Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Untuk Pemula

1 komentar
Konten [Tampil]

Perkembangan dunia digital yang makin maju memberi kemudahan dalam berbagai macam aktivitas manusia, salah satunya adalah dalam hal jual beli. 

Kini, penjual bisa menjual barang dagangannya secara online dan pembeli dapat mencari barang dengan cepat dan simpel menggunakan gadget.

Hadirnya marketplace online seperti Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya berpengaruh besar dalam kegiatan jual beli saat ini. 

Selain memudahkan dalam prosesnya, marketplace online juga membuka kesempatan bagi penjual untuk memasarkan dagangannya yang menjangkau banyak orang sekaligus.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Oleh sebab itu, berjualan di toko online menjadi salah satu peluang yang patut dicoba sebagai penambah penghasilan. 

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips yang efektif untuk meningkatkan penjualan di Shopee.

1. Pastikan Terdaftar Gratis Onkir

Hal pertama dan yang terpenting adalah pastikan toko Anda sudah bergabung dengan fitur gratis onkir di Shopee. Pasalnya konsumen atau pembeli sering menghindari membeli produk di toko online jika ada biaya ongkirnya. 

Pembeli akan mencari toko mana yang menyediakan gratis ongkir untuk menghemat biaya belanja.

Mika barang yang dibeli memiliki rentang harga rendah seperti misal 50 ribu rupiah, sedangkan ongkirnya 20 ribu rupiah, tentu pembeli enggan membeli barang tersebut. 

Pembeli akan mencari penjual lain dengan barang yang harganya 50 ribu rupiah dan bisa gratis ongkir (0 rupiah).

2. Judul, Deskripsi, dan Foto Produk yang Jelas

Yang kedua, pastikan lapak barang yang Anda jual memiliki keterangan yang jelas mulai dari foto, deskripsi, hingga judul produk. 

Selain berpengaruh pada minat calon pembeli, aspek ini juga berpengaruh dalam hasil pencarian di Shopee. Jadi isi saja deskripsi penjualan secara lengkap, foto yang jujur, dan judul yang sesuai.

3. Tingkatkan Kualitas Layanan

Kualitas layanan yang penting untuk ditingkatkan adalah seberapa cepat dalam membalas chat dan seberapa cepat proses pengemasan dan pengantaran barang ke kurir. 

Tingkatkan aspek penting ini agar konsumen puas dan menyukai toko Anda di Shopee.

4. Pasang Harga Kompetitif

Berjualan online di Shopee tak mungkin bisa ramai jika kita memasang harga yang jauh lebih tinggi dari pedagang lain. 

Oleh sebab itu, harga harus disesuaikan dengan produk yang sama yang dijual orang lain. Usahakan pasang harga yang setara atau kompetitif untuk memperoleh kemungkinan dibeli konsumen.

5. Lakukan Promosi di Luar Shopee

Berikutnya, cara ampuh untuk meningkatkan penjualan di Shopee adalah dengan melakukan promosi di luar Shopee. 

Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram untuk menarik calon konsumen menuju ke link toko Shopee Anda.

6. Riset Kata Kunci Barang yang Banyak Dicari

Anda bisa menggunakan Google Trend untuk mencari kata kunci terkait barang apa yang banyak dicari konsumen di marketplace online. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset kecil-kecilan melalui pencarian langsung yang ada di Shopee. Perhatikan saja barang mana yang paling laris dan memiliki potensi yang baik untuk dijual.

Baca juga: 1, 2, dan 3 digit berapa dalam uang dan gaji

Kesimpulan

Sekian pembahasan kali ini tentang cara meningkatkan penjualan di Shopee untuk pemula. Semoga tips yang telah saya sampaikan di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda bersaing di marketplace online Shopee.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

1 komentar

  1. Terima kasih.

    Adawdot adalah situs yang mengumpulkan informasi seputar teknologi.

    BalasHapus

Posting Komentar