak muda yang memiliki mobilitas tinggi. Tetap aman bila dimasukkan ke dalam totebag atau ditenteng dengan 1 tangan. 

Apabila dibawa untuk perjalanan jauh, tetap aman terkendali. Entah naik mobil, pesawat, atau kereta api, maka laptop tetap kokoh tanpa gores. Tidak perlu khawatir dengan keamanan fisik laptop karena perlindungannya sangat maksimal.


2. Desain Portable dan Lebih Fleksibel, Cocok Untuk Presentasi

Laptop ini didesain sangat portable dan fleksibel untuk memudahkan para pebisnis saat berdiskusi atau memaparkan hasil kerja kepada klien atau investor. Fleksibilitas dalam laptop ini dapat Anda temukan di laptop ASUS Expertbook B5 Series.

Apabila diskusi dilakukan dalam tim kecil, maka laptop dapat dibuka hingga 180⁰. Bentuk clamshell di ASUS Expertbook B5302CEA ini memungkinkan klien untuk melihat hasil kerja secara vertikal. Bagai membuka lembaran buku secara penuh, itulah sensasi yang akan Anda dapatkan dari bentuk clamshell ini.

Tenang saja, laptop ini juga dapat dibuka hingga 360⁰ bila hendak memaparkan hasil kerja. Putarlah secara penuh untuk membuatnya menjadi bentuk seperti tablet. Atau bisa juga Anda memutar laptop lalu sisakan sedikit ruang agar laptop dapat berdiri tegak. 

Fleksibilitas ini dapat Anda temukan di ASUS Expertbook B5302FEA. Bentuk convertible seperti ini mampu memberi kenyamanan kepada klien untuk melihat hasil kerja Anda dengan lebih detail, jelas, dan tanpa silau. Hanya dengan membukanya full atau menegakkannya, maka kawan satu tim bisa tetap duduk di tempatnya sehingga diskusi dapat berjalan lebih lancar.

Adapun bila Anda sedang menggunakan laptop untuk mengetik, maka kehadiran engsel Ergolift akan memberikan Anda kenyamanan mengetik yang sungguh nikmat. Saat membuka laptop, maka engsel ergolift akan langsung bekerja secara otomatis untuk memiringkan keyboard ke posisi mengetik yang paling pas. Jadi Anda akan mendapatkan tampilan layar yang nyaman beserta posisi mengetik yang melegakan.

Selain itu, keyboard pada Expertbook B5 ini telah dilengkapi dengan lampu latar belakang. Backlit keyboard telah memberikan Anda keleluasaan untuk bekerja pada malam hari maupun saat cahaya redup. Anda tetap dapat bekerja di kafe maupun kabin pesawat dalam keadaan minim cahaya.

3. Dapur Pacu Kencang, Semakin Semangat Bekerja

Laptop ASUS Expertbook B5 Series ini ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ i7 Generasi ke-11 yang membuat memori bekerja lebih cepat. Prosesor generasi terbaru ini biasanya disematkan di laptop gaming loh! Coba Anda bayangkan, secepat apa laptop ini bekerja!

Selain itu, laptop dengan Windows 11 Pro ini juga dibekali dengan memori DDR4 3200MHz berkapasitas hingga 48GB. Jadi laptop ini siap tahan banting untuk diajak multitasking. Performa laptop tetap kencang dan stabil meski Anda sering kali membuka banyak tab di layar dalam waktu yang bersamaan. 

Kabar baiknya, penyimpanan pada laptop ini mengandalkan PCIe SSD berkapasitas hingga 2TB. Tentu saja SSD lebih baik kinerjanya daripada mesin pembaca HDD. Apalagi bobot SSD jauh lebih ringan daripada HDD.

Tak hanya sekadar SSD, Expertbook yang satu ini dikonfigurasikan dengan teknologi RAID untuk memaksimalkan performanya. Redundant Array of Independent Disks (RAID) adalah teknologi yang dapat membagi atau menduplikat data untuk disimpan ke beberapa hard disk. Terdapat 2 mode RAID yang disematkan pada laptop ini, antara lain:

  • RAID 0: Menggabungkan dua kapasitas SSD lalu menyimpan data untuk dibagi sama banyak di antara keduanya. Maka jangan heran bila kecepatan kinerjanya berlangsung 2x lebih cepat.
  • Raid 1: Membuat salinan (copy) secara otomatis pada masing-masing SSD supaya bisa saling back up apabila ada salah satu SSD yang mengalami gagal fungsi atau rusak mendadak.

Mode RAID ini memberikan kenyamanan bagi penggunanya yang membutuhkan proses salinan data berlangsung lebih cepat dan tanpa kesalahan. Jadi Anda memiliki dukungan maksimal untuk pemrosesan data dan aktivitas berkomputasi yang lebih lancar dan cepat.

Laptop dengan layar bezel tipis ini dilengkapi dengan Intel Iris Xᵉ Graphics yang memberikan Anda pengalaman visual yang lebih jernih. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi Anda apabila hendak melakukan presentasi pemaparan kerja maupun melakukan komputasi yang membutuhkan grafis tinggi.

4. Kualitas Layar ASUS OLED yang Jernih dan Aman Untuk Mata

Panel OLED menjadi tumpuan dasar dari layar laptop Expertbook B5 ini. Kualitas visual dari layar ASUS OLED tidak perlu diragukan lagi karena telah memiliki color gamut 100% DCI-P3. Hal ini menjadikan Anda mendapatkan gambar atau video yang amat jernih bagai menonton film di bioskop karena tingkat akurasinya hampir mendekati keadaan real-nya.

Tentu saja aspek ini berguna bagi orang-orang yang terjun di industri bisnis dan kreatif. Anda dapat menyajikan konten yang sesuai dengan warna aslinya. Maka tak mengherankan bila layar ini telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

Selain itu, laptop ini juga tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Ini adalah standar dari Video Electronics Standars Association (VESA) yang memastikan Anda dapat menikmati visual berformat HDR secara lebih jelas dan nyata. Hal ini berguna saat klien atau atasan melakukan review terhadap konten yang sedang Anda kerjakan.

Layar ASUS OLED yang dipasang pada laptop ASUS Expertbook B5 ini sangat mendukung produktifitas anak muda yang terjun di dunia bisnis, industri, dan kreatif. Mampu menghasilkan 1,07 miliar warna yang tajam, detail, dan halus.

Anak muda yang giat bekerja, pasti rela menghabiskan waktunya berjam-jam di depan laptop. Giat boleh, tapi kesehatan perlu dijaga. Untuk pebisnis muda yang sehari-harinya berkecimpung di depan layar kaca, maka rentan sekali mengalami mata perih dan lelah karena paparan radiasi yang terjadi secara berkala.

Maka dari itu ASUS OLED telah dibekali fitur Eye Care yang mampu menjaga mata dari bahaya radiasi sinar biru. Teknologi ini bekerja dengan cara menggeser spektrum cahaya biru untuk berada di jangkauan aman yakni pada spektrum 430nm–485 nm. Jadi Anda tetap mendapatkan cahaya biru yang minim radiasi dan tidak berbahaya namun tetap mempertahankan keakuratan warnanya. Kabar baik tentang low-blue light ini telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland. 

Selain itu, sertifikasi tersebut juga diberikan kepada ASUS OLED atas fitur anti flicker. Anti flicker (anti banding) berguna apabila Anda hendak memotret layar laptop, lalu hasil fotonya tetap jernih dan tidak akan menampilkan guratan atau gangguan garis-garis hitam yang berasal dari kedipan layar saat diambil gambarnya.

Jadi, ASUS OLED telah memberikan visualisasi terbaik kepada anak muda yang seringkali mengerjakan konten-konten untuk klien atau brand. Tidak perlu khawatir dengan kesehatan mata, selama menggunakan layar ASUS OLED maka mata Anda akan tetap terjaga kesehatannya dalam jangka waktu panjang.

5. Daya Baterai Tahan Lama, Stok Aman Untuk Bekerja Seharian 

Seakan mengerti tentang anak muda yang kerapkali bekerja siang dan malam, maka laptop ini sengaja ditanamkan baterai 4-cell Li-ion. Baterai dari logam litium ini memiliki kapasitas 66WH yang mampu bertahan hingga 14 jam lamanya. Bila kamu bekerja mulai pukul 7 pagi, maka laptop ini akan tetap menyala hingga pukul 9 malam.  

Dukungan hemat listrik ini juga ditunjukkan oleh PCIe SSD yang ditanamkan pada Expertbook B5. Hal ini menjadikan laptop hemat daya listrik, lho! Expertbook B5 hanya membutuhkan 10 persen daya listrik dari HDD lainnya. Jadi, dukungan pendingin laptop juga didapat dari storage-nya.

Tak hanya itu, proses pengisian daya baterai juga dibantu oleh teknologi Panel Self Refresh yang hemat energi. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mengisi ulang baterai dengan cepat. Hanya dalam waktu 39 menit, maka kapasitas baterai akan terisi hingga 60%. Jadi Anda dapat langsung bekerja.

Selain itu, laptop ini telah dibekali dengan Intel EVO Platform sehingga mampu menyala lebih lama. Tentu saja Expertbook B5 cukup cepat dalam pengisian daya. Hanya dengan waktu 30 menit, maka laptop akan menyala hingga 4 jam ke depan. Apalagi adapter laptop ini cukup mungil dan ringkas, jadi bisa diselipkan di dalam kantong tas.

Salah satu hal yang menjadi terobosan di industri laptop dan komputer adalah Expertbook B5 ini dilengkapi dengan port USB Type-C Thunderbolt 4. Apabila Anda lupa membawa charger laptop, maka laptop tetap dapat terisi dayanya bila ada alat pengisi daya dengan kabel USB tipe-C. Jadi laptop ini dapat diisi dayanya dengan charger type-C yang Anda punya. 

Tenang saja, powerbank juga bisa digunakan dan disambungkan untuk mengisi daya baterai laptop. Cukup gunakan charger type-C atau powerbank yang ada, maka daya baterai lekas terisi. Jadi laptop ini sanggup menemani Anda untuk bekerja seharian.

6. Konektivitas Lengkap, Tunjang Meeting dan Presentasi dengan Maksimal

Berbekal pengalaman dari 2 tahun berlangsungnya pandemi, memberikan pelajaran bahwa meeting dengan klien harus tetap paripurna meski dilangsungkan secara daring. Bukan berarti pandemi usai lalu semua aktivitas kembali luring. 

Justru saat ini dunia sedang memasuki mode hybrid. Ada yang menjalani aktivitas luring, namun ada pula yang lebih nyaman mengoperasikan bisnis secara daring. Maka dari itu, anak muda yang berkecimpung di dunia bisnis harus memiliki laptop yang berperforma maksimal dalam keadaan online maupun offline.

Apabila meeting atau presentasi dilakukan secara online, maka performa maksimal harus ditunjukkan dengan suara yang jelas dan minim bising. Tenang saja, pada ASUS Expertbook telah dipasangkan fitur two-way AI noise-cancelling. Ini adalah fitur kecerdasan buatan (AI/Artifical Intelligence) yang dapat menganalisis dan mereduksi suara bising (noise) di sekitar Anda maupun lawan bicara Anda saat melakukan online meeting.

Jadi, klien atau rekan kerja dapat mendengar suara Anda dengan jelas, serta Anda dapat mendengarkan suara lawan bicara tanpa ada suara bising yang mengganggu. Tentu saja fitur ini sangat berguna bagi Anda yang kerapkali ada meeting mendadak padahal sedang dalam perjalanan atau berada di tempat yang ramai seperti kafe maupun restoran.

Tak hanya itu, laptop ini telah dilengkapi dengan teknologi 3D Noise Reduction (3DNR) yang terdapat pada webcam. Hal ini sangat membantu Anda saat melakukan online meeting. Fitur ini bekerja dengan cara menghilangkan 23% noise acak yang memengaruhi kamera. Jadi gambar Anda pada layar meeting tetap tampil secara maksimal, tanpa mengurangi eksposure atau kualitas gambar meski sedang berada di tempat minim cahaya.

Fitur-fitur yang Anda perlukan saat melakukan meeting online ini dapat Anda lakukan secepat kilat karena terdapat function-key shortcuts yang khusus menunjang acara meeting. Dengan 1 tombol, maka Anda dapat melakukan screenshoot (menangkap layar), mengaktifkan webcam, menonaktifkan mikrofon, mengaktifkan two-way AI noise-cancelling, dan mengakses aplikasi MyASUS secara cepat.

Sungguh laptop ini sangat cocok untuk Anda yang kerapkali meeting. Hal ini karena adanya fitur User-Status Indicator yang sangat berguna. Ketika Anda sedang melakukan meeting, maka lampu kecil yang ada di pojok kanan atas laptop akan menyala. Lampu yang menyala ini menjadi pertanda kepada orang-orang bahwa Anda sedang melakukan online meeting dan sedang tidak dapat diganggu. Jadi Anda dapat melaksanakan meeting dengan lancar.

Kabar baiknya, laptop bisnis ini sangat cocok untuk dibawa kerja di mana pun berada. Hal ini lantaran port-port konektivitasnya sangat komplit. Mampu menunjang kebutuhan Anda untuk meeting, presentasi, atau mengerjakan project-project yang sedang running

Adanya 2 Thunderbolt 4 dan 1 port HDMI 2.0 ini memungkinkan Anda untuk menyambungkan hingga 3 layar UHD 4K eksternal. Jadi Anda dapat menampilkan presentasi atau video yang disajikan dalam 3 layar besar secara bersamaan dan berkesinambungan. 

Selain itu, laptop mutakhir ini telah menggunakan WiFi 6 yang menawarkan throughput (kecepatan transfer data) hingga 9,6 Gbps. Anda dapat menikmati kecepatan transfer data dari internet yang terhubung dengan sangat cepat. Selain itu, fitur ini tetap bekerja maksimal secara nirkabel atau pun dengan kabel. Jadi WiFi 6 mampu menjembatani kehendak pengguna yang ingin mendapatkan internet melalui wifi atau router.

7. Keamanan Terjaga di Mana Pun Berada

ASUS mengerti bahwa para pebisnis pasti punya data rahasia yang harus diamankan, maka Expertbook B5 ini telah dilengkapi sistem keamanannya secara maksimal dari berbagai sisi. Mulai dari proses menyalakan laptop yang hanya akan terbuka apabila pemiliknya menekan tombol power. Di sinilah fitur fingerprint berperan mencegah orang lain membuka laptop Anda. 

Hal ini lantaran tombol power di sisi kanan telah terintegrasi dengan sidik jari. Inilah fitur biometrik built-in yang merupakan keamanan lapis pertama. Jadi Anda tidak perlu lagi memasukkan kata sandi atau PIN yang sulit diingat. Setelah itu, Anda akan disapa oleh Windows Hello sebagai salam penyemangat. 

Perlindungan dari dalam juga didukung oleh Chip TPM 2.0 yang menyimpan informasi Anda dengan aman. Ini adalah teknologi crypto-processor yang memastikan data Anda di penyimpanan SSD tidak dapat dirusak, dibaca, atau dipindahkan secara sembarangan oleh orang lain. Akan tetap aman bila Anda menyimpan data kata sandi atau kunci enkripsi di laptop ini. Jadi Anda terhindar dari risiko kebocoran data melalui peretasan, baik secara online maupun offline.

Tak hanya soal keamanan data, justru privasi wajah juga diamankan oleh laptop ini. Terdapat webcam privacy shield yang merupakan penutup fisik di bagian webcam. Apabila tidak sedang melakukan online meeting, maka webcam bisa ditutup dengan cara digeser. Ini adalah perlindungan lapisan terluar terhadap wajah Anda atau aktivitas Anda dari bentuk pencurian perekaman data melalui kamera webcam yang sedang marak akhir-akhir ini.

Untuk terhindar dari pencurian laptop secara fisik, maka Expertbook B5 ini telah dilengkapi dengan Kensington Lock Slot. Apabila Anda sedang bekerja sendirian di kafe, lalu hendak ditinggal sebentar untuk pergi ke toilet, maka manfaatkan saja fitur ini. 

Kensington Lock Slot bekerja seperti kunci sepeda. Hubungkan kabel Kesington Lock dengan slot yang disediakan, lalu lilit kabel di tiang meja. Apabila ada pengutil beraksi, maka ia tak mampu mengambil laptop karena mejanya juga akan terbawa. Jadi Anda tidak akan pernah mengalami masalah besar berupa kehilangan laptop dan data-datanya.

Kabar baiknya, setiap laptop bisnis pada ASUS telah dilengkapi dengan ASUS Control Center. Layanan ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas dan keamanan sehingga dapat mencegah  kebocoran data dan akses masuk yang tidak sah.

Expertbook B5 ini juga disertakan layanan MyASUS, merupakan aplikasi pelengkap yang berisi dukungan dan informasi untuk kebutuhan Anda dalam menggunakan laptop sehari-hari. Pada layanan ini, Anda dapat mengatur penggunaan baterai, prioritas koneksi internet, dan lainnya.

Hal yang menggembirakan adalah fitur ini juga terhubung ke smartphone melalui layanan Link to MyASUS. Jadi Anda dapat melakukan transfer file atau berbagi layar dengan smartphone yang Anda miliki. Caranya mudah banget. Langsung saja unduh aplikasi Link to MyASUS di smartphone. Jadi ASUS telah menawarkan beragam fitur dan layanan untuk memberikan Anda kenyamanan dalam bekerja dan berkarya.

Harga Laptop ASUS Expertbook B5 Series

Laptop ASUS Expertbook B5 Series ini hadir dalam 2 pilihan, yakni Expertbook B5302CEA dan B5302FEA. Yang membedakan hanyalah pada segi desain fleksibilitasnya. 

Laptop ASUS Expertbook B5302CEA memiliki fleksibilitas bagus, lho! Laptop dapat dibuka hingga 180⁰. Bagaikan membuka buku di atas meja. Jadi siapapun bisa melihat hasil kerja Anda dari berbagai sisi tanpa silau. 

Berbeda dengan ASUS Expertbok B5302FEA yang justru dapat diputar penuh hingga 360⁰. Laptop ini dapat di-flip seperti dijadikan sebuah tablet sehingga memiliki fleksibilitas yang lebih maksimal.

Selain itu, laptop ini juga memiliki stylus support, yakni dapat disentuh dengan stylus pen. Expertbook B5302FEA ini dapat memiliki sensitivitas yang cukup tinggi. Jadi, laptop ini cocok digunakan untuk kebutuhan pencatatan, pengeditan yang lebih intuitif, dan lainnya.

Sepertinya hanya itu perbedaan antara kedua laptop. Untuk fitur-fitur lainnya, selebihnya sama dan tetap memberikan performa maksimal untuk penggunanya yang berkecimpung di dunia bisnis.

Harga dari Laptop ASUS Expertbook B5 Series ini dibandrol mulai dari 21 juta rupiah. Tentu saja ini adalah laptop bisnis yang worth it dengan pekerjaan Anda yang menghasilkan ratusan juta per bulan atau miliar rupiah per project.

Kesimpulan

Jadi jangan ragu untuk memaksimalkan kinerja bisnis Anda dengan menggunakan laptop khusus bisnis, yakni ASUS Expertbook B5 Series. Anda akan semakin semangat bekerja dan berkarya. Siap memperluas lapangan pekerjaan untuk menggairahkan sektor perekonomian usai pandemi.

Semoga pemaparan tentang fitur-fitur dari ASUS Expertbook B5 Series ini dapat meyakinkan Anda untuk memiliki laptop bisnis ter-mutakhir abad ini. Selamat berbisnis!


Tabel Spesifikasi

Main Spec.

ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Pro

Memory

Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM

Storage

Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support

Display

13,3" (16:10) OLED Full-HD (1920x1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio, touchscreen with pen support

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported

Battery

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight

1.11kg

Colors

Black

Price

Start from Rp21.XXX.XXX

Warranty

2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Main Spec.

ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Pro

Memory

Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM

Storage

Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support

Display

13,3" (16:10) OLED Full-HD (1920x1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported

Battery

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight

1.11kg

Colors

Black

Price

Start from Rp22.XXX.XXX

Warranty

2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

2 komentar untuk "7 Keunggulan ASUS Expertbook B5 Series Dukung Kinerja Anak Muda yang Berkecimpung di Dunia Bisnis"

  1. Kalau produk asus sih udah gak diragukan lagi, sangat murah untuk kualitasnya yang mumpuni

    BalasHapus
  2. Model dan spesifikasinya itu lho yang bikin mupeng banget yesss

    BalasHapus