Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Retinol? Ini Definisi dan Anjuran Penggunaannya

Retinol adalah turunan vitamin A yang membantu merangsang pembaruan sel kulit. Regenerasi sel ini tentunya akan memicu pergantian sel yang dapat mempercantik dan memperbaiki penampilan kulit Anda, mulai dari mengobati jerawat hingga memudarkan flek hitam di wajah Anda.

Fungsi regenerasi kulit retinol menunjukkan bahwa retinol memiliki efek yang sangat kuat pada kulit. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi, kemerahan, pengelupasan bahkan rasa terbakar.

Maka itu, bagi yang ingin menggunakannya sebaiknya berhati-hati. Beberapa tips dari indozone tentang cara memakai retinol di bawah ini dapat kamu ikuti. 

Anjuran Pemakaian Retinol 

Retinol tidak hanya meregenerasi kulit, tetapi bahkan dapat menghambat enzim yang memecah kolagen dan mempercepat proses sintesis kolagen.

Dengan cara ini, Anda dapat mencegah dan meminimalkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus di wajah Anda. Untuk mendapatkan tampilan wajah yang lebih baik, Anda bisa menggunakan retinol ini dengan beberapa cara.

1. Mulai dengan formula rendah 

Jika Anda baru mengenal retinol, pertimbangkan untuk menggunakan retinol yang lebih rendah dan lebih ringan terlebih dahulu. Ini akan menghindari proses iritasi kulit yang cepat.

Itu karena menggunakan retinol berarti Anda siap untuk proses pembersihan atau pengkondisian kulit pertama di mana sel-sel kulit mati diganti dengan sel-sel kulit baru atau didetoksifikasi.Dengan cara ini, berbagai kotoran dan sel kulit mati dihilangkan dari wajah.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kadar yang lebih rendah agar kulit mengenali retinol terlebih dahulu. Anda bisa mulai dengan toner dengan kandungan retinol.

2. Pakai saat kulit kering dan gunakan di malam hari

Berdasarkan sumber artikel Fimela melaporkan penggunaan retinol untuk memastikan kulit tetap kering. Juga, pastikan untuk memakainya di malam hari. Untuk menggunakan, oleskan sedikit retinol ke kapas atau telapak tangan dan oleskan ke wajah.

3. Retinol dipakai seminggu sekali 

Retinol mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kulit Anda stres. Oleh karena itu, penggunaan retinol setiap hari tidak dianjurkan. Retinol cukup digunakan seminggu sekali, dua kali seminggu selama dua minggu, atau tiga kali seminggu selama tiga minggu.

Retinol Dapat Digabung dengan Kandungan Ini 

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari retinol, Anda bisa mengombinasikannya dengan bahan lain. Namun, hanya dua bahan ini yang bisa dikombinasikan dengan retinol.

Pertama, retinol dapat dikombinasikan dengan asam hialuronat. Kandungan asam hialuronat dapat menghidrasi dan menghidrasi kulit, sedangkan retinoid dapat membuat kulit lebih kenyal dan menyembunyikan kerutan halus di wajah.

Jadi ketika Anda menggabungkan keduanya, mereka bekerja lebih efektif, membuat kulit Anda terlihat lebih bercahaya dan membantu mencegah penuaan dini. Kedua, retinol dapat dikombinasikan dengan niacinamide. 

Namun, itu harus dalam satu produk pada satu waktu untuk keamanan kulit yang lebih besar. Manfaat menggabungkan dua dalam satu produk termasuk mengobati jerawat, mengurangi tanda-tanda penuaan, meratakan warna kulit, dan mengurangi bintik hitam dan kemerahan.

Jika ingin menggunakan bahan aktif pada produk lain, sebaiknya gunakan niacinamide terlebih dahulu baru kemudian retinol. Niacinamide dikatakan dapat melindungi kulit dari efek samping retinol. 

Untuk menggunakan retinol dengan menggabungkan kedua bahan dalam produk yang berbeda, tunggu 20 menit sebelum

Retinol Tidak Dapat Digabung Kandungan Ini 

Jangan gabungkan retinol dengan produk yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, atau vitamin C. Kombinasi retinol dan benzoil peroksida akan menyebabkan kulit kering, merah, dan bersisik.

Di sisi lain, menggabungkan retinol dengan asam salisilat dapat membuat kulit Anda terkelupas secara berlebihan dan membuat kulit Anda sangat kering.

Sebaliknya, jika retinol dikombinasikan dengan vitamin C, efeknya akan hilang. Jadi Anda bisa menggunakan vitamin C di pagi hari bersama dengan tabir surya dan retinol di malam hari.

Kesimpulan

Itulah ulasan lengkap mengenai cara tepat menggunakan retinol. Jika kulit sangat sensitif, pastikan pakai retinol sesuai dengan anjuran dokter.  

Posting Komentar untuk "Apa itu Retinol? Ini Definisi dan Anjuran Penggunaannya"