Sewa Kantor vs Coworking Space, Lebih Cocok Mana untuk Operasional Bisnis?

Mungkin sebagian dari Anda ada yang masih bingung lebih baik menyewa gedung kantor atau coworking space untuk operasional bisnis. Anda bisa sewa kantor Pasar Minggu apabila membutuhkan kantor yang berada di area Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Antara sewa kantor dan coworking space, sebenarnya hampir mirip. Hanya saja ada perbedaan tersendiri dari segi fungsi dan aktivitas yang dilakukan. Maka dari itu, kali ini akan direkomendasikan beberapa perbedaan dasar antara sewa kantor dengan coworking space.

Sewa Kantor vs Coworking Space

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu coworking space. Coworking space ialah ruang kerja yang digunakan bersama dan tidak hanya 1 bisnis saja yang bisa menggunakan coworking space.

Coworking space memiliki kesan yang lebih modern dan anak muda friendly. Biasanya, fasilitas yang didapatkan adalah fasilitas dasar seperti meja, kursi, stop kontak, dan ruang rapat yang digunakan secara bergantian.

Di sisi lain, sewa kantor ialah metode penyewaan gedung kantor yang mana Anda bisa mendapatkan ruang kerja secara profesional. Sewa kantor lebih cocok untuk aktivitas kantor yang berlangsung secara terus menerus setiap harinya.

Sewa kantor adalah cara lama yang menjadi pilihan. Selain itu, sewa kantor bersifat lebih private dibanding coworking space yang bisa digunakan oleh lebih dari 1 bisnis/perusahaan.

Kontrak sewa kantor umumnya disetujui dalam jangka waktu yang panjang, misalnya bulanan atau tahunan. Sebab, dibutuhkan secara khusus untuk bisnis, maka biasanya para pengusaha akan menyewa beberapa lantai atau bahkan satu gedung sekaligus.

Perbedaan Sewa Kantor vs Coworking Space

Sewa kantor dan sewa coworking space tentu memiliki perbedaan tersendiri. Berikut ini merupakan beberapa perbedaan dari keduanya.

1. Kebutuhan Fleksibilitas

Di zaman modern ini, banyak profesi yang memiliki jam kerja lebih fleksibel. Namun, jam kerja tersebut tetap masih efektif dan belum ditinggalkan. Apabila Anda memiliki perusahaan/bisnis dengan jam kerja fleksibel, memilih coworking space adalah yang terbaik.

Di sisi lain, jika perusahaan Anda tidak memiliki jam kerja dengan fleksibilitas tinggi, sewa kantor adalah pilihan yang lebih tepat sebab bisa memberikan akses dan tingkat keamanan yang lebih baik.

2. Ukuran Perusahaan

Perusahaan maupun bisnis yang masih berskala kecil hingga menengah, umumnya belum mempunyai modal yang banyak untuk menyewa gedung kantor. Maka dari itu, coworking space adalah pilihan yang tepat untuk disewa bagi pemilik usaha yang masih merintis.

Sementara itu, jika perusahaan tersebut sudah menjadi perusahaan besar, sewa gedung kantor adalah yang terbaik. Sebab, segala proses operasional kantor akan lebih termanajemen dengan baik dan memiliki akses khusus.

3. Karakteristik Pekerjaan

Sewa kantor dan coworking space mempunyai tipe dan karakteristik pekerjaan yang berbeda apabila digunakan. Untuk perusahaan yang mempunyai pekerjaan lebih fleksibel dan bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja, coworking space adalah pilihan yang tepat untuk alur kerja tersebut.

Berbeda halnya dengan menyewa gedung kantor yang memiliki sifat korporat dan memerlukan jam kerja efektif. Sewa kantor tentu akan lebih cocok untuk mendapat aktivitas bisnis yang lebih terstruktur dan termanajemen dengan baik.

4. Biaya Sewa

Biaya sewa menjadi salah satu faktor mengapa Anda harus memilih coworking space atau gedung kantor. Keduanya menawarkan biaya sewa yang berbeda-beda. Namun, umumnya biaya sewa coworking space jauh lebih terjangkau dibanding gedung kantor.

Walaupun begitu, fasilitas yang diberikan juga tentu jauh berbeda. Sewa kantor memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan memadai untuk menunjang aktivitas pekerjaan. Sementara itu, coworking space hanya tersedia beberapa fasilitas pendukung yang benar-benar hanya digunakan saja.

Fasilitas-fasilitas coworking space juga biasanya digunakan secara bersama dengan pihak lain yang bukan menjadi bagian dari perusahaan/bisnis Anda. Jadi, Anda harus bergantian menggunakannya dengan pihak lain. Walaupun begitu, fasilitasnya cukup lengkap dan memadai untuk memenuhi kebutuhan Anda.

5. Keamanan dan Privasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa sewa coworking space memiliki tingkat keamanan yang kurang memadai. Keberadaan orang asing yang bukan menjadi bagian dari bisnis masih menjadi risiko, karena berada di area tempat Anda bekerja.

Sementara itu, kantor tradisional biasanya menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik dan control akses yang lebih terjaga. Tidak hanya itu, bahkan terdapat ruang kantor pribadi yang memberikan ruang akses dan tingkat privasi yang lebih tinggi.

Tak heran, ada perusahaan yang memilih sewa kantor dengan tingkat keamanan tinggi seperti lift yang hanya bisa digunakan dengan ID Card pegawai, atau pintu yang hanya bisa dibuka oleh orang yang berwenang.

Kesimpulan

Itu dia penjelasan mengenai sewa kantor vs coworking space. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu ruangan yang bisa digunakan untuk bekerja. Namun, keduanya mempunyai perbedaan tersendiri.

Bagi Anda yang tertarik untuk menyewa kantor di area Jakarta, Bekasi, atau Depok, Anda bisa membuka website SewaKantorCBD. Melalui SewaKantorCBD, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi sewa kantor dengan lokasi yang strategis dan harga yang terjangkau.

Pilihan gedung-gedungnya lengkap, fasilitas lengkap, keamanan terjamin, dan tentu harganya yang terjangkau. Pastikan Anda memilih kantor yang tepat dengan fasilitas penunjang yang memadai agar pekerjaan operasional bisnis Anda dapat berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu saja, bahkan Anda bisa melakukan lebih banyak hal dengan nyaman dan aman jika memilih untuk menyewa kantor. Jadi, jangan ragu untuk segera sewa kantor untuk perusahaan/bisnis Anda di SewaKantorCBD.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar