Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ide Konten Youtube Tanpa Wajah, Saya Pake Juga!

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang pengalaman menggunakan Youtube. Iya, saya juga punya konten Youtube tanpa wajah yang sedang berjalan dan Alhamdulillah sedang merangkak naik.

Iya, nggak mungkin dong kalau saya mainnya cuma di blog. Kalau saya tidak mengikuti arus teknologi, maka saya akan tenggelam dan sulit untuk mencari penghidupan. 

Eits, bukan berarti Youtube lebih menjanjikan daripada blog ya, tetap ini adalah usaha saya untuk tetap bertahan di industry digital. Suatu hari kalau saya udah goals di Youtube, next akan belajar Tiktok juga kok, belajar Shutterstock juga, dan lainnya.

Pengalaman Mengelola 2 Channel Youtube Tanpa Wajah

Dulu, awal-awal saya bikin channel Youtube dengan menampilkan wajah. Tapi kok capek ya, wkwk. Haduuuh. Harus pake baju yang bagus, pake make up, belum lagi keringetan, hadeeh.

Belom lagi mikir mau ngomong apa. Memang sih, saya pake prompter, tapi kan juga bisa salah-salah ya. Haduuuh lelahnya…

Akhirnya, saya memutuskan untuk membuat video Youtube tanpa wajah. Udahlah. Pake slide aja. Saya voice over. Tapi saya memastikan bahwa konten yang saya buat adalah dicari oleh banyak orang. Tentu saja, dengan menerapkan teknik SEO.

Alhamdulillah, hingga saat ini berjalan 2 channel Youtube yang tanpa menampilkan wajah. Sedang berjalan kurang lebih 3 bulan. Hingga saat ini, masing-masing telah memiliki 300 subscriber dengan jumlah tayangan harian sekitar 500view/hari. Lumayan ‘kan?

Jumlah subscriber ini organik. Tapi kalau teman-teman mau beli subscriber Youtube boleh-boleh aja kok. Sah-sah aja. Menurut saya, tidak akan merugikan siapa-siapa. Bahkan, bisa jadi membuat kita lebih semangat untuk rajin bikin konten video. Lain waktu akan saya bahas lebih detail.

Ini 5 Ide Konten Youtube Tanpa Wajah Untuk Pemula

Nah, pasti teman-teman penasaran, apa saja sih ide konten Youtube tanpa wajah yang kira-kira laris? Kontennya seperti apa? Apa contohnya?

Tenang, semua pertanyaan itu sudah jawab. Kebetulan, Kak Ros sudah merangkum 5 ide konten Youtube untuk pemula tanpa wajah tampil. Kira-kira ada apa aja? Langsung simak berikut ini!

1. Pendidikan

Nah, saya ambil di niche ini. Saya tuh sharing tentang info-info CPNS, jurusan kuliah, prospek kerja, dan lainnya. Iya, tanpa wajah. Bikin pakai slide. Contoh: 10 Jurusan Kuliah Terbaik di Universitas Indonesia.

Tapi Pendidikan nggak sebatas ini loh. Bisa juga teman-teman bikin konten mengerjakan soal. Nggak harus soal-soal SMA yang berat-berat. Bisa loh kalau mau ngerjain soal-soal anak SD, apalagi kurikulumnya ganti-ganti ya wkwk.

2. Memasak

Ini cocok nih buat Ibu-Ibu yang kesehariannya masak. Nggak harus dandan cantik saat masak kok. Lah wong gak pake wajah. Juga nggak harus pake dapur yang cantik kok. Terkadang penonton lebih merakyat kalau kita pakai dapur yang biasa aja, wkwk.

Untuk awal-awal, biasanya ‘kan nggak punya peralatan videografi yang mumpuni, tenang saja, tak apa. Yang penting, mulai dulu.

Awal-awal bikin video seadanya, lalu upload. Upload tiap hari. Inshaa Allah, pasti ada 1 video yang nyantol di hati penonton. Lambat laun, Ibu-Ibu akan belajar tentang cara bikin video yang bagus. Inshaa Allah suatu hari akan monetise.

3. Gaming

Nah, ini adalah rekomendasi konten Youtube untuk Mas-Mas yang suka main game. Daripada main game melulu tapi nggak menghasilkan apa-apa, ‘kan mending dibikin konten. Cukup screen recorder, lalu upload deh.

Nggak harus game-game yang terkenal, nggak harus dimulai dari level tertinggi. Mulai aja dulu. Bisa juga loh, bikin konten tapi gamenya yang receh-receh, yang lucu-lucu, yang gampang-gampang, dan lainnya. ‘Kan penonton kita banyak dan berbeda-beda maunya. Tebar jala aja.

4. Review Produk

Ini cocok nih, buat mbak-mbak atau mas-mas yang sering belanja online dan menerima paketan barang. Pasti seneng ‘kan kalau nerima paketan? 

Bagaimana kalau rasa bahagia itu juga disebarkan melalui Youtube. Nggak cuma Anda loh yang suka bongkar paketan, melainkan netizen juga.

Coba aja bikin video bongkar paketan. Ya bentuk flatlay gitu. Nggak harus review produk sih. Tapi mungkin bisa lah ya sekalian nanti review barangnya juga.

5. Menggambar

Siapa yang suka menggambar? Kalau orang menggambar tuh jarang ngomong ‘kan ya? Kemudian, orang tuh butuh lihat visual gambarnya, bukan wajah kita. Jadi konten ini cocok banget untuk kita yang introvert dan hobi menggambar.

Nggak harus bikin gambar bagus sih. Bisa bikin gambar doodle, gambar tanda tangan, gambar kreatif, atau bikin gambar untuk anak TK juga bisa. Wkwk. Apa aja cobain deh!

Kesimpulan

Nah, itulah 5 ide konten Youtube tanpa wajah untuk pemula yang minder bila harus bikin video dengan muka. Saya juga pake kok. Alhamdulillah sedang jalan.

Sekarang sudah tahu ‘kan konten apa aja dan apa aja ide-idenya? Maka selanjutnya, langsung eksekusi. Mulai bikin video Youtube sekarang juga. Nggak usah peduli dengan jumlah subscriber. Tapi kalau mau beli subscriber Youtube juga nggak papa sih, biar tambah semangat, wkwk.

Wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar untuk "5 Ide Konten Youtube Tanpa Wajah, Saya Pake Juga!"