Ini 10 Cara Perbaiki Pintu yang Turun Paling Gampang

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Memperbaiki pintu yang turun agar kembali normal bisa menjadi kegiatan yang melelahkan dan memakan waktu cukup lama. Maka dari itu perlu Langkah atau cara perbaiki pintu yang turun secara praktis dan paling gampang.

Apalagi banyak orang awam yang nggak tahu ilmu pertukangan. Maka dari itu, kali ini sudah Kak Ros rangkum 10 langkah untuk memperbaiki pintu yang rusak sekaligus menghilangkan bunyi pintu rumah yang berdecit.

10 Cara Perbaiki Pintu yang Turun Paling Praktis!

Langsung saja kita bahas, cara-cara termudah untuk memperbaiki pintu yang turun tanpa disengaja. Lakukan secara berurutan ya!

1. Periksa Engsel

Engsel yang longgar atau rusak sering menjadi penyebab utama pintu yang turun. Coba periksa apakah engsel tertaut dengan baik di dinding atau bingkai pintu. 

Jika ada longgaran, perketat atau ganti sekrup tersebut dengan engsel. Jika engsel rusak, pertimbangkanlah untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Sesuaikan Engsel

Dalam beberapa kasus, pintu turun mendadak karena engsel tidak sejajar. Kamu dapat menggunakan obeng untuk menyesuaikan engsel dan mengatur posisi pintu dengan hati-hati. Pastikan engsel sejajar dan pintu dapat bergerak dengan lancar.

3. Ganti Sekrup 

Jika pintu terus turun meskipun engsel dalam kondisi baik, cobalah periksa sekrup yang mengikat engsel ke bingkai pintu atau dinding. Jika ada yang rusak atau longgar, gantilah dengan yang lebih panjang atau lebih kuat untuk memperkuat keamanan engsel.

4. Pasang Shims Stainless Steel

Jika pintu turun pada satu sisi saja, kamu dapat memasang shim di bawah engsel di sisi yang lebih rendah. Shims adalah bahan stainless steel tipis yang dapat membantu menstabilkan pintu dengan menyediakan dukungan tambahan. Setelah memasang shims, periksa apakah pintu sudah kembali sejajar.

5. Periksa Gording (Balok Penyangga)

Pintu yang turun juga bisa disebabkan oleh gording (balok penyangga) yang melemah atau patah di atas pintu. Periksa apakah gording masih kokoh dan tidak ada kerusakan yang terlihat. 

Jika ada kerusakan, mungkin kamu perlu memanggil seorang tukang yang profesional untuk memperbaikinya. Namun akan lebih enak lagi bila kamu mengganti pintu rumahmu dengan pintu desain terbaik dari Citra Kayon

6. Lepaskan Bagian Pintu yang Berat

Apabila di pintu terdapat bagian-bagian atau unsur-unsur yang berat, maka bisa menyebabkan pintu turun. Jika pintu memiliki panel kaca atau bahan berat lainnya, coba lepaskan panel tersebut sementara untuk mengurangi beban pintu. Setelah itu, periksa apakah pintu sudah kembali sejajar.

7. Periksa Lantai

Pintu yang turun juga bisa terjadi karena ketidakrataan lantai. Periksa apakah lantai di bawah pintu datar atau tidak. Jika ada ketidakrataan, mungkin kamu perlu menggunakan lapisan pelapis lantai atau menyesuaikan permukaan lantai untuk menciptakan kondisi yang lebih sejajar.

8. Pasang Weatherstripping Baru

Weatherstripping adalah segel yang dipasang di sekitar bingkai pintu untuk mencegah kebocoran udara dan air. Jika weatherstripping sudah aus atau rusak, itu bisa menyebabkan pintu turun. Gantilah weatherstripping yang rusak dengan yang baru untuk memperbaiki masalah ini.

9. Pastikan Bingkai Pintu Sejajar 

Periksa apakah bingkai pintu sejajar dengan dinding. Jika bingkai pintu miring atau tidak sejajar, mungkin kamu perlu mengatur ulang bingkai atau menggunakan bahan penyangga seperti shims untuk menciptakan kesejajaran yang optimal. Ini adalah salah satu cara menghilangkan bunyi pintu rumah yang paling mudah.

10. Panggil Tukang Profesional 

Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas tapi pintu masih tetap turun, mungkin ada masalah yang lebih kompleks yang memerlukan perhatian profesional. 

Seorang tukang kayu atau ahli pintu dan jendela dapat membantu memeriksa pintu secara menyeluruh, mengidentifikasi masalah yang mendasarinya, dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Kesimpulan

Saat memperbaiki pintu yang turun, penting untuk meluangkan waktu dan melakukan pemeriksaan yang teliti. Dengan mengikuti langkah-langkah perbaikan di atas, InsyaAllah kamu dapat mengembalikan pintu ke kondisi normalnya dan menghindari masalah lebih lanjut. 

Jika kamu nggak yakin atau merasa kurang nyaman untuk melakukan perbaikan sendiri, akan lebih baik bila meminta bantuan profesional yang berpengalaman untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar