5 Tips Memilih Asbes Kualitas Terbaik Harga Miring

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Saat ini memiliki hunian rumah seperti saran kewajiban. Nggak harus beli rumah secara cash, tapi bisa juga dengan mencicil, atau bahkan ada program rumah subsidi dari pemerintah. Tapi biasanya untuk rumah subsidi, bangunannya terbatas. Tapi tenang aja, toh harga-harga seperti harga pagar, harga asbes, dan lainnya masih tergolong terjangkau. 

Salah satu bahan bangunan yang dibutuhkan banget untuk menopang kelengkapan rumah subsidi adalah asbes. Terkadang bangunan rumah subsidi itu tidak tertutup penuh. Biasanya bagian belakang dan bagian depan, kita harus menambahkan genteng sendiri.

Tapi kalau genteng kan susah ya bila suatu hari harus bongkar pasang. Sebagai solusi, biasanya orang-orang menggunakan asbes. Apalagi harga asbes cukup terjangkau untuk orang-orang kelas menengah.

Namun jangan asal pilih asbes! Kamu harus benar-benar memperhatikan kualitas asbes agar aman digunakan dan bisa bertahan lama.

Ini 5 Tips Memilih Asbes Kualitas Terbaik Untuk Rumah Subsidi

Caranya gimana? Berikut ini sudah Kak Ros rangkum tips memilih asbes agar bisa berfungsi dalam jangka waktu panjang.

1. Pastikan Asbesnya Aman Digunakan

Pertama, pastikan bahwa asbes yang kamu pilih adalah asbes yang aman digunakan. Asbes yang bagus adalah asbes yang tidak mengandung serat berbahaya. 

Hal ini karena asbet serta telah terbukti dapat menjadi penyebab kanker paru-paru dan dapat mengganggu area pernapasan. Sebaiknya kamu memilih asbes dengan kadar serat yang rendah atau tidak mengandung serat sama sekali.

2. Pertimbangkan Jenis Asbes

Hingga saat ini ada 2 jenis asbes, yakni asbes serat dan asbes non serat. Nah, disarankan pilih asbes non serat karena cenderung lebih aman (tidak mengandung serat yang berbahaya).

Hal ini berbanding terbalik dengan asbes serta yang masih banyak digunakan oleh orang-orang. Nggak heran sih, karena asbes serat dinilai lebih tahan lama dan lebih kuat daripada asbes non serat.

3. Cari Tahu Faktor Kualitas dan Ketebalan Asbes

Kamu harus pandai-pandai mencari faktor yang menyebabkan asbes tersebut berkualitas termasuk ketebalannya. Tanyakan pada toko, apa bahan yang digunakan untuk membuat asbes ini sehingga bisa tebal seperti ini?

Namun jangan tiba-tiba memilih asbes yang paling tebal. Pastikan kamu menyesuaikan ketebalan asbes sesuai kebutuhan rumahmu. Asbes yang lebih tebal biasanya lebih tahan lama dan lebih kuat.

Jadi pastikan kamu memilih asbes dengan kualitas yang baik supaya dapat memastikan asbesnya akan tahan lama dan tidak mudah rusak. 

4. Pertimbangkan Harga

Harga asbes dapat bervariasi tergantung pada kualitas dan ketebalan asbes. Pastikan kamu memilih asbes yang sesuai dengan anggaran yang telah kamu tetapkan. Tapi usahakan jangan mengorbankan kualitas dan keselamatan hanya demi harga yang jauh lebih murah.

Kamu bisa membeli asbes di toko bangunan terdekat atau pun secara onlin. Kalau pun beli online, maka pastikan juga kamu beli di tempat terpercaya dan mereka siap mengantarkan asbesmu dengan packaging serapi mungkin sehingga aman saat kamu terima.

Apalagi kalau kamu beli secara online, kamu nggak perlu ragu membandingkan harga asbes saat itu juga. Soalnya kamu hanya perlu geser-geser jempol, lalu buka web atau marketplace lain. Lain halnya kalau kamu beli di toko offline, maka kamu akan kesulitan untuk membandingkan harga dan mendapatkan harga terbaik.

5. Gunakan Jasa Ahli Pemasangan Asbes

Pemasangan asbes itu gampang-gampang susah, tapi alangkah lebih baik bila kamu mempercayakan pemasangan asbes kepada orang yang sudah ahli. Ada pun untuk ukuran yang dibutuhkan, coba tanyakan kepada jasa ahli pemasangan asbes agar kamu benar-benar mendapatkan ukuran yang pas saat beli.

Soalnya bakalan eman-eman bila kamu membeli asbes lebih (lalu terbuang sia-sia), atau membeli asbes tapi ukurannya kurang (kan capek kalau harus balik ke toko lagi). Jadi, alangkah lebih baik bila kamu menggunakan jasa ahli untuk mengukur kebutuhan asbes sekaligus memasang asbes di rumah subsidimu.

Meski kamu menyerahkan pemasangan asbes pada jasa ahli tersebut, ada baiknya bila kamu tetap mendampingi atau memantau pemasangan asbes. Hal ini bertujuan agar pemasangan asbes terpasang di sudut yang presisi dengan benar dan aman digunakan untuk jangka panjang.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada 1 hal lagi sih yang bisa kamu perhatikan, yakni memeriksa sertifikasi dan rekomendasi penggunaan asbes dari badan otoritas terkait. Memang agak ribet, karena ini cocoknya untuk pembangunan gedung berskala besar yang butuh kepastian keamanan dan kekuatan bahan.

Tapi nggak ada salahnya kamu mencoba melakukan ini. Toh kamu juga yang untung karena bisa mendapatkan asbes dengan kualitas terbaik.

Nah, itulah 5 tips memilih asbes dengan kualitas terbaik tentunya dengan harga terjangkau. Pastikan kamu detail dan peduli saat memilih asbes. Sebab, kalau asbesnya jelek, khawatir rusak, lalu jatuh ke bawah, eh malah menimbulkan korban jiwa atau rusaknya harta benda.

Jadi alangkah lebih baik bila kamu benar-benar memperhatikan asbes yang kamu beli di toko, baik toko dekat rumahmu maupun toko online yang ada di aplikasi atau marketplace.

Semoga mendapatkan asbes dengan kualitas terbaik ya! Selamat menikmati proses membangun rumah!


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar