Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guruku Sayang Guruku Malang

Nama gue Dicky. Gue bangga kok dicap sebagai anak badung di sekolah gue. Gue paling nggak suka ama guru sejarah gue, yang punya nama Pak Putut. Bagi gue, dia adalah orang yang paling menyebalkan dalam hidup gue. Setiap pertemuan mata pelajaran sejarah, duh gue selalu diberi pertanyaan sama tuh orang. Dia selalu menargetkan gue karena dia tau gue nggak bisa sejarah dan sama sekali nggak pernah dengerin pelajarannya dia.

Jujur, gue benci Pak Putut! Saking bencinya, setiap dia masuk kelas gue, gue udah nyiapin sejuta akal untuk mengerjai dia. Gue pernah meyimpan kodok di lacinya, pernah ngasih sisa permen karet di atas kursinya, pernah naburin bedak gatal, dan gue pernah menjebak dia dengan cara meletakkan ember berisi tepung di atas pintu. Tuh kan, ide gue banyak banget! Tapi, kecemerlangan gue nggak ada yang berhasil! Gimana nggak gondok sih gue! Udah susah-susah nyiapin akal gila-gilaan untuk ngehancurin guru yang paling gue benci, eh nyatanya gagal semua. Nggak ada yang berhasil! Mungkin dia punya jimat kali ya? Hehe….

“Dicky! Ngapain kamu senyum-senyum sendiri?!” tuh, siapa lagi kalau bukan Pak Putut yang negur gue. Ah, bosen gue ditegur monster gila itu.

“Dicky! Saya perhatikan dari tadi kamu tidak mendengarkan pelajaran saya. Sekarang, kamu maju ke depan dan kerjakan tugas yang ada di depan”

Ah, benci gue! Lagi-lagi disuruh ngerjain soal yang ada di papan, mana gue nggak bisa! Emang sih, gue nggak pernah dihukum berdiri di depan papan tulis, hormat di tiang bendera dan disuruh bersihin toilet, ya gue bersyukur sih, tapi kenapa harus gue yang mengerjakan soal di papan??? Gue kan nggak bisa…!!!

***


“Ini bu, saya mau membayar SPP bulan Juli” gue menyerahkan 2 lembar uang sepuluh ribuan dan 5 lembar uang seribuan.

“Hmm… sebentar ya, saya cek dulu” Namanya bu Illah. Dia tugasnya di TU, ngurusin SPP orang. Gue nggak mau ah jadi pengurus TU. Gue pengennya tuh jadi pengusaha kaya, nggak kayak Pak Putut yang cuman jadi seorang guru. Ampun deh…

“Namamu Dicky Purwantoro kan?”

Gue mengangguk pasti.

“SPP kamu sudah lunas”

“Hah? Masa iya? Lah wong saya belum membayar SPP sama sekali kok!”

“Tapi di sini tertulis kalo kamu sudah membayar lunas SPP kamu, mulai dari bulan Juli 2009 sampai bulan Juni 2010”

“Hah? Coba saya lihat”

Bu Illah menyerahkan buku data pembayaran SPP dan gue cek nama gue… loh, iya, kok lunas? Siapa yang bayarin SPP gue ya?

“Sudah kan? SPP kamu sudah lunas kan? Nah, sekarang kamu bisa meninggalkan ruang TU” wuduh, gue diusir!

Duuuuuh, gue masih penasaran! Siapa sih yang bayarin SPP gue. Hmm… kira-kira siapa ya? Masa’ ada orang yang naksir sama gue lalu dia bayarin SPP gue, ah siapa yang suka sama gue, emangnya secakep apa gue, tampang pas-pasan kok! Masa’ ada uang jatuh lalu diikhlaskan ke gue, aduh nggak mungkin! Masa’ dapat dana BOS? Pak pemerintah loh banyak yang korupsi! Masa’ salah orang? Hmm, mungkin juga sih… atau mungkin ada malaikat cantik yang jatuh ke bumi dan dengan ikhlasnya dia menyumbangkan sebagian uangnya dari surga untuk diberikan kepada gue yang memiliki wajah agak tak sempurna. Yaa… semoga! Gue harap, malaikatnya cantik! Amin…! Hehe… boleh dong kalo ngarep dikit…

***


Haduh, bosen gue, ngerjain Pak Putut tapi rencana gue nggak ada yang berhasil! Makin sebel aja deh gue ke tuh orang! Tapi, gue udah nyiapin sesuatu nih! Sebuah petasan! Nih petasan, gue beli semalem di pasar lama. Gue tuh menabung hanya untuk membeli nih petasan, yaa agar gue puas ngerjain Pak Putut… abisnya sih, gue sebel banget ama tuh orang!

Nih petasan mujarab loh! Petasan ini biasanya dipake buat ngeramein acara sunatan, manten dan biasanya buat penghibur suntuk pas ramadhan, tepatnya kalo orang-orang pada teraweh, hehe…

Nah, rencananya nih, gue tuh mosang pas pelajarannya Pak Putut, yaa mosangnya ke kantin, tapi gue ke tempat parkir guru. Di sana, gue memasang nih petasan di bawah vespanya Pak Putut. Tuh kan, oke juga ide gue. Gue yakin, tuh orang jelek pasti nggak bisa mendeteksi tentang keberadaan petasan ini.

Tapi, petasan ini juga membahayakan loh? Banyak efek sampingnya! Tapi kan nggak parah-parah amat! Nggak bikin motornya meledak dan jadi kebakaran. Yaa, paling-paling cuman jantungan aja!

***


7 tahun sudah berlalu… hidup gue mujur nih! Ow, bangganya! Gue udah jadi pengusaha kaya. Bukan pengusaha sih, tapi gue menjadi pimpinan manager di sebuah perusahaan, hehe. Tapi kan, gue juga ngerasa punya nih perusahaan. Yaa, bangga dikit nggak apa lah…

Ok, sekarang gue mau mengingat-ingat masa-masa lampau. Apa ya yang menyebabkan gue berhasil? Hmm, ibu! Pastinya lah… ibuku tersayang tuh kerja sehari semalam hanya buat ngebiayain gue. Yang kedua, teman-teman. Ya! Teman-teman! Eh, nggak juga sih, emangnya siapa temen gue? Gue loh nggak punya temen. Paling-paling temen gue cuman Dono, si cupu! Yaa, gue juga turut berterima kasih lah ke dia, gue boleh nyontek semua tugasnya…. Hmm, siapa lagi ya? Ayah! Ayahku pasti mendoakanku di surga! Oh iya, gue inget! Gue harus berterima kasih sama orang yang udah bayarin SPP gue! Tapi… siapa ya? Ah, gimana mau ngucapin terima kasih sama tuh orang, orangnya aja gue nggak ngerti, haduuuuh repot!

Tapi, gimanapun juga, gue harus mencari tau siapa dia dan gue kudu berbalas budi ke tuh orang yang udah dengan senang hati mengikhlaskan sebagian dari rezekinya buat sekolah gue…

Kring… kring… kring…

Haduh, siapa nih orang! Lagi asyik-asyik mikir, malah ganggu aja!

Terpaksa deh gue angkat. Saking keselnya nih gue, gue kudu bentak-bentak nih orang yang ganggu gue! “Halo! Siapa sih lo! Ganggu-ganggu gue!”

“Apa?! Kamu membentak saya?! Saya atasan kamu yang mempunyai perusahaan ini!”

Haduh! Mampus gue! Ini mah bos gue! Duh, tamat nih riwayat gue! Oh, God, help me please….!

***


Heh? Masa’ ini sih rumahnya? Jelek banget? Kecil banget? Hus! Gue nggak boleh ngehina nih rumah, jelek-jelek gini yang punya rumah tuh superrrrrrrrrrrr baek ke gue! Duh, gelap juga ya halamannya! Penerangannya cuman dikit! Yaa, sama sih kayak rumah gue dulu, hehe, jadi kangen nih ama rumah gue yang lama…

Masuk ah! Dan gue parker di halaman. Wuduh, dag dig dug nih jantung! Mengapa jantugku berdetak lebih cepat seperti genderang mau perang? Mengapa darah ini mengalir lebih cepat dari ujung kaki ke ujung kepala? Wadoooooh, malah nyanyi nih gue!

Loh! Bukannya ini vespa bututnya Pak Putut? Huaduh, mampus nih gue, semakin dag dig dug nih hati gue, eh salah, maksud gue, jantung gue.

Hadoooooh, mental gue jadi down nih! Tapi, gimanapun juga gue harus nyamperin dia dan harus minta maaf and say thanks to him. Ok, beibeh?

Gue jalan dengan kepala tertunduk nih, malu kalo mau ngangkat nih wajah yang penuh dosa! Udah muka gue jelek, banyak dosanya lagi, ampun deh, makin ancur aja nih idup gue..

Saat gue masuk ke terasnya, ada seseorang yang sedang duduk di kursi goyang, pastinya Pak Putut! Makin tua aja ya tuh orang, hehe… hadooooooooooooh, jantung gue makin dag dig dug dag! Gue udah ketemu orangnya nih, dia ngeliatin gue sambil memicingkan tuh kacamata tua! Lagi-lagi gue down! Oh, God, help me lagi dong…

“Kamu Dicky Purwantoro kan?”

Tuh kan, dia bisa nebak gue! Gue makin salting! Oh God, help me lagi lagi dong!

Dengan berat hati, gue harus bersedia menurunkan harga diri gue. Gue nekat mau memeluk Pak Putut!

“Pak Putuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut”

Hiks hiks, tanpa terasa air mata gue jatuh! Saking terharunya kali ya!

“Pak Putut, saya minta maaf ya Pak… saya berulang kali mengerjai Pak Putut dan membuat Pak Putut sebal sama saya. Saya juga mau mengakui kesalahan saya, saat itu saya meletakan petasan di bawah vespanya Pak Putut dan menyebabkan Pak Putut terkena serangan jantung. Dan sejak itu pula, Pak Putut memilih pensiun dini. Saya benar-benar merasa bersalah Pak. Maafin saya ya Pak?”

“Sebelum kamu minta maaf, saya sudah maafin kamu kok!”

Ow, sungguh baik hati! Pengen rasanya meluk dia lagi! Peluk lagi ah…

Alhasil, gue meluk Pak Putut lagi deh! Tanpa ada rasa canggung! tapi, kalo bolak-balik meluk Pak Putut, dikiranya gue hombreng! Oh no!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


TAMAT
cerpen-guruku-sayang-guruku-malang

Posting Komentar untuk "Guruku Sayang Guruku Malang"