5 Manfaat Sistem ERP untuk Inventaris Barang Perusahaan

1 komentar

 Assalamualaikum wr wb


Saat ini perusahaan berlomba-lomba untuk memajukan bisnisnya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi yang kompleks dan up to date.

Apalagi pendataan atau inventaris barang harus dipikirkan matang2. Hal ini dapat didukung dengan ERP software atau yang sering disebut ERP software.


Ini 5 Manfaat Sistem ERP Untuk Perusahaan Besar


Perusahaan kecil atau besar, memang membutuhkan sistem yang bagus seperti Software ERP.

1. Kolaborasi Lintas Departemen

Antar departemen membutuhkan koordinasi supaya komunikasi antar karyawan bisa tersampaikan. Umumnya komunikasi menggunakan internet seperti grup wa, grup telegram, dll. Tapi sejujurnya itu kurang efektif.

Akan lebih efektif bila menggunakan sistem ERP yang mampu mengkoordinasikan komunikasi antar karyawan dengan baik. Hanya dengan 1 aplikasi yang pantang trouble, maka komunikasi antar departemen bisa terjalin dengan baik.

2. Penjadwalan Lebih Rapi

Penjadwalan perlu dilakukan secara rapi untuk efisiensi kerja. Mulai dari penjadwalan kehadiran karyawan, distribusi barang, hingga pembuatan konten.

Daripada melakukan penjadwalan secara manual yang membutuhkan waktu lama dan cenderung tidak efektif, maka alangkah lebih baik menggunakan sistem yang sudah tersistematis dengan rapi. Di sinilah peran software ERP berada.

3. Alur Kerja Lebih Efektif

Salah satu enaknya menggunakan software ERP adalah alur kerja yang tersusun secara sistematis. Jadi pekerjaan bisa dicek berdasarkan hierarki, mulai dari supervisor, manajer, hingga direktur.

Dengan adanya alur kerja yang lebih sistematis, maka urusan pendistribusian pekerjaan akan berlangsung lebih cepat dan efektif.

4. Untuk Inventarisasi Data

Biasanya perusahaan besar punya big data yang harus dikelola secara rapi. Nggak hanya itu, banyak juga barang-barang perusahaan yang harus diinventarisasikan secara rapi juga.

Namun nggak mungkin kan kalau pendataannya manual. Bakalan capek banget. Untungnya ada aplikasi inventaris barang yang merupakan bagian dari sistem ERP.

5. Keamanan Data Lebih Terjamin

Kalau udah pakai sistem ERP, maka perusahaan nggak perlu khawatir mengenai keamanan data. Data dapat dikontrol secara langsung oleh admin dari perusahaan tersebut.

Misalnya, data hanya dapat diakses saat jam kerja. Jadi nggak akan ada lagi karyawan atau orang luar yang mencuri data secara sembarangan. Jadi jangan khawatirkan soal data yang dicuri karena semua sudah disinkronisasi dengan baik oleh sistem ERP.

Kesimpulan

Dengan adanya sistem ERP, maka kinerja perusahaan akan lebih sistematis dan beban kerja akan terasa lebih ringan. Tapi pastikan menggunakan sistem ERP yang bagus seperti Hashmicro.

Hingga saat ini, Hashmicro masih menjadi penyedia sistem ERP terbaik dan terpercaya di Indonesia. Jadi kamu 


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

1 komentar

  1. ERP itu sistem berbayar atau tidak, atau seperti open source Linux?

    ERP apakah sama dengan SAP?

    Di kantor saya pun pakai ERP, dan itu seperti program open source yang mana semuanya diutak-atik sendiri oleh tim IT sesuai kebutuhan operasional.

    Apakah ini ERP yang sama?

    BalasHapus

Posting Komentar