Cara Menjadi PNS Farmasi yang Peluangnya Besar

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Saat ini, menjadi PNS adalah status yang masih diimpi-impikan oleh banyak orang, apalagi di bidang farmasi. Besar sekali peluang untuk menjadi PNS di bidang farmasi, asalkan tahu caranya.

Lulusan farmasi memiliki tempatnya sendiri untuk menjadi PNS. Alumni S1 Farmasi yang lolos CPNS akan mendapatkan jabatan fungsional pengawas farmasi dan makanan atau sebagai administrator kesehatan di berbagai instansi.

5 Cara Agar Lulusan Farmasi Bisa Jadi PNS

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa membuat lulusan farmasi menjadi ASN atau abdi negara. Dari sekian banyak cara, berikut ini sudah kami rangkum 5 cara yang paling ampuh dan punya peluang besar:

1. Selesaikan Pendidikan 

Kalau kamu memang berniat terjun ke dunia farmasi sebagai abdi negara, maka kamu harus melakukan langkah awal terlebih dahulu, yaitu kuliah di jurusan farmasi. Pastikan kamu menyelesaikan perkuliahanmu hingga wisuda dan mendapakan gelar S.Farm atau Sarjana Farmasi.

2. Ikut Kuliah Profesi Apoteker

Selanjutnya, kamu harus melanjutkan ke pendidikan profesi. Isinya adalah belajar dan praktek kerja di lapangan. Setelahnya, kamu akan ikut UKAI (Uji Kompetensi Apoteker Indonesia), yaitu ujian kelulusan untuk menjadi apoteker, hingga pada akhirnya kamu berhasil mendapatkan gelar apoteker.

3. Daftar CPNS

Kalau sudah selesai kuliah profesi, maka kamu sudah punya bekal untuk mendaftar CPNS. Biasanya tes CPNS menetapkan syarat administrasi berupa ijazah S1, STRA (Surat Tanda Registrasi Apoteker), dan lainnya. Pastikan kamu juga belajar yang rajin ya!

4. Bekerja di Apotek

Kalau kamu baru lulus kuliah, sedangkan formasi CPNS belum dibuka, alangkah lebih baik bila kamu memanfaatkan waktu dengan bekerja atau mencari pengalaman. 

Kamu bisa bekerja di apotek, dinas kesehatan, rumah sakit, dan lainnya. Akan ada banyak ilmu di lapangan yang bisa kamu dapatkan.

5. Bergabung dengan Komunitas PAFI

Kamu harus menambah relasi agar wawasan pertemananmu semakin meluas. Paling mudah bila kamu bergabung komunitas farmasi, salah satunya adalah komunitas PAFI Kotawaringin Timur.

Di komunitas ini, kamu akan bertemu dengan para ahli farmasi dari seluruh Indonesia, baik yang sudah PNS atau pun yang memperjuangkannya. Kamu bisa sharing dan mengambil banyak ilmu darinya.

Kalau kamu pengen menjadi member dari PAFI ini, kamu cukup registrasi lalu akan mendapatkan KTA (Kartu Tanda Anggota) PAFI. Setelahnya, kamu bisa berkumpul dengan para ahli farmasi di Indonesia. Gampang kan?

Kesimpulan

Nah, itulah cara mudah menjadi PNS untuk lulusan farmasi. Salah satu kunci keberhasilan adalah menjaring relasi. Paling enak kalau bergabung dengan komunitas PAFI Waringin Timur yang isinya orang-orang hebat semua. 

Untuk bergabung dan memahami semua benefitnya, kamu bisa pelajari lebih lengkap di pafikotawaringintimur.org

Gimana? Udah paham kan sekarang: cara menjadi PNS untuk lulusan farmasi? Semangat ya para pejuang!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar