Perbedaan antara Sekolah Internasional dan Sekolah Lokal di Indonesia

Konten [Tampil]

Di sistem pendidikan Indonesia, terdapat dua jenis sekolah yaitu sekolah internasional dan lokal. Kedua jenis sekolah ini tentu saja memiliki perbedaannya masing-masing. 

Pada artikel ini akan dibahas perbedaan sekolah internasional dan sekolah nasional. Jadi, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Perbedaan Sekolah Internasional dan Lokal

Adapun perbedaan antara sekolah internasional dan sekolah lokal di Indonesia adalah sebagai berikut. 

1. Sistem Pembelajaran

Perbedaan antara kedua jenis sekolah ini pertama dari sistem pembelajarannya. Pada sistem pembelajaran sekolah lokal lebih berfokus pada teori sehingga minim praktik, sedangkan pada sistem sekolah internasional lebih banyak praktiknya. 

Dari segi mata pelajarannya pun, yang diajarkan pada sekolah internasional juga sama. Pada sekolah internasional terdiri dari bahasa Inggris, matematika, fisika, dan kimia, dan beberapa mata pelajaran lainnya. 

Sama halnya dengan sekolah lokal karena para siswa harus mempelajari lebih banyak mata pelajaran. Tidak hanya pelajaran inti tetapi juga ada pelajaran tambahan seperti pendidikan seni, ilmu sosial, keterampilan, dan sebagainya.

Perbedaan antara sekolah internasional dan sekolah lokal
sumber gambar: pexels.com

2. Fasilitas

Perbedaan antara sekolah internasional dan lokal selanjutnya yaitu dari segi fasilitasnya. Seperti yang diketahui sendiri bahwa biaya pendidikan di sekolah internasional sangat mahal. Ini tentunya sebanding dengan kualitas dan fasilitas yang didapatkan. 

Di sekolah internasional, sarana dan prasarana belajar akan disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan potensi siswa. Fasilitas yang tersedia misalnya alat olahraga yang memadai, kantin sehat, dan sebagainya. 

Tidak hanya itu, di sekolah internasional juga biasanya ada AC untuk meningkatkan kenyamanan selama siswa belajar. 

Berbeda halnya dengan sekolah lokal yang fasilitasnya akan bergantung pada pemerintah. Jadi untuk fasilitasnya biasanya kurang lengkap sehingga terkadang kegiatan pembelajaran masih seadanya saja. 

3. Bahasa

Namanya saja sekolah internasional, maka tentunya akan sangat berbeda dari segi bahasa dengan sekolah lokal. 

Biasanya sekolah bertaraf internasional akan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar utama pembelajarannya. Bahkan para siswa di sekolah internasional juga akan dituntut untuk berbicara bahasa Inggris di setiap harinya. 

Bahasa Indonesia di sekolah internasional biasanya akan menjadi bahasa kedua mereka. Sementara itu, di sekolah lokal biasanya akan sebaliknya. 

4. Tugas sekolah

Perbedaan antara sekolah internasional dan lokal juga bisa dilihat dari tugas sekolahnya. Biasanya sekolah internasional memberikan tugas yang berbeda dari sekolah biasanya. 

Sebagai contoh untuk pelajaran biologi, siswa di sekolah internasional akan ditugaskan untuk melakukan eksperimennya sendiri. Sementara itu, pada sekolah lokal biasanya tugasnya akan berhubungan dengan menjawab soal yang ada. 

sumber gambar: canva.com

5. Kurikulum

Kurikulum antara sekolah internasional berbeda dengan sekolah lokal.  Kebanyakan sekolah internasional akan menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) atau juga bisa disebut dengan International General Certificate of Secondary Education (IGCSE). 

Pada kurikulum IB, pelajaran akan dibagi menjadi higher dan standard level dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda antara keduanya. Tidak hanya itu, pada sistem ini, semua siswa minimal mempunyai 1 mata pelajaran IPA dan 1 mata pelajaran IPS.

Sementara itu, untuk sekolah lokal akan sesuai dengan kurikulum dari pemerintah. Kurikulum sekolah biasanya dirumuskan oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia yang bertujuan untuk membekali keterampilan, sikap, dan pengetahuan untuk siswa. Salah satu contoh kurikulum lokal adalah kurikulum merdeka belajar. 

6. Ujian

Dari segi ujian, kedua jenis sekolah ini juga berbeda. Pada sekolah internasional, selain ada ujian tengah semester dan ujian akhir, juga ada ujian resmi dari sekolah tersebut saat di kelas 12. Sementara itu, pada sekolah lokal biasanya ujiannya hanya ujian tengah semester dan ujian akhir semester. 

Tidak hanya itu, ujian resmi pada sekolah internasional yaitu ujian makalah yang harus dijawab secara essay. Sehingga ini tentunya akan melatih kemampuan anak dalam menulis dan berpendapat. 

Namun tidak hanya pada ujian resmi, di sekolah internasional setiap ujiannya tidak ada soal pilihan ganda. Berbeda halnya dengan sekolah lokal yang sebagian besar soal ujiannya adalah pilihan ganda. 

sumber gambar: canva.com

7. Tenaga Pendidik

Perbedaan terakhir antara sekolah internasional dengan sekolah lokal yaitu dari segi tenaga pendidiknya. Pada sekolah internasional akan menyediakan guru asing yang biasanya bertugas mengajar bahasa Inggris.

Berbeda halnya dengan sekolah lokal yang rata-rata semua gurunya dari masyarakat lokal. Walaupun ada pelajaran bahasa asing di sekolah lokal, kemungkinan besar gurunya pun berasal dari Indonesia. 

Tidak hanya itu, untuk guru di sekolah internasional juga dituntut untuk bisa berbahasa Inggris. Hal ini karena di sekitar lingkungan sekolah internasional memang harus menggunakan bahasa Inggris. 

Selain bahasa Inggris, ada juga sekolah internasional lainnya yang menyediakan guru untuk bahasa asing lainnya. Misalnya bahasa Jerman oleh guru dari Jerman dan sebagainya. 

Sudah Tahu Perbedaan Sekolah Internasional dan Lokal?

Nah setelah Anda mengetahui perbedaan antara sekolah internasional dan lokal tersebut, bisa tentukan sendiri untuk menyekolahkan anak dimana. Salah satu pilihan preschool terbaik di Indonesia yaitu German School Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek website ini.




Sumber:

  • https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/millennial/5-perbedaan-sekolah-internasional-dengan-nasional-1ppJTLHquJT 
  • https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/apa-perbedaan-sekolah-internasional-di-jakarta-dengan-sekolah-nasional/ 
  • https://www.universitas123.com/news/perbedaan-sekolah-internasional-dan-nasional-apa-saja 
  • https://cherishacademy.sch.id/id/perbedaan-sekolah-international-dengan-sekolah-biasa 


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar