Tips Memilih dan Daftar Rekomendasi Notebook Siswa Terbaik

Konten [Tampil]

Rekomendasi Notebook Siswa - Notebook atau bagi orang-orang familiar menyebutnya sebagai laptop, merupakan perangkat komputer yang dapat dibawa ke mana saja. 

Mungkin bagi anda sudah tahu apa itu laptop, namun pada perkembangannya banyak sekali istilah-istilah perangkat yang satu ini seperti notebook, netbook, chromebook, ultrabook dan lainnya.

Nah karena kali ini kami akan membahas tentang rekomendasi notebook siswa. Maka akan kami jelaskan sebelum anda membeli perangkat komputer satu ini agar lebih tahu dan lebih teliti nantinya dalam membeli. 

Selain itu akan kami sajikan juga harga kisaran atau rata rata di seluruh toko online. Langsung saja kita ulas bersama.

Tips Penting Dalam Memilih dan Rekomendasi Notebook Murah Terbaik

Notebook pada dasarnya tidak jauh beda dengan laptop, tapi yang perlu anda tahu sebelum membeli notebook siswa yang ada di pasaran dan toko online. Terdapat perbedaan spesifik dari kedua jenis perangkat ini seperti:

  • Ukuran
  • Ketebalan dan Berat
  • Kinerja
  • Kualitas Gambar
  • Sistem Pendingin

Akan kami jelaskan lebih detail tentang perbedaan dibawah ini, lalu kami akan bahas notebook apa saja yang dapat anda pilih.

 Apa Saja Perbedaan Notebook dan Laptop

Seperti yang kita bahas dari rangkuman diatas, berikut adalah beberapa perbedaan spesifik dari kedua jenis perangkat komputer ini.

1. Ukuran

Hal pertama yang membedakan laptop dengan laptop adalah kedua ukurannya. Untuk laptop lebih besar dari notebook. Ukuran layar laptop rata-rata sekitar diatas 14-18 inci, sedangkan ukuran layar notebook rata-rata yang bisa mulai dari 7-14 inci.

2. Ketebalan dan Bobot

Selain ukuran layar yang berbeda, perbedaan antara laptop selanjutnya dengan notebook adalah pada ketebalannya. Ketebalan rata-rata laptop adalah 1,5 hingga 2 inci, dan ketebalan notebook yang bisa berkisar 0,5 hingga 1 inci tapi tergantung dari pabrikan.

Perbedaan ketebalan inilah yang membuat bobot notebook jadi ringan dan berkisar antara kurang dari 1.8 kilogram, dan bobot laptop bisa jadi lebih berat dari itu.

3. Kinerja

Tentu saja dalam hal kinerja, laptop lebih unggul dan bisa dilihat dari ukurannya karena pada dasarnya menggantikan peran PC yang memiliki segudang spesifikasi. 

Lain hal dengan notebook yang tidak bisa menggantikan peran PC, karena lebih mengutamakan ke pembawaan yang mudah dan praktis. Jadi Dengan mengetahui ini harga bisa jadi lebih murah tergantung dari kelengkapan spesifikasi yang ditawarkan dan nama brandnya.

4. Kualitas Gambar

Jika Anda membandingkan kualitas gambar dan kualitas grafis, maka laptop lebih baik daripada notebook karena didukung dengan graphic card dan layar yang lebih jelas dan besar. Alhasil, laptop bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan  yang mengutamakan desain grafis.

Notebook bisa juga digunakan untuk pekerjaan grafis, tapi hasil tidak semaksimal menggunakan laptop tergantung dari spesifikasi. 

Meskipun demikian, banyak juga produsen notebook yang saat ini mengembangkan notebook dengan spesifikasi yang bisa menyaingi laptop tapi dengan harga yang tidak murah juga.

5. Sistem Pendingin

Sistem pendingin yang dimiliki laptop dan notebook juga berbeda di sini. Laptop yang berukuran lebih besar tentunya memiliki sistem pendingin tersendiri. Sedangkan notebook belum tentu memiliki kipas. 

Walaupun demikian,  sekarang sudah banyak produsen notebook yang menyelipkan sistem pendingin kedalam notebook mereka karena kebutuhan. Meski kinerjanya tidak sebesar laptop.

Diatas adalah beberapa perbedaan spesifik, semakin mahal maka semakin tinggi spesifikasi yang didapat. Tapi tentu saja ada beberapa merek yang menjual dan mengklasifikasikan laptop mereka sebagai notebook. Tapi pada dasarnya tidak banyak perbedaan mendasar karena fungsi yang ditawarkan sama.

Nah bagi anda yang sudah penasaran dengan notebook apa saja yang cocok untuk siswa sekolah, dibawah ini adalah beberapa rekomendasi terbaik yang dapat anda pilih dengan harga yang sesuai dengan spesifikasi dan brandnya.

Rekomendasi Notebook Siswa Murah Terbaik

Bagi anda yang sudah tidak sabar, kami langsung saja sajikan kepada anda beberapa notebook terbaik yang cocok untuk siswa sekolah.

1. Lenovo Ideapad 1 11 N4020

Yang pertama ada Lenovo IdeaPad 1 11 N4020. Dengan layar 11 inci dengan resolusi HD, Anda bisa mendapatkan pengalaman menonton yang luar biasa berkat panel kiri dan kanan yang tipis. 

Selain itu, pengguna akan dimanjakan dengan bobotnya yang ringan hanya 1,2 kg. Masukkan ke dalam tas dan bawa bersama Anda, tidak ada masalah.

Tak perlu dikatakan lagi, kualitas kedua speakernya menggunakan pengaturan Dolby Audio, sehingga menghasilkan suara berkualitas saat menonton film atau mendengarkan musik.

Notebook ini dibanderol dengan harga sekitar :  4.1 Juta Rupiah.

2. ASUS E203MAH N4000

Yang selanjutnya ada dari pabrikan ASUS yaitu ASUS E203MAH N4000. Ukuran layar sendiri sekitar 11 inci dengan kelebihan bodi ramping dan mendukung mobilitas anda dengan berat sekitar 980 gram saja.

Build quality yang baik juga mendukung engsel Notebook ini tidak mudah patah meskipun dihidupkan dan dimatikan hingga 20.000 siklus pemakaian. Jika ingin berbagi konten di layar dengan teman atau kolega, engselnya bisa dibuka hingga 180 derajat.

Menggunakan Chipset Intel Celeron N4000 dual core pada Notebook ini tidak mendukung performa yang terlalu keras. Paling tidak, Anda masih bisa dengan mudah melakukan navigasi atau aktivitas lainnya. 

Notebook ini memiliki base clock 1,1 GHz dengan dukungan turbo clock hingga 2,6 GHz. Di sisi lain, RAM yang tersedia hanya 2GB.

Notebook ini dibanderol dengan harga sekitar : 4.3 Juta Rupiah.

3. Dell Inspiron 14 Celeron 3473

Jika Anda merasa notebook 11 inci terlalu kecil, Anda juga dapat memilih netbook dengan layar lebih besar seperti Dell Inspiron 14 Celeron 3473. Seperti Dell Inspiron, yang menampilkan 14 inci dalam HD. Berat sekitar 1.8 kilogram, masih tergolong ringan untuk ukuran notebook.

Dengan ukuran layar yang lebih besar, pengguna dapat merasakan pengalaman immersion yang lebih baik saat melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, koneksi pada notebook ini cukup lengkap karena menyediakan port HDMI, slot card reader dan juga port RJ45 yang terhubung ke modem LAN melalui kabel.

Notebook ini dibanderol dengan harga sekitar : 4.4 Juta Rupiah.

4. Dell Inspiron 11-3162

Yang terakhir didaftar ini ada Dell Inspiron 11-3162 Yang membuat Notebook ini hebat adalah elemen desainnya, terutama keyboard yang mudah digunakan hingga resolusi layar 14 inci. Melihat pesona dapurnya, ternyata dapurnya juga cukup bagus, dengan pilihan RAM 2 dan 4 GB, maka prosesor Celeron Dual Core akan mempermudah aktivitas Anda.

Notebook ini dibanderol dengan harga sekitar : 3 Juta Rupiah.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah anda sudah merasa yakin untuk membeli notebook? Sudah kami sajikan perbedaan antara laptop biasa dengan notebook, dan untuk rekomendasi notebook untuk siswa. 

Memang ada diantaranya yang berbeda dari ciri-ciri yang tidak seperti notebook, karena didasar pabrikan dan tahun pembuatan.

Semoga informasi dari ulasan diatas dapat bermanfaat untuk anda yang ingin memilih notebook terbaik untuk anda. Selamat mencoba.


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar