Perencanaan Keuangan Rumah Tangga di Awal Tahun

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Dalam kehidupan berumah tangga tentu tidak lepas dari persoalan finansial. Oleh sebab itu, mengatur keuangan rumah tangga wajib dilakukan oleh pasangan suami-istri. Setiap keluarga perlu membuat perencanaan keuangan, terlebih ketika memasuki tahun yang baru. 

Mumpung masih awal tahun, ini saat yang tepat bagi Anda dan pasangan untuk duduk bersama membahas keuangan keluarga. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi keuangan rumah tangga, mulai dari kebutuhan wajib hingga pengeluaran-pengeluaran tambahan. 

Perencanaan keuangan awal tahun perlu dilakukan secara matang karena menjadi acuan bagi Anda dan pasangan menjalani kehidupan rumah tangga selama satu tahun ke depan. Anda bisa buka rekening online untuk memudahkan perencanaan keuangan keluarga. 

sumber gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/pasangan-muda-yang-bahagia-melakukan-pembelian-di-internet-bersama-sama-di-rumah-3767397/

Buka rekening online di era sekarang sangat mudah, cukup lewat mobile banking di smartphone Anda. Jadi Anda lebih hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu repot-repot lagi pergi ke kantor bank. 

Anda dan pasangan bisa membuat rekening khusus untuk keperluan keuangan keluarga. Dengan begitu keuangan rumah tangga Anda tidak akan bercampur dengan rekening lain dan lebih terkontrol. 

Tapi, jika ingin membuka lebih dari satu rekening, sebaiknya Anda mencari produk perbankan yang biaya adminnya rendah atau menawarkan bebas biaya admin. 

Anda dan pasangan akan merasakan banyak manfaat rekening online untuk pengelolaan keuangan rumah tangga. Anda perlu tahu tips perencanaan keuangan di awal tahun.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan adalah upaya untuk merealisasikan tujuan-tujuan yang sudah ditentukan, dengan cara membuat target dan mengelola keuangan secara terencana. Ketika membuat perencanaan keuangan, ada dua hal yang harus Anda perhatikan. 

Pertama, kemungkinan adanya inflasi atau terjadinya kenaikan harga terutama kebutuhan pokok. Yang kedua adalah waktu, semakin cepat Anda memulai perencanaan keuangan maka semakin cepat juga tujuan akan terwujud.

Selain dua hal di atas, ada beberapa hal yang penting Anda perhatikan ketika membuat rencana keuangan.

1. Kondisi Finansial

Banyaknya pendapatan tentunya memiliki pengaruh besar dalam rencana keuangan yang akan Anda buat. Anda perlu menghitung jumlah penghasilan keluarga Anda, baik itu yang diperoleh suami dan istri. 

Selain menghitung pemasukan, Anda juga perlu melihat pengeluaran keluarga Anda. Dengan mengetahui kondisi keuangan, Anda akan lebih mudah membuat rencana keuangan rumah tangga.

2. Rincian Anggaran yang Diperlukan

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah total anggaran yang diperlukan. Catat apa saja kebutuhan keluarga Anda dan berapa biayanya. Tidak hanya kebutuhan pokok, namun juga kebutuhan lainnya seperti biaya pendidikan anak, asuransi kesehatan, dan kebutuhan penunjang lainnya. 

Setelah mengetahui total pendapatan dan daftar kebutuhan keluarga, Anda perlu membuat alokasi dana secara terukur dan bijak. Anda juga perlu mengontrol pengeluaran supaya uang Anda tidak digunakan untuk hal yang konsumtif. Dengan begitu Anda bisa menyusun anggaran secara tepat dan terperinci. 

3. Hutang dan Cicilan

Hal terakhir yang tidak boleh Anda abaikan adalah hutang dan cicilan. Pastikan Anda memperhitungkan dua hal ini dalam perencanaan keuangan. Sebab adanya utang dan cicilan akan berpengaruh pada keadaan finansial keluarga Anda. Contohnya, pemasukan uang akan terpotong untuk melunasi hutang dan membayar cicilan.

Tips Atur Perencanaan Keuangan di Awal Tahun

Financial planning dibuat untuk memudahkan Anda mengatur keuangan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Perencanaan keuangan akan membantu Anda mengontrol setiap pemasukan dan pengeluaran. Itu sebabnya, awal tahun menjadi waktu yang pas untuk memulainya. 

Anda memiliki banyak waktu untuk memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan di awal tahun. Dengan perencanaan keuangan yang baik, Anda dan pasangan bisa merealisasikan sejumlah target di tahun ini. Berikut beberapa tips dalam melakukan perencanaan keuangan.

sumber gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-laptop-menjelajah-internet-4474030/

1. Buatlah Anggaran Bulanan

Agar penghasilan dan pengeluaran bulanan tetap balance, Anda perlu membuat anggaran yang diperlukan setiap bulannya. Anda perlu mencatat pengeluaran rutin, kemudian mengatur skala prioritas. 

Jadikan bulan pertama atau Januari sebagai acuan menyusun anggaran untuk bulan-bulan selanjutnya. Bahkan Anda bisa memperkirakannya dari awal tahun. Apabila nanti di tengah berjalannya waktu ada perubahan, Anda tinggal mengaturnya ulang. 

2. Gunakan Rumus Mengatur Keuangan

Tips lain yang perlu Anda terapkan dalam merencanakan keuangan rumah tangga adalah menggunakan rumus. Coba pakai rumus pembagian 40-30-20-10. 

Rinciannya yaitu 40 persen pemasukan untuk biaya kebutuhan pokok, 30 persen untuk membayar cicilan, 20 persen untuk investasi, dan 10 persen untuk self reward. Besaran nominalnya bisa Anda sesuaikan dengan kondisi finansial.

3. Buatlah Laporan Keuangan Harian

Usahakan Anda dan pasangan selalu mencatat setiap pengeluaran keluarga. Buatlah laporan keuangan setiap minggu atau per bulan. Laporan keuangan bisa menjadi evaluasi dan acuan mengontrol keuangan keluarga. 

Anda bisa mempertimbangkan apa saja pengeluaran yang tidak begitu penting dan yang perlu diprioritaskan.

4. Bijak Memakai Kartu Kredit

Zaman sekarang membeli sesuatu semakin mudah dengan adanya kartu kredit. Maka dari itu, kurang bijak dalam menggunakannya akan mempengaruhi keuangan Anda. Usahakan untuk menggunakan kartu kredit jika memang dibutuhkan.

5. Mulai investasi

Dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi, Anda bisa mendapatkan passive income. Anda bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan. 

Jika ingin aman, Anda bisa memulai dengan instrumen investasi yang menawarkan risiko rendah. Passive income dari hasil investasi akan meningkatkan keuangan keluarga Anda di masa mendatang. 

6. Konsisten Menabung

Bagaimanapun juga menabung adalah hal yang harus Anda lakukan. Uang yang tersimpan dalam tabungan akan menjadi dana cadangan yang berguna saat keadaan mendesak. 

Menabung membantu Anda memiliki dana darurat hingga target keuangan jangka panjang. Anda bisa buka rekening online untuk memudahkan kebutuhan menabung di era digital. 

Rekening Online PermataME 

Perencanaan keuangan rumah tangga merupakan tanggung jawab pasangan suami-istri. Anda dan pasangan bisa memanfaatkan rekening online untuk memudahkan mengontrol dan mengelola keuangan. Salah satu rekening online yang bisa Anda pilih adalah PermataME

PermataME adalah tabungan online dari PermataBank. Pembuatan rekening PermataME bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

Sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh produk tabungan ini, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai tanpa syarat di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, dan gratis transfer ke bank lain tanpa syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Cara membuka tabungan PermataME dan syaratnya cukup mudah, silakan baca lebih lengkap di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar