Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Olahraga Renang Berdasarkan Pengalaman

Assalamualaikum wr wb

Akhir-akhir saya sering berenang bersama suami dan teman-teman. Biasanya seminggu sekali kami menjadwalkan renang. Kami memilih berenang di umbul atau kolam renang yang airnya langsung dari sumber (tidak kaporit).

Sebenarnya saya dan suami nggak bisa renang sih, tapi kami berlatih bersama teman-teman. Progress renang suami lebih baik dan cepat dari pada saya. Tapi yaa minimal saya sudah berani untuk berenang dan nggak takut air, meski masih takut dengan air yang dalam, ehehe.

Ini Manfaat Olahraga Renang yang Saya Rasakan

Hingga saat ini, saya mendapatkan banyak manfaat ketika berenang. Ada rasa berbeda yang saya dapatkan kala berenang. Berikut ini coba saya uraikan satu persatu ya tentang manfaat olahraga renang berdasarkan pengalaman saya.

1. Tubuh Gak Gampang Loyo

Wuah saya ngerasa banget, dulu tubuh saya rasanya jompo banget. Lelah banget. Gak kuat beraktivitas berat dalam jangka waktu lama. Tapi setelah berenang, sepertinya badan saya merasa lebih enak, lebih fit, dan nggak gampang loyo.

Supaya badan tetap fit, selain olahraga renang, jangan lupa diimbangi dengan minum nutrisi ya. Bisa mengonsumsi Anlene Actifit yang memang didesain untuk kita yang suka olahraga. Tujuan utamanya ya membantu tubuh kita lebih fit sekaligus menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Wuah ini sih yang paling terasa dampaknya. Setelah capek berenang, lalu tidur, wuah lelap banget tidurnya. Kayak nggak gerak sama sekali pas tidur.

Bahkan, kalau suatu hari saya susah tidur, biasanya akan diajak renang oleh suami keesokan harinya. Soalnya, kalau badan capek, maka lebih lelap tidurnya.

3. Lebih Happy

Anak kecil tuh happy banget nggak sih saat main air? Tapi saat remaja, sepertinya saya agak fobia air kolam renang deh. Bawaannya takut.

Ini pun, saya berproses untuk berani main dengan air. Pas renang, dulu saya nggak mau buka mata padahal udah pake kacamata. 

Sekarang? Alhamdulillah udah happy. Selain ada teman-teman yang seru-seru, ternyata bermain di air bisa membuat heboh dan menaikkan hormone kebahagiaan kita. Jadi, bawaannya happy aja gitu!

4. Membentuk dan Menguatkan Otot

Wuah, ini terasa banget sih. Kata suami, lengan saya tuh nggak berotot. Baiklah, semenjak olahraga bareng suami, lengan saya mulai kelihatan ototnya sedikit.

Apalagi pas renang, yang dipakai gerak paling banyak adalah tangan, otomatis otot lengan jadi terbentuk. Saya ngerasa sih, kalau lengan saya jadi lebih besar. Padahal kan saya maunya punya lengan kecil, tapi malah ototnya dibentuk dan lengannya jadi besar, hahaha.

5. Refreshing Pikiran

Wuah berenang ini menjadi sumber refreshing pikiran yang paling menyegarkan. Sehari-hari berada di ruangan kotak sambil berhadapan dengan laptop. Eh pas renang malah bertemu dengan kolam renang yang pemandangannya sawah, pepohonan, dan air yang bikin segar. Wuah, fresh banget pokoknya!

Saat istirahat berenang, kitab isa nyamil kulineran lokal. Seperti some penyet, wedang jahe, tempe mendoan, dan lainnya. Puas banget lah kalau kita mampu meluangkan waktu sekali seminggu untuk berenang.

Kesimpulan

Nah, itulah 5 manfaat olahraga renang yang saya rasakan selama ini. Alhamdulillah semoga konsisten dan semoga saya semakin berani untuk berenang. Saya butuh pembiasaan dan latihan untuk mencapai target yang saya mau.

Saya bersyukur diajakin renang oleh suami. Saya sadar bahwa kita ingin hidup bersama lebih lama dalam keadaan yang sehat dan bahagia. Semoga pembiasaan baik ini menjadi tabungan kesehatan kami di masa tua nanti. Inshaa Allah. Aamiin. 

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Olahraga Renang Berdasarkan Pengalaman"