Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Tirai Jendela Berkualitas ala Jepang

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang tips memilih tirai jendela berkualitas ala rumah-rumah di Jepang. Tirai Jepang memang seringkali menjadi rekomendasi untuk penutup jendela di rumah-rumah, kafe-kafe, hotel-hotel, hingga apartemen yang ada di Indonesia.

Yaa wajar sih, hal ini lantaran tirai Jepang didesain sedemikian rupa untuk memaksimalkan kebermanfaatan elemen alami yang diberikan oleh bumi, seperti elemen udara, cahaya, dan lainnya.

Ini Tips Memilih Tirai Jendela Ruangan Berkualitas ala Rumah di Jepang

Nah, tirai dari Jepang ini memang unik sekali. Kalau Indonesia kan biasanya pakai tirai kain atau yang biasa disebut kelambu/selambu, lain halnya dengan Jepang yang tirainya terbuat dari bambu. Maka jangan heran kalau Jepang juga terkenal dengan juluka Negeri Tirai Bambu.

Untuk kamu yang sedang mencari tips memilih tirai bambu untuk rumah atau kafemu, silakan baca artikel ini sampai habis ya! Di sela-sela penjelasan, saya akan berikan juga contoh rekomendasi tirai bambu agar lebih mudah dipahami. Inilah tips memilih tirai bambu terbaik ala Jepang di Indonesia.

1. Tentukan Model Tirai yang Diinginkan

Ada banyak jenis/model tirai Jepang yang digunakan untuk menjadi penutup jendela kaca. Supaya nggak bingung, berikut ini akan Kak Ros jelaskan 3 model tirai Jepang yang bisa dipilih sesuai keinginan.

a. TOSO Mytec Roller Blind 

Apakah kamu tahu tirai-tirai yang biasanya ada di perkantoran Jepang? Tirainya tuh seperti bentuk lembaran yang ditarik ke bawah (kalau jendela sedang ingin ditutup). Tapi kalau jendela ingin dibuka, maka si tirai ditarik ke bawah sejenak lalu ia akan menggulung otomatis ke atas sehingga cahaya bisa langsung masuk seketika.

sumber gambar: Canva

Ini namanya roller blind. Menggunakan teknologi pegas sehingga memudahkan untuk buka tutup tirai. Tirai ini sangat ringan. Warnanya juga sangat nyaman di mata dan tentu tetap meninggalkan kesan yang estetik di ruangan rumah atau kantor.

b. TOSO Wooden Blind

Ini loh yang paling lengendaris di Jepang dan termasuk yang paling laku di Indonesia. Tirai ini terbuat dari bambu atau kayu yang kemudian disusun-susun tapi diberi jarak/jeda. Jeda antar bambu/kayu inilah yang meloloskan sedikit cahaya sehingga memberikan kesan estetik di rumah.

sumber gambar: Canva

Tapi kalau mau cahaya penuh, maka potongan bambu/kayu dari tersebut akan membuka 90 derajat secara horizontal sehingga cahaya bisa masuk. Biasanya tirai ini terbuat dari bambu, tapi sekarang sudah banyak tirai yang berbahan dasar kayu berkualitas seperti TOSO Wooden Blind karena lebih awet, ringan, dan anti rayap.

c. TOSO Pleated Screen

Ini adalah salah satu model tirai bambu yang terbaru dan kekinian. Seperti perpaduan antara Roller Blind dan Wooden Blind. TOSO Pleated Screen ini tampilannya seperti kertas, tetap ada efek lekukan seperti alat musik akordion. Yaa, hampir mirip dengan wooden blind sih, tapi kalau yang ini tuh full menyatu antar batang tirai.

Kemudian tirai ini bisa diatur seberapa banyak cahaya yang masuk. Kalau ingin cahaya yang masuk sedikit saja, maka ditariknya sedikit saja. Lalu biarkan tirai bawah tetap tertutup rapat.

2. Pilih Tirai Berdasarkan Ukuran Jendela

Pastikan kamu memilih tirai berdasarkan ukuran jendela. Kalau jendelanya kecil, bisa menyesuaikan mau pilih tirai model apa aja dengan ukuran apa aja.

Tapi kalau jendelanya besar, tak perlu lah melakukan penggabungan tirai-tirai kecil. Toh sebenarnya di Jepang sudah ada tirai khusus jendela besar, yakni tirai Super Liberta. Nggak hanya lebar, akan tetapi tirai Super Liberta ini memberikan kesan yang mewah, yakni roman shade.

3. Sesuaikan Budget yang Ada

Sebenarnya tirai Jepang ini nggak mahal-mahal banget kok. Sudah sesuai dengan harga standar yang berlaku di pasaran dengan memberikan kualitas terbaik. Apalagi kalau bahan baku dan proses pembuatannya full dilakukan di Jepang. Pasti membutuhkan akomodasi yang tak sedikit, dan tentunya sudah include di harga yang ditawarkan.

Tapi kalau pun kamu agak kurang sanggup dengan harga tersebut, maka bisa loh cari produsen tirai Jepang dengan harga ekonomis, seperti TOSO ECO. Ini adalah produsen tirai Jepang yang bahan bakunya diambil dari Jepang tapi dirakit di Indonesia supaya lebih ekonomis. Solutif banget ‘kan?

4. Pastikan Ramah Anak

Ternyata tirai di Jepang juga ada yang kids friendly loh! Yaa, memang begitulah orang-orang Jepang, prepare banget dan perhatian banget sama anak-anak.

Nah, kalau kamu punya anak kecil di rumah yang sedang aktif-aktifnya eksplorasi, alangkah lebih baik gunakan tirai bambu dengan jenis Creaty Loopless yang memberi perlindungan untuk anak.

sumber gambar: https://www.sumbersetia.com/product/creaty-loopless-child-safety/

Nggak akan ada rantai melingkar di kanan kiri jendela. Memang, rantai tersebut akan menarik perhatian si kecil untuk dimainkan. Sedangkan, tirai Creaty Loopless ini memiliki sistem pull and release tertentu tapi cara mengumpulkan tirai horizontalnya itu elegan banget. 

Bisa ditinggikan supaya nggak digapai oleh anak-anak. Jadi ini tirai yang bagus banget untuk mencegah hal-hal buruk yang terjadi pada si kecil di rumah.

5. Beli Tirai di Perusahaan Tirai Terbaik di Indonesia

Memang ada banyak toko yang menjual tirai ala-ala Jepang, tapi itu bentuknya saja. Bagaimana dengan kualitasnya? Hmm patut dipertanyakan.

Maka dari itu, pastikan kamu membeli tirai Jepang di produsen atau perusahaan yang sudah legal, berkualitas, dan terpercaya seperti PT. Sumber Setia.

Sudah berdiri sejak 45 tahun yang lalu, produsen tirai Jepang di Indonesia ini masih mempertahankan kualitasnya. Bahkan memunculkan inovasi-inovasi terbaru sesuai kebutuhan zaman.

Ada 25 jenis produk yang ditawarkan. Mulai dari tirai-tirainya, hingga pernak-pernik tirai seperti rel gorden, roller blind, picture rail, dan masih banyak yang lainnya. Harganya beragam sesuai kebutuhan.

Daripada bingung, alangkah lebih baik konsultasikan kemauan tirai Jepang yang kamu kehendaki. Sampaikan keinginanmu, keadaanmu, dan masalahmu, untuk kemudian mendapatkan rekomendasi tirai terbaik ala Jepang.

Kesimpulan

Nah, itulah 5 tips memilih tirai ala Jepang yang mudah banget diaplikasikan. Sudah Kak Ros berikan rekomendasinya dan di mana belinya supaya lebih mudah mendapatkan informasinya supaya bisa langsung beli.

Tenang aja, produsen tirai Jepang ini ramah banget kok! Nggak harus bisa bahasa Jepang kok untuk membeli tirai Jepang ini.

Semoga kamu bisa mendapatkan tirai sesuai yang diinginkan ya!

Wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Tirai Jendela Berkualitas ala Jepang"