Ingin Anak Masuk Sekolah Swasta? Persiapkan Biayanya!

Pendidikan adalah hal yang penting bagi setiap orang. Pasalnya, pendidikan dapat memberikan kesempatan untuk berkembang dan meraih cita-cita. Menempuh pendidikan bisa dilakukan secara formal melalui sekolah-sekolah. Salah satu pilihan sekolah yang dapat dipertimbangkan adalah sekolah swasta. 

Sekolah swasta memiliki beberapa keunggulan. Namun, biaya sekolah di sekolah swasta umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah negeri. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mempersiapkan biaya sekolah dengan baik misalnya dengan menyiapkan tabungan pendidikan untuk putra-putrinya. 

Lantas apa saja keunggulan dari sekolah swasta ini dan seperti apa tips dalam mempersiapkan biaya untuk menempuh pendidikan di sekolah swasta? 

Keunggulan Menempuh Pendidikan di Sekolah Swasta

Banyak pendapat yang menyatakan sekolah swasta memiliki beberapa keunggulan apabila dibandingkan sekolah negeri. Seperti yang tertera di laman www.youngontop.com keunggulan sekolah swasta tersebut antara lain adalah:

1. Kualitas pendidikan yang lebih tinggi 

Sekolah swasta umumnya memiliki standar akademik yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah negeri. Hal ini karena sekolah swasta memiliki otonomi yang lebih besar dalam menentukan kurikulum dan metode pengajaran. 

Selain itu, sekolah swasta juga memiliki sumber daya yang lebih besar, seperti fasilitas yang lebih lengkap dan guru yang lebih berkualitas. 

2. Fasilitas yang lebih lengkap

Umumnya, sekolah swasta memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan sekolah negeri. Hal ini karena sekolah swasta memiliki dana yang lebih besar untuk membangun dan mengembangkan fasilitas. Fasilitas yang lengkap ini dapat mendukung kegiatan belajar mengajar dan pengembangan diri para siswa.

3. Ukuran kelas yang lebih kecil

Biasanya, sekolah swasta memiliki ukuran kelas yang lebih kecil. Tentunya hal ini dapat memberikan perhatian yang lebih individual dari para guru kepada siswa-siswinya. Ukuran kelas yang kecil juga dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dan berpartisipasi dalam pembelajaran.

4. Lingkungan belajar yang lebih mendukung

Keunggulan berikutnya, sekolah swasta memiliki lingkungan belajar yang lebih mendukung. Kondisi ini disebabkan karena sekolah swasta memiliki lebih banyak ruang untuk kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan non-akademik lainnya. Lingkungan belajar yang mendukung dapat mendorong siswa untuk mengembangkan potensi diri secara optimal.

5. Kegiatan ekstrakurikuler yang lebih beragam

Kamu juga menemukan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah swasta. Banyaknya pilihan ekstrakurikuler ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler yang beragam juga dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa.

6. Persiapan yang Lebih Baik untuk Perguruan Tinggi

Beberapa sekolah swasta memiliki catatan penempatan yang lebih baik di perguruan tinggi prestisius. Mereka sering memiliki program persiapan yang lebih kuat untuk ujian masuk perguruan tinggi seperti SAT dan ACT.

Keunggulan-keunggulan inilah yang menjadi kelebihan dari sekolah swasta. Tak jarang keunggulan ini sekaligus menjadi kekuatan bagi sekolah swasta. Hal ini menyebabkan sekolah swasta menjadi tujuan favorit bagi siswa dan siswi berprestasi dan memiliki keuangan yang memadai.

Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan di Sekolah Swasta

Biaya pendidikan di sekolah swasta pada kenyataannya memang lebih tinggi jika kamu bandingkan dengan sekolah negeri. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mempersiapkan biaya sekolah dengan baik. 

Berikut adalah beberapa tips mempersiapkan biaya menempuh pendidikan di sekolah swasta:

1. Hitung biaya pendidikan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghitung biaya pendidikan yang dibutuhkan. Biaya pendidikan terdiri dari biaya masuk, biaya SPP, biaya buku dan perlengkapan sekolah, serta biaya tambahan lainnya. Orang tua dapat menanyakan biaya pendidikan langsung kepada pihak sekolah. 

2. Buat anggaran

Setelah mengetahui biaya pendidikan yang dibutuhkan, sebagai orang tua kamu perlu membuat anggaran untuk biaya sekolah tersebut. Anggaran ini dapat membantu orang tua untuk melacak pengeluaran dan memastikan bahwa dana pendidikan cukup untuk memenuhi kebutuhan.

3. Mulailah menabung sejak dini

Supaya tak mengalami kesulitan biaya, orang tua perlu memulai menabung sejak dini untuk mempersiapkan biaya sekolah. Semakin lama orang tua menabung, maka dana yang terkumpul akan bertambah. 

Ada berbagai cara untuk menabung, seperti menabung di bank, membeli produk investasi, atau membuka rekening tabungan pendidikan.

Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika ingin anak masuk ke sekolah swasta yang notabene sangat memerlukan banyak biaya. Oleh karena itu, usahakan untuk mulai membuka simpanan dari sekarang. 

Bila perlu cari simpanan dengan dengan bunga tabungan adalah keuntungan dengan persentase yang cukup tinggi. Supaya tak mengalami kesulitan biaya ketika anak sudah harus memulai pendidikan di sekolah swasta pilihannya. 

Bank Digital, Pilihan Tabungan Paling Tepat untuk Masuk Sekolah Swasta

Sejatinya, mau bersekolah di mana pun pastinya membutuhkan biaya. Namun biaya tersebut ada yang murah dan terjangkau serta ada pula yang mahal. Khusus untuk sekolah swasta, rata-rata memang semuanya mahal sebab sekolah ini didukung oleh fasilitas terbaik. 

Apabila kamu berencana memasukkan anak bersekolah di swasta maka kamu harus memiliki tabungan atau simpanan pendidikan dari sekarang. Pilihlah jenis layanan simpanan yang terbaik dan mudah untuk kamu akses. Misalnya seperti tabungan maxi dari digibank by DBS. 

Dalam layanan ini, ada berbagai kelebihan yang bisa kamu nikmati diantaranya adalah bunga tabungan. Bunga tabungan adalah keuntungan yang diberikan oleh pihak bank dengan tingkat yang beragam. 

Adapun beberapa keuntungan lainnya dari digibank by DBS adalah:

  • Buka Rekening proses 100% digital, verifikasi dengan fitur face biometric, cukup siapkan e-KTP & Selfie
  • Tabungan bunga tinggi s.d. 7% per tahun (S&K Berlaku)
  • Fleksibel, bisa ditarik kapan pun tanpa biaya
  • Atur keuangan lebih rapi sampai dengan 20 Dompet.

Dari beberapa kelebihan di atas, bank digital dari digibank by DBS merupakan pilihan yang paling tepat untuk kamu manfaatkan sebagai solusi pengelolaan dana pendidikan. Terutama jika kamu ingin menabung dalam rangka persiapan untuk membiayai pendidikan di sekolah swasta.

Tanpa minimal saldo, tak perlu repot datang ke cabang, tidak perlu juga melengkapi beberapa dokumen berkas yang bikin pusing, kamu sudah bisa kelola tabungan dana pendidikan di sekolah swasta melalui aplikasi digibank by DBS saja. 

Jadi tunggu apalagi, segera buka tabungan melalui digibank by DBS ya, untuk informasi lengkapnya, langsung saja cek di sini

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar