Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Membuat Artikel Blog Yang Menarik Minat Pembaca

Memiliki blog dengan banyak pengunjung adalah impian hampir semua blogger. Dan untuk mencapai ini, butuh kerja keras serta kesabaran. Selain harus mengerti teknik SEO, hal terpenting yang patut dimiliki adalah pengetahuan membuat artikel blog yang menarik.

Mungkin semua orang bisa membuat artikel, namun tidak semua orang mampu membuat artikel tersebut menarik, mengundang rasa ingin tahu dan yang terpenting, memberikan manfaat.

Nah, pada artikel ini akan dibahas tips membuat artikel blog yang menarik minat pembaca. Meskipun Anda penulis pemula, jika mengikuti tips ini tidak menutup kemungkinan artikel Anda tidak kalah dengan penulis lainnya, sekalipun senior.

Ini Tips Membuat Artikel Yang Menarik

Sebelum memulai membuat artikel untuk blog, ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut ini, agar artikel yang akan Anda buat mampu menarik minat pembaca, memberikan manfaat dan syukur-syulur mau men-share artikel ke media sosial atau platform lain.

1. Pilih Format Judul Yang Menarik

Untuk lebih jelasnya, bayangkan jika Anda sedang mencari resep cara memasak tongseng kambing dan dihadapkan dengan dua artikel berjudul:

  • Cara Memasak Tongseng Kambing
  • Resep MemasakTongseng Kambing Tanpa Prengus Dalam 5 Menit

Kira-kira judul mana yang akan Anda pilih? Pertama atau kedua?

Bisa dipastikan pasti kebanyakan akan memilih judul yang kedua, karena selain membahas cara memasak tongseng, calon pembaca seolah mendapatkan solusi lain yaitu masakan tanpa bau prengus dan dalam waktu yang singkat.

Oleh karena itu, judul adalah pintu awal yang mampu menarik minat pembaca dan juga meningkatkan trafik blog.

Dalam membuat judul, Anda bisa memilih satu diantara tiga metode. Yang pertama Usefull, yaitu menjelaskan manfaat kepada calon pembaca. Yang kedua Unique, menampilkan sudut pandang yang berbeda. Dan yang ketiga Urgency, yakni dengan memberikan kesan darurat atau mendesak dan penting.  

2. Penulisan Deskripsi Meta Yang Tepat

Deskripsi Meta adalah kalimat berisi ringkasan artikel yang ditulis yang akan ditampilkan pada halaman pencarian, setelah judul artikel.

Jadi, judul artikel dan meta diskripsi adalah faktor utama pengunjung untuk meng-klik artikel Anda.

Karena jumlahnya terbatas, maka pilihlah kata-kata yang tepat yang mampu menggambarkan isi dari artikel yang dibuat. Tentunya dengan tetap mencantumkan kata kunci utama pada deskripsi meta agar sesuai dengan kaidah SEO.

Sebagai catatan, panjang deskripsi meta adalah 130 karakter. Lebih dari itu, secara otomatis Google akan memotongnya.

3. Fokus Pada Paragraf Pertama

Kebanyakan orang akan memutuskan untuk melanjutkan terus membaca artikel atau tidak ketika membaca paragraph awal. 

Ketika orang merasa penasaran dan tertarik dengan isi pada paragraf pertama, maka mereka akan melanjutkan membaca artikel sampai selesai.

Namun ketika merasa tidak tertarik di awal paragraf, maka kecil kemungkinan mereka membaca artikel hingga selesai meskipun artikel Anda sebenarnya bermanfaat dan memberikan solusi buat mereka.

Oleh karena itu, usahakan untuk membuat paragraf Anda semenarik mungkin di awal paragraf. Bisa dengan menggunakan pertanyaan penting maupun dengan kalimat yang mengundang rasa penasaran pembaca.

4. Buat Paragraf Pendek

Paragraf yang terlalu panjang cenderung membuat pembaca bosan. Layaknya sebuah ruangan yang luas membutuhkan jendela untuk sirkulasi udara agar ruangan tetap segar.

Begitu pula dengan artikel, butuh paragraf yang tidak terlalu panjang untuk jeda para pembaca memahami ide yang terkandung dalam setiap paragraf. Tapi bisa dipelajari dulu tentang perbedaan artikel panjang dan artikel pendek.

Dengan membuat paragraf yang pendek-pendek, pembaca bisa menapaki dari paragraf satu ke paragraf lainnya hingga paragraf akhir dengan ringan.

Buatlah paragraf maksimal 3 – 4 baris 

5. Jaga Agar Tulisan Fokus Pada Topik Utama

Seringkali dalam menulis artikel muncul ide lain diluar tema yang sedang ditulis dan seolah penting untuk disampaikan kepada pembaca. Hal ini bisa membuat artikel jadi melenceng dari topik utama.

Oleh karena itu, jika memang perlu membahas ide sampingan, pastikan ide tersebut masih relevan dengan topik utama. Bahaslah dengan kalimat yang umum dan singkat dengan maksimal 2 – 3 paragraf. 

Jika harus detail ada baiknya membuat artikel tersendiri kemudian tautkan dengan artikel ini. Hal ini bisa membuat artikel tidak melenceng dari tema utama

6. Tambahkan Gambar Yang Relevan

Fungsi gambar dalam artikel sangatlah penting.

Selain menjadi aset bagi blog, sebuah gambar atau foto juga mampu membuat daya tarik pengunjung untuk tetap membaca sebuah artikel. Disamping itu, gambar bisa berfungsi memperjelas maksud dari sebuah artikel.

Gambar/foto juga berfungsi sebagai selingan di tengah paragraf. Bayangkan jika Anda membaca artikel dengan panjang 1000 kata lebih tanpa gambar satupun, tentu merasa jenuh dan letih membacanya.

Gunakanlah gambar/foto yang relevan dengan tema artikel. Jika memungkinkan, buatlah gambar/foto sendiri. Jangan mengambil gambar sembarangan dari browsing di Google. Selain kualitas gambar yang rendah, juga bisa terkena pelanggaran hak cipta.

Sebaiknya manfaatkanlah situs penyedia gambar gratis yang banyak di internet. Selain tanpa biaya, praktis dan berkualitas tinggi, Anda juga tidak khawatir melanggar hak cipta. 

7. Lakukan Editing

Hal terakhir supaya artikel blog tetap menarik minat pembaca, lakukanlah editing. 

Bacalah artikel secara seksama dari awal sampai akhir. Posisikan Anda sebagai pengunjung blog yang membaca artikel tersebut. Perbaikilah susunan kalimat yang kurang tepat, ganti kata kata yang kurang pas dan pastikan tidak ada salah ketik dalam setiap kata.

Jika semua dirasa sudah OK, maka artikel Anda siap untuk publish dan dibaca banyak orang.

Oh ya, editing tidak hanya berlaku bagi artikel baru yang akan terbit. Namun berlaku juga bagi artikel yang sudah terbit lama. Anda bisa menambahkan informasi terbaru maupun menghapus hal-hal yang sudah tidak sesuai lagi pada artikel yang lama.

Kesimpulan

Bagi sebuah blog, artikel memiliki peranan yang sangat penting dalam mendatangkan trafik maupun meningkatkan performa blog itu sendiri.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para blogger, khususnya para pemula untuk memiliki pengetahuan bagaimana cara membuat artikel yang mampu menarik minat para pembaca. Dengan demikian, secara bertahap trafik dan performa blog Anda semakin meningkat.

Sebaliknya, jika dalam menulis artikel dilakukan secara asal-asalan, jangan harap trafik blog akan meningkat, jadi kamu harus tahu bagaimana cara menulis artikel yang bagus

Bahkan hal ini akan menurunkan performa blog semakin menurun, karena pengunjung akan memutuskan untuk keluar dari blog ketika mendapati artikel yang kurang menarik. 

Ini akan berpengaruh pada tingginya bounce rate blog Anda. Dan bounce rate yang tinggi berpotensi menurunkan performa sebuah blog.

Setelah memahami tips cara membuat artikel yang menarik, Anda juga perlu memadukannya dengan ketrampilan SEO Anda, baik SEO on page maupun SEO off page. Dengan demikian, kemampuan bersaing blog pada mesin pencarian semakin tinggi.

Demikian artikel 7 Tips cara membuat Artikel Blog Yang Menarik Minat Pembaca, semoga dengan mengikuti tips-tips tersebut bisa menjadikan artikel-artikel blog Anda semakin banyak disukai, baik oleh para pengunjung blog maupun mesin pencari.

Semoga bermanfaat, terima kasih.



Ditulis oleh: Suparjo Elfaaza.com

Posting Komentar untuk "7 Tips Membuat Artikel Blog Yang Menarik Minat Pembaca"