Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Hal Ini yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Sekolah

Pendidikan merupakan suatu pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan kelompok orang yang diajarkan dari generasi ke generasi melalui sebuah pengajaran atau penelitian, bahkan pelatihan. 

Memilih sekolah menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan matang-matang karena sekolah sangat berpengaruh terhadap pendidikan anak.

Di dalam pendidikan terdapat unsur-unsur penting agar kegiatannya dalam terlaksana dengan baik, seperti orang yang dididik, pendidik, interaksi, apa yang akan diajarkan, alat pendukung, dan lingkungan pendidikan. 

Sering kali pendidikan diberikan di bawah bimbingan seseorang, tetapi pendidikan bisa juga dipelajari secara otodidak. Dalam tingkat dasar, pendidikan dapat diberikan dari keluarga dan lingkungan. 

Pendidikan di dalam keluarga merupakan contoh pendidikan informal, di mana proses belajarnya dilakukan secara mandiri dan tidak memiliki kurikulum yang jelas.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memasukkan Anak ke Sekolah

Pendidikan formal tentunya memiliki peranan yang penting untuk masa depan seseorang, khususnya bagi peserta didik. Hal ini dikarenakan sekolah menjadi rumah kedua bagi siswa, Mereka akan banyak menghabiskan waktu untuk bersekolah demi menempuh pendidikan. 

Oleh karena itu, dibutuhkan sekolah yang bagus, baik dalam segi karakter maupun akademiknya. Seperti yang kita ketahui, lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan peserta didik. 

pertimbangan memilih sekolah anak

Apabila sekolah sudah memiliki aspek-aspek yang baik maka dampak yang akan diterima oleh peserta didik juga baik. Oleh karena itu, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih sekolah, antara lain:

1. Kualitas pengajar

Sebelum mendaftar ke suatu sekolah, perlu diketahui kualitas pengajar yang ada di sana. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan melihat daftar pengalaman pengajar, apakah sudah sesuai dengan kriteria atau belum. Selain kualitas, juga harus memperhatikan jumlah pengajar. 

Jangan sampai pengajar dan siswa yang ada di sekolah tersebut tidak seimbang. Hal ini dapat mempengaruhi proses belajar peserta didik karena kurangnya jumlah guru. 

Akibatnya, perhatian guru terhadap peserta didik tidak akan maksimal dan materi yang disampaikan tidak akan tersampaikan serta diserap dengan baik.

2. Fasilitas Sekolah

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah fasilitas. Pastikan fasilitas yang ada di sekolah memadai sehingga dapat menunjang proses belajar mengajar peserta didik. 

Fasilitas yang baik ini tidak terbatas pada gedung atau bangunan yang mewah saja, tetapi mencakup sarana dan prasarana yang dapat mendukung pengembangan kemampuan kognitif, motorik, dan emosi peserta didik. 

Salah satu contohnya adalah media pembelajaran, apakah sudah memadai dan menunjang pembelajaran atau belum. 

Terlebih lagi di masa pandemi saat ini yang menuntut pembelajaran dilaksanakan secara online. Mau tidak mau sekolah harus menyesuaikan media pembelajaran dengan kondisi yang sedang terjadi. Misalnya, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan aplikasi kelas online

3. Kurikulum sekolah

Dalam memilih sekolah harus memperhatikan kurikulumnya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kurikulum yang digunakan di setiap sekolah bisa saja berbeda, misalnya sekolah dengan kurikulum pendidikan nasional, nasional plus, bahkan bertaraf internasional. 

Oleh karena itu, disarankan mengetahui kurikulum yang diterapkan di sekolah terlebih dahulu agar dapat menyesuikan dengan kebutuhan atau keinginan peserta didik.

4. Lokasi

Lokasi menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih sekolah. Pastikan untuk tidak memilih sekolah dengan jarak yang terlalu jauh. 

Semakin jauh jarak rumah dan sekolah, maka semakin lama pula waktu tempuhnya. Hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi belajar peserta didik, karena energinya telah habis di perjalanan.

5. Biaya sekolah

Bagi orang tua, biaya menjadi hal yang patut diperhatikan dan dipertimbangkan. Lebih baik pilih sekolah dengan biaya yang sesuai dengan anggaran agar tidak memakan biaya lainnya. Perlu diingat jika biaya sekolah tidak hanya SPP saja, ada biaya-biaya lain untuk menunjang proses pembelajaran.

6. Karakter siswa

Pemahaman karakter siswa pada suatu sekolah menjadi hal yang perlu diketahui sebelum memilih sekolah. Hal ini dilakukan agar calon pendaftar memiliki gambaran akan kondisi sosial di lingkungan sekolah mengenai apakah siswa-siswanya berperilaku baik atau tidak. 

Lingkungan menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam perkembangan peserta didik. Oleh karena itu, karakter siswa di suatu sekolah harus diperhatikan dengan baik.

7. Kualitas Guru Pengajar

Profil guru pengajar juga perlu dipertimbangkan. Biasanya kita bisa melihat profil guru pengajar melalui riwayat pendidikan dan prestasinya. 

Di masa pandemi seperti ini, guru yang menguasai teknologi seperti aplikasi penunjang kelas online, aplikasi video pembelajaran dan aplikasi lainnya akan membuat pembelajaran online berjalan dengan baik. 

Kesimpulan

Itulah 7 hal yang perlu dipertimbangan saat memilih sekolah untuk anak. Pastikan Anda memasukkan anak ke sekolah terbaik versi keluarga Anda.

Semoga berhasil!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "7 Hal Ini yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Sekolah"

  1. Menurut saya sarana sekolah juga tidak kalah penting seperti wc atau kantin

    BalasHapus