Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rekomendasi Tempat Wisata Di Tegal Yang Wajib Dikunjungi

Tegal tidak hanya terkenal dengan Warung Tegal yang ada di mana-mana atau bahasa daerahnya yang "Ngapak". Ternyata Tegal juga memiliki banyak pilihan objek wisata berpotensi, yang sangat menarik untuk dieksplorasi. 

Menariknya lagi, tempat-tempat wisata di Tegal  biaya tiket masuknya sangat terjangkau, bahkan ada beberapa yang masih gratis. Untuk akomodasinya juga tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan hotel murah apalagi jika kamu mencari hotel di Guci Tegal.

7 Daftar Tempat Wisata di Tegal

Untuk yang penasaran berikut beberapa tempat wisata hits yang ada di Tegal dan wajib kamu eksplorasi baik sendirian maupun bersama keluarga dan teman-teman.

1. Bukit Goa Lawa

Yang pertama, ada tempat wisata berupa bukit yang diberi nama Bukit Goa Lawa. Bukit ini sendiri terletak di tiga desa sekaligus yaitu Desa Batuagung, Desa Harjawinangun dan Desa Bukateja yang ada di Kecamatan Balapulang Tegal. Disebut dengan Goa Lawa karena ada banyak kelelawar yang hidup di goa ini.

sumber gambar: https://phinemo.com/kumpulan-foto-batu-agung-tegal/bukit-agung/

Adapun aktivitas menarik di tempat wisata ini adalah karena terdapat bukit dengan tumpukan batuan besar yang menjulang tinggi. Puncak bukit ini banyak pengunjung yang melakukan foto selfie dengan latar belakang pemandangan hijau yang cantik dari ketinggian. 

Namun perlu dipahami, bahwa untuk menuju puncak bukit terdapat medan yang cukup ekstrem, jadi sebaiknya berhati-hati saat akan naik ke atas.

2. Danau Beko Margasari

Yang ada wisata danau yang cukup populer tepatnya lokasi danau ini ada di Dusun Karangdawa, Desa Karangasem, Kecamatan margasari. Danau ini sendiri adalah cekungan bekas penambangan batu kapur oleh masyarakat desa, yang kemudian terisi oleh air hujan dan penuh kemudian terbentuk sebuah danau.

sumber gambar: https://backpackerjakarta.com/pesona-kawasan-pantura-jawa-tengah/danau-beko-margasari/

Tempat ini biasanya banyak dikunjungi oleh orang-orang, pada pagi dan sore hari ketika cuaca sudah tidak panas. Danau ini sendiri bisa dikunjungi secara gratis oleh siapa saja.

3. Curug Pitu Margasari

Bagi kamu yang menyukai wisata alam bisa coba kunjungi Curug Pitu Margasari. Curug ini sendiri memiliki medan yang cukup sulit untuk mencapainya, makanya tidak disarankan untuk dikunjungi oleh orang yang sudah lanjut usia. Curug memiliki pemandangan yang asri dengan air terjun yang sangat alami.

sumber gambar: https://suarapemerintah.id/2021/02/pesona-dan-rintangan-menantang-curug-pitu-margasari-kota-tegal-jawa-tengah/

Untuk mengunjungi Curug ini jaraknya sekitar 4,5 km dari Pasar Margasari. Atau jika kamu berjalan bisa menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Untuk mencapai Curug, kamu harus melewati sungai karena belum ada akses jembatan dan juga hutan jati. Siapkan mental untuk mencapai Curug.

4. Pemandian Air Panas Guci

Untuk yang suka mengunjungi pemandian air panas, Tegal juga punya Pemandian Wisata Air Panas Guci. Tempat ini cukup terkenal di Tegal bahkan menjadi kesukaan para wisatawan. 

Lokasinya sendiri ada di ketinggian sehingga memiliki tempat dengan udara yang sejuk dan dingin, jadi cocok sekali dihabiskan waktu di sini untuk mandi air panas.

Jika ingin menginap di sekitaran pemandian air panas tersedia penginapan dan juga hotel. Salah satunya kamu bisa memilih Sun Q Ta Hotel Guci Tegal

sumber gambar: https://www.traveloka.com/id-id/hotel/indonesia/sun-q-ta-hotel-guci-tegal-3000020016996

Mandi di air panas tentu saja sangat mengasyikan karena bisa sekalian relaksasi apalagi untuk badan yang terasa sedang capek. Lokasi wisata ini ada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

5. Pantai Purwohamba Indah

Ternyata Tegal juga punya tempat wisata pantai yang eksotis meski pasir pantainya tidak putih. Lokasi pantai ini ada di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi. 

Kamu bisa mengajak serta keluarga untuk mengunjungi pantai ini, apalagi terdapat taman dan banyak pohon rindang yang sangat ramah untuk wisata keluarga.

sumber gambar: https://www.studimsam.com/2020/08/info-lengkap-wisata-purwahamba-indah.html

Di dekat pantai kamu bisa menikmati ombak dengan angin sepoi-sepoi serta Taman Ria Sosro Permai. Di taman tersebut, terdapat juga kebun binatang mini dan berbagai fasilitas wahana untuk anak.

6. Pantai Alam Indah Tegal

Ada juga pantai lainnya yang bisa kamu kunjungi yaitu Pantai Alam Indah. Pantai ini lokasinya cukup dekat dengan kota Tegal dengan hamparan pasir dan ombak yang cukup besar. Kamu bisa menikmati aktivitas naik perahu beramai-ramai dengan pengunjung lain.

sumber gambar: https://travel.tribunnews.com/2020/06/03/belum-resmi-dibuka-wisata-pantai-alam-indah-kota-tegal-ramai-diserbu-wisatawan-lokal

Fasilitas lainnya yang tidak kalah menarik seperti Waterboom, aktivitas naik kuda hingga sepeda dan juga banyak permainan anak. Di sini kamu juga bisa menikmati indahnya sunset bersama pasangan.

7. Jembatan Gantung Danawarih

Terakhir, rekomendasi tempat wisata yang ada di Tegal yaitu jembatan gantung. Jembatan gantung ini sangat menjadi trend di kalangan anak muda terutama bagi yang suka bermain media sosial. Jembatan ini terpasang di atas bendungan Kali Gung memang jadi sarana irigasi.

sumber gambar: https://jejakpiknik.com/jembatan-gantung-danawarih/

Tepatnya jembatan ini dibuat untuk penghubung antara Desa Danawarih dan Desa Sangkanjaya, Kecamatan Balapulang. Jembatan ini sudah ada sejak tahun 1992 dan kamu bisa menikmati keindahan pemandangan di sekitaran bendungan dari atas jembatan sambil berfoto ria.

Kesimpulan

Itu tadi beberapa tempat wisata yang ada di Tegal yang bisa kamu eksplorasi dan kunjungi. Tidak perlu khawatir soal akomodasi penginapan daerah Tegal karena bisa kamu temukan dengan mudah lewat Traveloka. Jangan lewatkan pula berbagai promo menarik Traveloka.

Kamu bisa nikmati Diskon Merdeka di Duar Duar Merdeka, mulai tanggal 9 sampai 17 Agustus 2022. Promo ini bisa kamu gunakan untuk staycation bahkan liburan sama pasangan, keluarga dan sahabat.

Jadikan Traveloka Teman Hidup andalan dan dapatkan diskon sampai 70% untuk semua produk di Traveloka. Untuk belanja lebih hemat, kamu juga bisa manfaatkan, PayLater Traveloka.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "7 Rekomendasi Tempat Wisata Di Tegal Yang Wajib Dikunjungi"