Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Kelebihan dan Kekurangan TLO dan All Risk

Asuransi mobil sangat beragam jenisnya, diantaranya adalah asuransi TLO dan All Risk. Bagi Anda yang memiliki mobil baru, pasti akan mendapatkan tawaran asuransi mobil TLO, All Risk, Collision Coverage, ataupun asuransi mobil gabungan. 

Setiap asuransi memiliki keunggulannya masing-masing, begitu juga terdapat kelebihan dan kekurangan TLO dan All Risk. Bagi sebagian orang mungkin masih bingung untuk membedakan antara asuransi TLO dan All Risk. 

Terlihat mirip dan memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama menjamin atau menanggung biaya perbaikan, namun terdapat perbedaan di antara keduanya. TLO dan All Risk pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangannya, pahami dulu apa itu asuransi TLO dan All Risk agar Anda tidak salah pilih.

Perbedaan Asuransi Mobil TLO dan All Risk

Secara umum, perbedaan dari kedua asuransi ini terletak pada cakupan perlindungannya. Asuransi TLO yang menanggung kerusakan berat saja, sedangkan asuransi All Risk dapat menanggung segala risiko. Agar lebih jelas dan paham, simak uraian berikut ini.

1. Berdasarkan Cakupan Perlindungan

Jika pada asuransi TLO cakupan perlindungannya meliputi kerusakan lebih besar dari 75% nilai mobil, kehilangan, usia kendaraan maksimal 15 tahun, hingga layanan derek dari bengkel rekanan jika ada. 

Sedangkan asuransi All Risk tidak terbatas karena meliputi segala kerusakan termasuk kompensasi untuk kehilangan kendaraan karena pencurian hingga layanan pembaruan STNK.

2. Berdasarkan Jaminan Penggantian

Pada TLO, jaminan penggantian hanya bisa dilakukan jika kerusakan mencapai lebih dari 75 persen dari nilai kendaraan Anda dan kerugian akibat kerusakan atau kehilangan kendaraan. 

Agar Anda dapat melakukan klaim segala jenis kerusakan (ringan hingga berat dan kehilangan), dapat memilih asuransi All Risk.

3. Berdasarkan Premi

Jika dibandingkan dengan asuransi mobil All Risk, premi TLO terbilang cukup rendah.

Baik asuransi All Risk dan TLO, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda perlu teliti sebelum memutuskan untuk mengambil asuransi yang mana. Berikut penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan TLO dan All Risk

1. Asuransi TLO (Total Loss Only)

TLO merupakan asuransi yang menanggung biaya perbaikan kendaraan dengan kerusakan lebih dari 75 persen. Contohnya jika kendaraan Anda menabrak pagar pembatas jalan dan menyebabkan kerusakan di bagian bemper mobil, Anda tidak dapat melakukan klaim karena menggunakan asuransi TLO, sedangkan kerusakan yang Anda alami hanyalah kerusakan ringan. 

Namun, kamu dapat mengklaim asuransi saat setelah kejadian tersebut terjadi dengan asuransi All Risk (Comprehensive Coverage). Jika Anda mengalami kecelakaan dan menyebabkan kerusakan hingga 75%, Anda baru bisa melakukan klaim asuransi TLO.

Meskipun terlihat tidak dapat menanggung semuanya, namun ini merupakan salah satu kelebihan dari asuransi TLO yang berpengaruh pada pembayaran preminya. Premi asuransi TLO sangat murah yaitu sekitar di bawah satu persen per tahun, tergantung dari tahun mobil. 

Namun, TLO juga tidak terlepas dari kekurangannya, seperti klaim hanya dapat dilakukan jika ada kerusakan mencapai lebih dari 75% dan ketika klaim cair tidak bisa mendapatkan 100% karena terjadinya penurunan nilai jual.

2. Asuransi All Risk (Comprehensive Coverage)

Biasa disebut juga dengan Comprehensive Coverage atau segala risiko, artinya asuransi ini memberikan perlindungan secara keseluruhan, mulai dari kerusakan ringan, berat, bahkan kehilangan. 

Kelebihan dari asuransi All Risk ini yaitu mampu memberikan perlindungan pada mobil Anda secara menyeluruh atau total dari kecelakaan kecil sampai kecelakaan besar. Asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin dibuat repot saat mengajukan klaim asuransi. 

Di balik pemberian jaminan yang begitu fantastis, All Risk memiliki premi yang terbilang mahal. Penggunaanya cocok untuk menjamin mobil mewah.

Dapatkah Asuransi TLO dan All Risk Dikombinasikan?

Tidak menutup kemungkinan bahwa kedua asuransi ini dapat digabungkan sehingga Anda dapat menikmati benefit keduanya. 

Cara yang dapat Anda lakukan untuk menggabungkannya adalah dengan mendaftarkan kendaraan dengan asuransi All Risk di tahun pertama dan pada tahun berikutnya asuransikan mobil Anda dengan asuransi TLO. 

Manakah Asuransi Yang Terbaik?

Asuransi TLO menjadi asuransi yang paling direkomendasikan dibanding asuransi All Risk karena preminya yang murah sehingga Anda dapat menekan angka pengeluaran. 

Namun, kembali lagi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda adalah pemilik mobil antik dengan harga fantastis, asuransi yang cocok untuk mobil mewah Anda adalah asuransi All Risk.

Semua orang pasti ingin semuanya berjalan dengan baik-baik saja dan sesuai rencana, tapi tidak ada yang tahu apakah akan terjadi suatu musibah seperti kecelakaan, kebakaran, ataupun pencurian pada kendaraan Anda. 

Maka dari itu, untuk meminimalisir kerugian yang akan Anda alami, menggunakan asuransi adalah salah satu jalan terbaik.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan terkait kelebihan dan kekurangan TLO dan All Risk. Semoga Anda tidak bingung lagi harus memilih asuransi yang mana. Jangan sampai salah memilih karena dapat berpengaruh pada manfaat yang akan Anda peroleh nantinya. Untuk mendaftar asuransi mobil, Anda dapat mempercayai Garda Oto karena terbukti aman dan terbukti menjamin perlindungan yang riil.

Posting Komentar untuk "Pahami Kelebihan dan Kekurangan TLO dan All Risk"