7 Tips Jualan Online yang Laku Tiap Hari

12 komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Jualan itu paling enak kalau menjual barang-barang yang cepat habis sehingga perputaran uang terus berlangsung. Namun nyatanya, berjualan tak semudah itu. Ada banyak cara yang harus kamu lakukan agar barang-barang yang kamu jual bisa terjual setiap hari.

Apalagi saat ini persaingan di dunia marketing cukup pesat. Kamu nggak bisa bila hanya mengandalkan buka lapak atau membuka ruko, melainkan kamu harus berjualan secara online. Akan ada banyak manfaat bila kamu mulai melakukan jualan online.

Jualan Online di Lazada

7 Manfaat Jualan Online yang Akan Kamu Rasakan

Sekilas Kak Ros akan list manfaat yang akan kamu dapatkan apabila melebarkan sayap ke dunia maya, antara lain:

  1. Hemat biaya operasional
  2. Bisa menjual produk tanpa batas ruang dan waktu
  3. Jangkauan pasar yang lebih luas
  4. Kemudahan dalam proses transaksi
  5. Menghemat tenaga kerja
  6. Fleksibilitas saat mengelola bisnis
  7. Potensi pertumbuhan yang lebih cepat

Jadi, kamu akan mendulang cuan yang lebih banyak. Roda perekonomian berputar lebih cepat. Sudah banyak buktinya, orang yang sukses dari hasil berjualan online di dunia maya karena ide jualan yang out of the box.

Lantas, bagaimana caranya sukses jualan online yang dagangannya bisa laku tiap hari?

7 Tips Jualan Online yang Bisa Laku Tiap Hari

Dari sekian banyak cara, berikut sudah Kak Ros rangkum 7 cara jualan online untuk pemula yang barangnya cepat habis dan bisa laku setiap hari. Apa sajakah itu?

1. Pahami Target Pasar

Sebelum memulai jualan online, penting bagimu untuk memahami siapa target pasar. Apakah kamu menargetkan remaja, bocil, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau para karyawan kelas atas?

Dengan memahami karakteristik dan preferensi target pasar, maka kamu bisa menyesuaikan upaya pemesaran secara lebih efektif. Jadi kamu akan melakukan promosi yang tepat sasaran. Dengan ini, tenaga dan pikiranmu tidak akan sia-sia.

2. Menjual Barang yang Cepat Laku

Disarankan agar kamu menjual barang yang cepat laku atau cepat habis. Dengan ini, maka perputaran kas toko akan lebih cepat sehingga toko bisa berkembang lebih cepat.

Berikut ini adalah daftar ide jualan yang barangnya laku dijual setiap hari:

  • Makanan dan minuman (bisa cari yang proses jualnya mudah, seperti snack, jajan, minuman kemasan, dll)
  • Pakaian (usahakan agar selalu ikuti trend fashion karena lebih banyak orang yang mencari)
  • Alat Elektronik (mungkin lakunya cuma satuan, tapi laba yang didapatkan bisa bernilai tinggi)
  • Alat-Alat Rumah Tangga (kamu bisa memanfaatkan kendali emosi Ibu-Ibu yang suka belanja untuk kebutuhan rumah tangga)
  • Skincare dan Make Up (makin ke sini, perempuan semakin candu dan semangat untuk merawat kecantikan)
ide jualan

3. Berjualan di E-Commerce yang Ramah Penjual

Salah satu hal termudah bila kamu ingin berjualan secara online adalah unggah produk daganganmu ke e-commerce. Namun pastikan pilih e-commerce yang ramah penjual seperti Lazada, aplikasi jualan online yang memberikan biaya admin dengan harga yang miring.

Usai mengunggah produk ke e-commerce, hal yang perlu kamu lakukan adalah isi deskripsi sebaik-baiknya. Usahakan kamu memasukkan kata kunci utama dan kata kunci turunan, agar produkmu bisa ditemukan melalui kolom pencarian di e-commerce.

4. Gunakan Media Sosial Secara Maksimal

Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis. Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Tiktok jangan hanya dimanfaatkan sebagai sarana mendapatkan hiburan atau menjalin relasi, melainkan kamu bisa membangunnya untuk berjualan. 

Dengan media sosial, kamu bisa membangun brand, berinteraksi dengan pelanggan, dan memperluas jangkauan bisnis. Namun pastikan untuk menjaga konsistensi dan brand awareness saat membuat konten di media sosial. 

ide jualan online

5. Berikan Konten yang Bernilai

Konten yang diunggah di media sosial, menjadi sarana yang baik untuk melakukan promosi. Namun selain mempromosikan dagangan, alangkah lebih bila kamu membuat konten yang bernilai kepada para followers/customer. 

Misalnya, kamu dapat memberikan tips dan trik terkait produk atau bisnis yang sedang kamu bangun. Dengan memberikan informasi yang bermanfaat, maka kamu dapat membangun kepercayaan pelanggan dan memperluas basis pengikut Anda.

Jadi jangan heran apabila kontenmu FYP, lalu banyak orang yang datang ke tokomu. Kamu langsung banjir orderan!

6. Tawarkan Diskon dan Promosi

Diskon dan promosi selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Tidak harus mengorbankan keuntunganmu, atau menciderai harga yang telah ditetapkan. 

Kamu bisa mengakalinya dengan menaikkan harga barang berkali-kali lipat, lalu berikan diskon. Diskon yang diberikan adalah mendekati harga normal. Tentu saja, dari situ kamu sudah mendapatkan laba.

Sedikit tips ampuh: kamu bisa memberikan harga coret 2x agar orang-orang bisa mempertimbangkan untuk membeli di tempatmu, mumpung sedang turun harga 2x.

7. Berikan Pelayanan Terbaik

Melayani pelanggan secara baik adalah kunci untuk mempertahankan customer dan mendapatkan kepercayaan dari mereka. Tolong jaga baik-baik cara berbicara (baik offline maupun online), agar customer tetap terjalin silaturahminya denganmu.

Tanggapi pertanyaan atau keluhan para pelanggan dengan cepat dan profesional. Berikan pengalaman belanja online yang menyenangkan bagi para customer, dengan memastikan pengemasan yang baik dan pengiriman yang tepat waktu.

Yuk Jualan Online Sekarang Juga!

Ternyata gampang kan kalau mau buka bisnis online? Kamu hanya perlu mencari ide jualan online yang cocok dengan karaktermu, lalu amati target pasar. Kemudian, jualan deh!

Kalau kamu masih bingung harus jualan di e-commerce mana, Kak Ros saranin yang termudah, yaitu Lazada. Lazada adalah aplikasi jualan online atau platform e-commerce belanja online nomor 1 Indonesia. E-commerce ini ramah pemula loh, jadi enak banget buat kamu yang masih merintis.

cara jualan online

Cara Jualan di Lazada Untuk Pemula

Jadi, gimana? Tertarik untuk mendaftar jadi seller di Lazada? Mending langsung daftar aja sekarang soalnya gampang banget dan mumpung gratis! Berikut ini adalah cara yang harus kamu lakukan bila akan berjualan online di Lazada.

  1. Buka: Lazada.co.id
  2. Pilih: Menjadi Seller
  3. Pilih: Daftar Sekarang (untuk menjadi penjual di Lazada) atau Daftar Sebagai Lazada/Lazmall (untuk menjadi penjual di Lazmall)
  4. Masukkan nomor telepon, atau akun pembeli Lazada, Facebook, atau Gmail.
  5. Lengkapi informasi yang diminta dan selesaikan proses pendaftaran.

Gampang kan? Setelah itu kamu bisa langsung upload produkmu. Isi deskripsi secara lengkap. Tentukan harganya (jangan lupa diberi diskon ya, agar menggiurkan, hehe).

Tenang saja, kalau kamu masih dalam tahap belajar jualan online, kamu bisa baca-baca tips di situs Yuk Jualan online. Blog ini isinya cara jualan online, tips-tips bisnis online, ide jualan online, strategi melakukan bisnis online, hingga info update perkembangan pasar.

Berdasarkan pengalaman, saat Kak Ros usai baca artikel-artikel di sini, ada beberapa manfaat yang didapatkan antara lain:

  • Tahu ilmu dasar berjualan secara online
  • Paham strategi agar jualan laku terus
  • Upgrade info-info terkini untuk meningkatkan penjualan

Btw, Kak Ros saranin agar kamu baca artikel di Lazada tuh 1 artikel 1 hari. Jadi kamu akan upgrade ilmu terus, yang akan berdampak pada caramu berjualan online. Eits, jangan kaget ya kalau suatu hari bisnis rintisanmu akan menjadi besar…

aplikasi jualan online

Kesimpulan

Nah, itulah 7 tips jualan online untuk pemula biar bisa laku tiap hari. Selain kamu harus bergerilya melalui e-commerce dan media sosial, tentu saja pelayanan kepada customer menjadi hal yang utama.

Pastikan juga kamu memilih e-commerce yang tepat dan rajin upgrade ilmu di situs Yuk Jualan Online untuk mencapai mimpimu. Semoga berhasil ya!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

12 komentar

  1. Semoga sukses jualan online-nya.. Aamiin

    BalasHapus
  2. Bener banget nih kak situs Yuk Jualan Online ini ngebantu banget buat pebisnis pemula seperti saya ini. Karena di sana saya jadi tahu tentang berbagai tips mengenai jualan online

    BalasHapus
  3. Wah benar-benar bermanfaat nih kalau diterapkan dan konsisten.

    BalasHapus
  4. Makanan kering kayaknya boleh juga nih sebagai produk toko online. Fashion engga berani euy. Tapi gamis kalik bisa ya...Duh...bingung. Belajar dulu ah di Lazada. Cocok nih buat pebisnis pemula kayak aku...

    BalasHapus
  5. meski buka toko online sekarang mudah banget tapi memang tantangannya itu gimana biar dagangan kita laku ya, mbak makanya memang perlu strategi yang matang sih dalam jualan online ini

    BalasHapus
  6. Sudah pernah jualan online tapi belum pernah pake lazada sepertinya perlu dicoba agar tahu keunggulan lazada daripada market place lainnya

    BalasHapus
  7. Tidak hanya sekedar memfasilitasi untuk bisa berjualan online tapi diberikan juga tips berjualan ya, apalagi buat seller pemula sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  8. Dengan memberikan pelayanan terbaik, jualan online kita bisa dapat peluang untuk bisa laku tiap hari ya mbak

    BalasHapus
  9. Langkah persiapannya cukup banyak juga yaaa... tapi emang harus gitu loh, niatan berdagang secara online memang harus disertai dengan pengetahuan yang memadai. Bisa nih kita gunakan Lazada untuk memulai jualan online.

    BalasHapus
  10. Makanan dan minuman memang paling laku saat ini. Apalagi frozen food untuk persediaan makanan

    BalasHapus
  11. Ada keinginan sih buat jualan online, terutama barang yang dijual nilai resikonya lebih kecil gitu. Misal buku, pakaian atau produk craft bahan dari kayu kalau dijual online proses pengiriman gak ribet, apalagi di Lazada jualannya

    BalasHapus
  12. Kalau dilakukan setiap hari dengan telaten, pastinya jualan online bisa semakin menghasilkan yaa.. Apalagi pas banget sama hobi juga circle-nya.
    Yang bikin penasaran adalah gimana caranya agar jadi toko rekomendasi dari Lazada gitu yaa...?

    BalasHapus

Posting Komentar