Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Gigi Berlubang Sakit Terus Menerus

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang penyebab gigi berlubang sakit terus menerus. Kenapa ya kok gigi bisa berlubang? Padahal udah rajin menggosok gigi, tapi kenapa kok lubangnya masih ada dan justru malah bikin sakit?

Ini Penyebab Gigi Berlubang Parah

Daripada bingung berkelanjutan, berikut ini langsung Kak Ros jawab saja ya tentang penyebab gigi berlubang yang bikin sakit terus menerus. Langsung simak baik-baik ya!

1. Ada Plak di Permukaan Gigi

Biasanya ada sisa makanan yang menempel di gigi. Mungkin kita udah sikat gigi, tapi kemungkinan besar masih kurang bersih sehingga sisa-sisa makanan menjadi plak-plak di gigi.

Jadi, kalau malam hari sebelum tidur, usahakan menggosok gigi secara bersih, kalau perlu gunakan cermin untuk tahu kebersihan rongga mulut.

2. Tidak Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Pastikan kalau hendak menggosok gigi, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride adalah senyawa yang berfungsi untuk merawat kesehatan serta mencegah kerusakan pada gigi.

Jadi saat mau beli pasta gigi, pastikan memiliki Fluoride sebagai bahan kandungan utamanya. Jadi gigi kita bisa bersih dan nggak akan ada gigi berlubang.

3. Mulut Kering

Ternyata mulut kering bisa berpengaruh pada gigi berlubang loh! Ketika mulut kering, maka rongga mulut akan mengering karena kekurangan cairan. Hal ini akan berdampak pada gusi yang menjadi tidak sehat sehingga membuat gigi menjadi keropos.

4. Penggunaan Obat-Obatan atau Herbal yang Mengandung Gula

Meski sudah mengantisipasi makanan manis, tapi bila di minuman herbal masih mengandung gula, maka risiko gigi berlubang masih ada. Jadi, usai minum herbal, tetap lakukan menggosok gigi supaya terhindar dari gigi berlubang.

5. Jarang Menggosok Gigi

Ini adalah penyebab gigi berlubang paling fatal, yakni jarang menggosok gigi. Kalau gigi jarang digosok dengan sikat gigi, maka akan tumbuh banyak plak (dari sisa makanan). Ini akan merusak gigi sehingga menjadi berlubang.

Bahkan bisa menggeser kekokohan gigi. Mungkin tampaknya gigi semakin kokoh, tetapi ketika plak-plak tersebut dibersihkan dengan cara scalling, maka akan terlihat pergeseran gigi karena posisinya diisi oleh plak-plak tersebut.

Solusi Kalau Gigi Berlubang

Maka Kak Ros mewanti-wanti agar jangan sampai gigi berlubang, soalnya nggak enak banget! Kalau butuh solusi untuk mengatasi gigi berlubang, coba diperhatikan penjelasan berikut:

1. Lakukan Scalling Terlebih Dahulu

Alangkah lebih baik bila kita melakukan scalling terlebih dahulu. Minimal kita mengangkat kotoran atau plak-plak yang ada di dalam rongga mulut. Jadi rongga mulut bisa bersih dan siap untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

2. Tambal Gigi yang Berlubang

Bila rongga mulut sudah dibersihkan, maka coba cek bagian gigi yang berlubang. Sekecil apa pun lubangnya, coba lakukan tambal gigi kepada dokter gigi. Gigi yang sudah berlubang meski kecil, harus diatasi agar lubangnya tidak semakin menyebar ke mana-mana.

3. Rajin Menggosok Gigi

Solusi terakhir yang harus diterapkan adalah rajin menggosok gigi. Ini sebenarnya bukan solusi sih, tapi kewajiban. Lubang atau tidak, maka gigi harus tetap dibersihkan sebaik-baiknya. Rongga mulut yang bersih berpengaruh besar kepada kesehatan tubuh kita.

Kesimpulan 

Nah, itulah 5 penyebab gigi berlubang yang bikin sakit terus menerus. Sudah Kak Ros lengkapi dengan solusinya ya! Solusi tersebut harus dilakukan secara berurutan supaya mendapatkan hasil maksimal. Semoga berhasil!

Wassalamualaikum wr wb


Posting Komentar untuk "5 Penyebab Gigi Berlubang Sakit Terus Menerus"