Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Kerja Rem Cakram?

Seperti yang telah kita ketahui, rem merupakan komponen penting pada mobil. Rem berfungsi mengendalikan laju kendaraan, tanpa kondisi rem yang prima bisa membahayakan keselamatan. 

Ada pun rem terbagi dari beberapa tipe, yaitu rem cakram dan rem tromol. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang rem cakram lengkap dengan bagaimana cara cara kerjanya. 

Apa itu rem cakram?

Rem cakram atau yang juga kerap disebut “disc brake” merupakan seperangkat sistem pengereman yang ada pada kendaraan. Rem cakram bekerja dengan menjepit cakram atau piringan yang dipasang pada roda. 

Daya pengereman dari sistem cakram dinilai lebih efektif dibanding sistem lainnya sebab rem cakram memiliki luas penampang yang kecil dan tekanan gaya gesek yang kuat. 

Selain itu, keunggulan rem cakram lainnya yang membuatnya menjadi salah satu komponen keselamatan yang wajib ada pada kendaraan Anda antara lain: 

  • Rem tidak mudah panas
  • Minim suara bising saat pengereman
  • Perawatan lebih mudah.
  • Daya pengereman tetap efektif, bahkan saat terkena air sekalipun
  • Tekanan kampas rem lebih merata saat pengereman
  • Bagaimana cara rem cakram bekerja?

Secara garis besar, cara kerja rem cakram dalam mengontrol laju kendaraan terjadi dalam tahapan berikut ini: 

1. Pertama, rem cakram mulai bekerja ketika pedal rem diinjak. Tekanan pada push rod dari pedal yang diinjak akan piston pada silinder master rem. Pada proses di mana terjadi tekanan pada piston inilah yang menyebabkan piston bergerak maju dan mengecilkan volume pada depan piston. 

2. Kemudian pada saat ini, tekanan yang ada pada bagian depan piston akan mendorong isi dari piston yaitu cairan minyak rem untuk terdorong melalui valve atau katup menuju ke master silinder rem untuk kemudian teruskan ke berbagai arah melalui selang hidrolik atau saluran minyak sistem rem. 

3. Selanjutnya cairan minyak rem juga akan disalurkan ke kaliper rem, di mana pada bagian ini tekanan fluida akan diubah menjadi energi mekanis oleh piston. Setelah itu kaliper piston akan bergerak menekan kampas rem dan menekan piringan rem, gesekan dari kedua komponen inilah yang perlahan mengurangi laju kendaraan. 

Merawat Rem Cakram

Perlu Anda ketahui, rem cakram sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti kampas rem, piringan cakram, caliper bracket, piston brake, seal piston, reservoir tank, master cylinder, brake fluid dan booster rem. 

Untuk menghasilkan daya pengereman yang efektif tentunya setiap komponen dalam rem cakram harus selalu dijaga kondisinya. Karena itu pentingnya melakukan perawatan rem cakram secara berkala untuk memastikan seluruh sistem bekerja dengan maksimal. 

Lakukan perawatan rem cakram di bengkel terpercaya seperti bengkel Resmi Suzuki. Untuk melakukan perawatan rem cakram, Anda bisa langsung datang ke bengkel resmi Suzuki terdekat atau bisa juga dengan melakukan booking via online dengan mengunjungi www.suzuki.co.id/services/automobile 

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Kerja Rem Cakram?"