7 Tips Membeli Rumah Pertama di BSD

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Memiliki rumah, apalagi rumah pertama harus dipilih secara matang. Untuk teman-teman yang tinggal di wilayah BSD, kali ini Kak Ros punya tips khusus bila ingin membeli rumah di BSD.

Tak dapat dipungkiri bahwa membeli rumah pertama bisa menjadi pengalaman yang menarik, namun juga dapat menjadi sangat menantang. Saya juga memiliki pengalaman saat membeli rumah pertama.

Ini Tips Membeli Rumah di BSD

Ada perasaan khawatir, cemas campur aduk, dan butuh ketelitian tingkat tinggi untuk membeli rumah. Sebab rumah bukanlah barang yang murah untuk dibeli.

Maka dari itu, kamu juga harus memperhatikan tips-tips berikut ini bila hendak membeli rumah pertama:

1. Tentukan Anggaran yang Realistis

Tentukan anggaran yang realistis dan sesuai dengan penghasilan dan kondisi keuanganmu. Pastikan juga bahwa kamu memiliki cukup uang untuk membayar uang muka, biaya notaris, biaya penilaian, dan biaya lainnya yang mungkin muncul.

Jangan terlalu percaya dengan nominal uang yang disampaikan, sebab biasanya akan ada biaya lain yang tak tercover. Jadi siapkan dana lebih saat hendak membeli rumah.

2. Periksa Riwayat Kredit

Pastikan Riwayat kreditmu cukup baik dan dapat diterima oleh bank atau lender. Jika skor kredit rendah, maka pertimbangkan untuk meningkatkannya sebelum mengajukan pinjaman.

Untuk kamu yang sering terlambat membayar cicilan, maka jangan berharap lebih bila ingin membeli rumah dengan sistem cicilan atau KPR. Sebaiknya perbaiki dulu Riwayat kredit bila ingin membeli rumah di BSD dengan cara mencicil.

3. Lakukan Riset Mendalam

Teliti pasar rumah di daerah yang diminati dan cari tahu harga pasar saat ini. Hal ini dapat membantumu menentukan anggaran yang realistis dan memilih rumah yang tepat untukmu.

Ada banyak wilayah strategis di BSD yang bisa kamu jadikan tempat tinggal. Lakukan riset mendalam agar kamu tidak menyesal pada pilihan pertamamu saat membeli rumah di BSD.

4. Periksa Kondisi Rumah

Sebelum membeli, pastikan bahwa kondisi rumah baik dan tidak ada masalah besar seperti kerusakan struktural atau masalah dengan sistem listrik, air, atau gas.

Alangkah lebih baik kamu cek dulu setiap sudut rumah sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak. Sebab, tanda-tanda kerusakan yang terjadi harus kamu tanggung sendiri. Maka cermatlah saat cek kondisi rumah.

5. Pertimbangkan Lingkungan

Lingkungan di sekitar rumah juga sangat penting. Pastikan kamu nyaman dengan tetangga dan lingkungan sebelum memutuskan untuk membeli.

Cek apakah di sana tempatnya cukup bising, ramai, padat penduduk, dll. Apakah di sana sering terjadi banjir atau bahkan kurang air. Coba cek bagaimana kualitas airnya, udaranya, dan lainnya.

6. Jangan Terburu-buru

Belilah rumah pertamamu dengan hati-hati dan jangan terburu-buru. Jangan biarkan dirimu dipaksa untuk membeli rumah yang tidak cocok atau terburu-buru dalam proses transaksi.

Jangan heran bila membeli rumah membutuhkan waktu 6-12 bulan. Hal ini wajar, sebab rumah adalah aset dan investasi jangka panjang yang harus dipertimbangkan secara matang.

7. Jangan Takut Untuk Menawar

Jangan takut untuk menawar harga rumah yang lebih rendah dari harga yang diminta. Biasanya penjual memberikan harga lebih tinggi daripada yang di pasaran. Namun coba kamu nego harga seperti harga pasar dengan berbagai pertimbangan tertentu.

Kamu mungkin dapat menemukan rumah yang lebih murah atau mendapatkan kesepakatan yang lebih baik jika kamu menawar.

Kesimpulan

Nah, itulah 7 tips saat hendak membeli rumah pertama. Semoga tips-tips tersebut membantu ya, khususnya untuk kamu yang sedang mencari rumah di BSD.

Semoga berhasil!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar