Penggunaan CCTV Outdoor di cafe dengan Area Terbuka

Konten [Tampil]

Fungsi cafe kini tidak hanya sekedar menjual makanan atau minuman melainkan juga menjual suasana. Tidak heran jika banyak cafe berlomba menghadirkan berbagai konsep ruang terbuka yang menarik. 

Untuk memikat pengunjung tentunya hal ini sah saja namun perlu diperhatikan pula faktor keamanan.  Salah satunya dengan menyediakan fasilitas CCTV outdoor.

Bukan rahasia lagi jika di area terbuka rawan terjadi pencurian, perampokan dan penipuan. Untuk mencegah tindakan kriminal ini terjadi pemasangan smart camera CCTV mutlak dilakukan agar pengawasan bisa optimal dan property cafe tetap aman. 


8 Tips Pemasangan CCTV Outdoor di cafe dengan Area Terbuka

Memasang CCTV di luar berbeda dengan di dalam ruangan. Banyak hal yang harus menjadi pertimbangan agar hasilnya maksimal. CCTV untuk area terbuka umumnya membutuhkan jangkauan yang lebih jauh dan tingkat pencahayaan tinggi.  

Selain itu, lokasinya yang berada di luar ruangan beresiko mudah dicuri atau dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab. Nah, agar CCTV aman dan berfungsi optimal, ikuti tips-tips di bawah ini!

1. Pasang Kamera di Ketinggian yang Tepat

Tempatkan CCTV pada ketinggian yang pas agar sulit diraih oleh orang. Tinggi pemasangan kamera yang disarankan yaitu sekitar 2 hingga 3 meter dari objek pengawasan. 

Pemasangan kamera yang terlalu rendah akan mudah dicuri atau dirusak.  Namun jika terlampau tinggi pemasangannya, kualitas pandangan dan sensitivitas deteksi gerakan akan menurun, 

2. Pilih CCTV dengan Desain Anti Pencurian

Saat ini banyak produsen CCTV yang menawarkan desain anti-theft atau anti pencurian untuk meningkatkan keamanan produknya. Pilih yang pemasangannya menggunakan sekrup agar tidak mudah dijatuhkan.

Lengkapi dengan rantai baja untuk menghubungkan kamera dengan alas. Umumnya kamera nirkabel sudah dipersenjatai dengan alarm internal yang akan berbunyi secara otomatis apabila jika seseorang sengaja melepaskannya.

3. Pasang Kamera di Titik Tersembunyi

Meletakkan kamera CCTV outdoor di tempat tersembunyi akan meminimalisir resiko perusakan atau pencurian. Anda bisa menyembunyikannya di pipa PVC, semak-semak, sangkar burung atau di bawah atap. 

Di manapun itu, pastikan pandangan kamera tidak terhalang atau terganggu dengan benda di sekitarnya.  Selain menyembunyikan, Anda juga bisa menyamarkan atau mengkamuflase dengan menyelubungi kamera dengan kulit atau pembungkus yang serupa warna benda di sekitarnya.

4. Lindungi Kamera dengan Housing atau Sangkar

Kamera CCTV tipe outdoor biasanya sudah dilengkapi dengan housing yang berfungsi untuk melindungi kamera dari gangguan cuaca maupun perusakan. Anda juga dapat menambahkan sangkar jeruji yang dipasang mengelilingi kamera CCTV untuk menghindari pencurian.

5. Tambahkan CCTV Lain

Kamera CCTV utama mungkin saja bermasalah. Untuk berjaga-jaga hal tersebut terjadi, sebaiknya tambahkan kamera lain. Pasang kamera ekstra dengan posisi menyilang agar bisa saling mengawasi. 

Sehingga, jika ada orang asing yang berusaha merusak atau mengotak-atik salah satu kamera, Anda bisa melihatnya melalui rekaman kamera lainnya. 

Alternatif lainnya, Anda bisa memasang kamera palsu atau dummy CCTV. Tempatkan di posisi yang mencolok untuk mengecoh penjahat.

6. Rutin Mengecek Notifikasi

Perangkat CCTV terkoneksi dengan ponsel sehingga Anda akan mendapatkan notifikasi realtime apa yang sedang terjadi. Periksa secara rutin setiap notifikasi yang dikirim agar Anda mendeteksi jika ada aktivitas atau gerakan yang mencurigakan. 

7. Pilih CCTV Nirkabel

Untuk area luar sebaiknya menggunakan CCTV nirkabel atau wireless agar mudah disembunyikan dan tidak khawatir akan terputus kabelnya. 

Penggunaan CCTV outdoor berkabel, rawan di sabotase penjahat yang bisa saja menelusuri rangkaian kabel kemudian memutusnya. Jika kabel diputus maka sistem kamera pengawas tidak lagi berfungsi optimal.Tentunya hal ini akan berdampak pada keamanan yang tidak terlindungi lagi.

8. Gunakan Penyimpanan Via Cloud

CCTV menyediakan dua pilihan penyimpanan rekaman yaitu menggunakan memori Lokal dan Cloud. Penyimpanan lokal akan menyimpan hasil rekaman video di dalam kartu SD atau harddisk yang ada di rumah. 

Masalahnya, kartu SD ini mempunyai resiko dicuri bersamaan dengan kamera CCTV. Akibatnya Anda tidak bisa melihat bukti atau hasil rekaman.

Penyimpanan dengan menggunakan Cloud relatif lebih aman. Pasalnya rekaman dari kamera CCTV akan langsung terunggah langsung secara online. 

Sehingga kemungkinan rekaman hilang sangat kecil.  Keuntungan lainnya, semua rekaman dari waktu ke waktu akan tersimpan rapi tanpa khawatir tertimpa file yang baru. 

Anda pun dapat lebih leluasa mengaksesnya melalui gawai dengan membayar biaya bulanan.

Pilih Produk CCTV Outdoor Terbaik dari Hikvision AcuSense

Pengawasan area terbuka di cafĂ© memang penting untuk dilakukan. Tujuannya bukan hanya memberikan proteksi untuk cafe, namun juga memberikan pengamanan bagi para pengunjung dan karyawan. 

Nah untuk mendapatkan pengawasan terbaik pastikan Anda tidak salah memilih smart camera CCTV.


Tidak usah bingung memilih, Anda bisa mempercayakan produk CCTV dari Hikvision yang sudah menggunakan teknologi AcuSense. Teknologi baru ini memanfaatkan tambahan intelijen di kamera serta perekam video yang sempurna digunakan pada sistem keamanan. 

Hikvision AcuSense juga menawarkan berbagai keunggulan antara lain: 

  • Performa hasil rekamannya sangat responsif dan real time. 
  • Punya akurasi rekaman yang tinggi. 
  • Lebih efisien karena hasil rekaman dikelompokkan sesuai kategori.
  • Pemasangannya mudah, bahkan bisa dipasang sendiri. 

Bagi Anda pengusaha cafe yang memiliki area terbuka, CCTV outdoor dari Hikvision ini adalah solusi paling tepat untuk menjamin keamanan. Hasil pengawasannya detail, jernih dan bisa diandalkan.  

Kesimpulan

Teknologi AcuSense mampu menciptakan alarm yang akurat. Alarm palsu yang dipicu oleh hewan atau benda kecil bisa diminimalisir sehingga pengawasan menjadi lebih efektif. 

Anda juga akan mendapatkan peringatan auditori dan visual saat terjadi tindak kejahatan. Pengawasan area terbuka di cafe akan semakin mudah dan efisien dengan CCTV berbasis teknologi Hikvision AcuSense. 

Untuk info produk, selengkapnya cek di link berikut https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/acusense-products/


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar