Cara Menjaga Organ Reproduksi Wanita Paling Mudah

Konten [Tampil]

Menjaga kesehatan organ reproduksi adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan, khususnya bagi seorang wanita. Apalagi organ reproduksi ini nantinya adalah tempat tinggal sementar dan jalan lahir bagi seorang bayi.

Organ reproduksi ini tidak hanya vagina saja, melainkan ada sepasang indung telur (ovarium), sepasang fimbria, dan rahim (uterus). Masing-masing organ reproduksi ini tidak dapat bekerja sendiri, melainkan saling berkesinambungan.


Apabila ada salah satu organ reproduksi yang terganggu, maka sulit bagi wanita untuk memiliki keturunan. Maka dari itu kamu harus tahu cara menjaga organ reproduksi wanita sejak awal agar mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

5 Cara Menjaga Organ Reproduksi Wanita

Lalu bagaimana cara menjaga organ reproduksi wanita yang paling mudah? Sebenarnya menjaga sistem reproduksi itu mudah asalkan kita tahu cara-cara yang paling mudah. Seperti apa itu?

1. Bersihkan Area Kewanitaan dengan Teliti

Hal yang bisa kita lakukan secara fisik adalah dengan menjaga kebersihan area kewanitaan secara detail dan teliti. Usai melakukan buang air besar, buang air kecil, ataupun membersihkan saat menstruasi, kita harus membersihkannya dengan benar.

Saat mencuci bersih area kewanitaan, hindari produk yang dapat mengakibatkan iritasi seperti sabun wangi, pelembab, dan lainnya. Dikhawatirkan akan mengganggu keseimbangan pH hingga menyebabkan iritasi karena area kewanitaan ini sangat sensitif.

2. Gunakan Celana Dalam yang Nyaman

Pastikan kamu menggunakan celana dalam yang nyaman. Jangan terlalu ketat karena khawatir sesak dan pengap sehingga bisa mengakibatkan ruam atau infeksi karena terjebak kelembaban.

Kamu juga harus memastikan bahwa celana dalam tersebut telah dicuci bersih dan kering. Pastikan juga kamu memilih bahan celana dalam yang menyerap keringat seperti katun atau kaus.

3. Jaga Pola Makan Sehat

Seluruh organ reproduksi dapat bekerja secara baik apabila asupan nutrisi yang diterima juga baik. Maka jagalah pola makan dan hidup sehat. Rajinlah makan makanan yang kaya vitamin dan protein seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein hewani maupun nabati.

Usahakan juga minum air yang cukup untuk menjaga kelembaban area digital. Penuhi kebutuhan air minummu minimal 8 gelas sehari.

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Hindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu tubuhmu. Jangan merokok karena dapat mengganggu sirkulasi darah dan kesehatan organ reproduksimu. Hindari minum minuman beralkohol karena dapat merusak organ tubuhmu terutama organ reproduksi.

Usahakan juga untuk mengurangi begadang, sebab tubuhmu membutuhkan istirahat yang cukup agar sel-sel dapat beregenerasi dengan baik. Hindari kebiasaan buruk demi kesehatan dirimu sendiri.

5. Rutin Kontrol ke Dokter di RS

Lakukan pemeriksaan rutin dan kontrol ke dokter yang ada di klinik atau rumah sakit. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk deteksi dini masalah kesehatan reproduksi. 

Dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis, maka kamu bisa melakukan sejumlah deteksi dini untuk menghindari kanker serviks, kanker ovarium, kanker rahim, bahkan gejala abnormal yang tidak diinginkan.

Periksa Organ Reproduksi ke Dokter Spesialis

Namun pastikan kamu memeriksakan organ reproduksi ke dokter spesialis yang benar-benar amanah dan terpercaya. Salah satu rumah sakit terkenal yang dokternya ahli menangani kesehatan organ reproduksi adalah RS EMC.

Rumah sakit yang tersebar di banyak kota ini, memiliki sejumlah dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang kemampuannya tak diragukan lagi. Alat-alat yang digunakan sangat canggih dan aman untuk digunakan pemeriksaan area sensitif.

Kamu dapat melakukan deteksi dini untuk mencegah hal-hal yang terjadi di area kewanitaan, seperti pap smear, pemeriksaan payudara, pemeriksaan ultrasonografi, dan lainnya.

Namun pastikan kamu datang ke RS EMC dengan mengetahui jadwal dokternya terlebih dahulu, supaya tidak menunggu lama. Masing-masing dokter memiliki jadwal yang sama. Jadi kamu bisa memilih dokter yang diinginkan sesuai dengan jadwal yang sudah diatur.

Untuk mengetahui jadwal dokter spesialis ada, kamu bisa langsung cek ke website emc.id. Jadi kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis organ reproduksi untuk menjaga kesehatan area kewanitaanmu.

Kesimpulan

Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga area sensitive perempuan. 4 di antaranya adalah mengenai pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan sendiri, namun kamu perlu melengkapi 1 lagi untuk mengecek secara seksama.

Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter spesialis, maka kamu telah berusaha mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan ya!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar