Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Pengertian dan 5 Fungsi Metabolisme Untuk Tubuh Kita

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang pengertian metabolisme beserta fungsinya bagi tubuh kita. Memang sudah banyak yang menjelaskan tentang pengertian metabolisme, tapi bahasanya tuh kaku-kaku.

Di sini saya akan coba bahas dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Akan Kak Ros berikan fungsi dan manfaatnya juga secara lebih detail supaya lebih mudah dimengerti.

Pengertian Metabolisme

Pengertian metabolism adalah sebuah proses saat tubuh kita mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi supaya kita beraktivitas. Proses perubahan itulah yang dinamakan metabolisme.

Kan makanan yang kita makan tuh dicacah-cacah atau diurai lebih kecil lagi di dalam lambung, lalu masuk ke usus. Di sini, bentuknya tuh jadi sari-sari makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein. Ketiga zat inilah yang akan diubah menjadi energi.

Fungsi Metabolisme

Lalu apa manfaatnya bila terjadi proses metabolisme di dalam tubuh kita? Berikut ini akan Kak Ros jelaskan tentang fungsi metabolism beserta penjelasannya.

1. Menjaga Sel dan Jaringan Tubuh Tetap Sehat

Energi dibutuhkan tubuh untuk tetap menjaga sel-sel dan jaringan tubuh agar tetap sehat. Sel-sel di tubuh kita itu harus beregenerasi atau digantikan dengan yang baru. Nah, ini butuh energi untuk melakukannya.

Misalnya, sel kulit yang beregenerasi setiap 28-30 hari sekali. Bahkan sel saraf membutuhkan waktu 3 menit untuk mati dan beregenasi. Untuk itulah metabolisme diperlukan demi kesehatan sel-sel dan jaringan tubuh kita. 

2. Mengalirkan Darah

Tanpa energi, darah nggak bisa mengalir ke seluruh tubuh. Gimana mau ngalir, lah wong jantung aja nggak diberi energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Maka metabolisme ini berperan penting  untuk mengedarkan nutrisi yang dibawa oleh darah ke seluruh tubuh kita.

3.  Mengendalikan Suhu Tubuh

Tahu nggak sih, sebenarnya proses metabolism itu juga dapat mengendalikan suhu tubuh? Proses metabolism ini merupakan reaksi kimia alami dari dalam tubuh yang menghasilkan panas. Jadi sel-sel dalam tubuh membakar nutrisi untuk dijadikan sumber energi.

4. Membuang Limbah Tubuh

Saat kita makan dan minum, tidak semua makanan dan minuman yang kita konsumsi ini dibutuhkan oleh tubuh. Setelah sari-sari makanan diambil di usus, maka sisanya atau zat-zat sisa akan berubah bentuk menjadi urin dan feses.

Sari-sari makanan yang penting, akan masuk ke proses selanjutnya yakni metabolisme. Sedangkan lainnya akan dibuang ke luar berupa urin dan feses. Jadi metabolisme tubuh juga turut berperan untuk membuang limbah urin dan feses dari dalam tubuh.

5. Menjaga Fungsi Otak dan Saraf

Untuk melakukan fungsinya, otak membutuhkan energi. Energi ini diperlukan untuk mempertahankan integritas sel membrane dan konsentrasi ion intra dan ekstra seluler. Maka dari itu, tubuh perlu makanan dan minuman yang bernutrisi agar kebutuhan energi untuk otak terpenuhi.

Ngerasa ‘kan, kalau lagi lapar nggak bisa mikir? Maka makanlah yang cukup supaya otak tetap dapat berpikir dengan baik. Supaya nutrisi tercukupi, bisa dipenuhi dengan mengonsumsi Anlene Gold 5X dan Anlene Actifit 3X yang mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang, kelenturan sendi, kekuatan otot, dan menjaga fungsi otak.

Kesimpulan

Nah, itulah pengertian metabolisme dan fungsi metabolisme untuk tubuh kita. Metabolisme adalah proses yang alami dan sangat dibutuhkan oleh kita. Maka dari itu, pastikan kita mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi supaya metabolisme bisa berjalan dengan lancar.

Semoga kita selalu sehat ya!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Ini Pengertian dan 5 Fungsi Metabolisme Untuk Tubuh Kita"