Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jus Kietna, Minuman Khas Imlek Dari Medan

Chinese New Year atau yang lebih kita kenal dengan istilah imlek merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh etnis tionghoa di seluruh dunia. Perayaan tahun baru di penanggalan lunar pada tahun 2021 ini akan jatuh pada tanggal 12 februari.

Nah berbicara mengenai imlek, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas seperti tradisi yang sering dilakukan etnis tionghoa saat imlek, atau makanan khas imlek, atau kepercayaan-kepercayaan yang dipercaya tidak boleh dilakukan (pantang).

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Jus Kietna, minuman khas imlek yang berasal dari medan.

Apa itu Kietna?

Kietna adalah sebuah sebutan untuk jus buah kumquat. Buah kumquat sendiri adalah jenis buah jeruk yang paling kecil, tidak hanya itu rasanya yang manis serta kulit yang bisa dikonsumsi merupakan nilai tambah untuk buah mungil ini.

Dikarenakan rasa manis dan kulitnya yang bisa langsung dimakan, banyak orang yang menggunakan buah kumquat untuk membuat selai homemade. 

Tapi buah kumquat bukan hanya ada 1 jenis loh, yuk simak di bawah ini mengenai jenis-jenis variasinya.


jus kietna
Sumber gambar: Shopee

Jenis-Jenis Variasi Buah Kumquat

  • Meiwa Kumquats (berbentuk bulat) : Jeruk yang satu ini adalah variasi kumquat berbentuk bulat dan lebih manis daripada varian lainnya.
  • Nagami Kumquats (berbentuk lonjong) : variasi yang satu ini lebih banyak di temukan di amerika-serikat. Kumquat ini juga lebih banyak dijadikan jelly ataupun selai untuk roti.
  • Jiangsu Kumquat : buah variasi ini tergolong unik karena berbentuk lonceng. Namun dibalik bentuknya yang unik, rasanya lebih ringan (kurang manis) daripada variasi yang lainnya.
  • Fukushu Kumquat : buah ini merupakan persilangan antara kumquat dengan jeruk mandarin. Buah ini juga lebih besar dibanding varian lainnya, serta memiliki bentuk bulat pipih dan kulitnya yang lebih halus menjadikan buah ini sebagai pilihan utama dalam membuat permen.
  • Limequat : buah ini adalah persilangan jeruk nipis dan kumquat. Kulit halus dan berwarna kuning emas dengan rasa asam.

Pengolahan Buah Kumquat

Buah asal daratan tiongkok yang kini telah banyak tersebar di dunia juga dapat diolah menjadi beberapa sajian pilihan, diantaranya :

  • Selai Kumquat
  • Permen / manisan Kumquat
  • Kumquat Chatni (rempah-rempah untuk masakan)
  • Salad Kumquat
  • Jus Kumquat (Dikenal dengan Jus Kietna)
  • Kue Bundt Kumquat (lebih terkenal di amerika serikat)

Manfaat Jus Kietna

Meskipun banyak cara pengolahan sajian dari buah kumquat, tapi saya lebih tertarik untuk membahas tentang jus kietna. Etnis tionghoa percaya bahwa meminum jus kietna banyak manfaatnya selain penghilang dahaga saja.

Oleh sebab itu, jus kietna banyak disajikan pada hari besar imlek. Nah , berikut adalah beberapa manfaat dari jus kietna.

1. Meningkatkan imunitas tubuh 

Setiap buah jeruk memiliki kandungan vitamin c yang berguna untuk meningkatkan imun tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah kumquat juga dipercaya dapat merangsang pertumbuhan sel darah putih untuk melawan radikal bebas.

2. Mengontrol gula darah

Buah kumquat juga dapat membantu melepaskan glukosa & insulin ke dalam aliran darah. Oleh karena itu jus kietna (kumquat juice) banyak digunakan sebagai minuman khas imlek, karena aman dikonsumsi anak-anak & orang tua.

3. Menyehatkan sistem pernafasan 

Kandungan vitamin c yang terdapat pada jeruk kumquat juga berfungsi sebagai penghilang dahak & membantu meredakan radang tenggorokan.

4. Menyehatkan saluran pencernaan 

Buah kumquat terkenal dengan seratnya yang dapat membantu menghilangkan sembelit, kembung dan kelebihan gas.

5. Menguatkan tulang

Selain serat, kumquat juga terkenal dengan kalsiumnya yang tinggi. Kandungan tersebut mampu membantu regenerasi sel tulang yang rapuh untuk menjadi kuat kembali.

6. Meningkatkan kandungan sel darah merah 

Kandungan zat besi pada buah kumquat juga berfungsi sebagai assisten produksi sel darah merah, sehingga akan membantu mencegah anemia.

7. Meningkatkan Produksi Kolagen 

Kekuatan vitamin c yang berasal dari buah kumquat juga berperan penting sebagai pendongkrak produksi kolagen.  Kolagen sendiri adalah senyawa yang berfungsi untuk memproduksi jaringan di dalam sel-sel tubuh. Selain itu asam askorbat yang terkandung dari perasan air kumquat dikatakan dapat membantu proses pemulihan luka 000 operasi.

Nah gimana? Selain banyak manfaatnya jus kietna juga dipercaya membawa keberuntungan loh guys. Bagi sebagian etnis tionghoa mempercayai jika jus kietna yang disajikan pada saat imlek melambangkan rezeki yang akan dating pada tahun baru ini akan bagus (manis).

Jika kalian tertarik, kakros juga akan bagi tahu cara membuatnya. Simak di bawah ini.

Cara Membuat Jus Kietna

  1. Siapkan 1 kg buah kumquat & cuci bersih terlebih dahulu buah kumquatnya. Jika anda memiliki tanamannya langsung itu berarti lebih higienis, namun jika anda membeli dari pasar, cobalah untuk mencucinya sebanyak 3 kali.
  2. Tiriskan & keringkan menggunakan handuk
  3. Rendam buah kumquatnya  & tambahkan garam secukupnya (± 50 gram) lalu adukkan secara merata.  Sewaktu mengaduknya jika kedapatan ada buah yang pecah maka segera disingkirkan agar tidak mengganggu prosesnya. Setelah itu simpan di tempat yang terhindar dari sinar matahari agar garam bisa larut dan mengeluarkan cairan fermentasinya. Setelah itu diamkan selama 10 jam dan perhatikan, bila cairan dari air garam makin banyak, aduk kembali agar merata ke seluruh jeruk kumquatnya.
  4. Setelah buah kumquat terasa lembek, diamkan kembali selama 3 hari dan diaduk beberapa kali agar cairan tadi tetap membasuh merata ke seluruh buahnya.
  5. Setelah 3 hari berlalu, pastikan kembali buah kumquat telah lembek dan cuci selama 15 menit sebanyak 3 kali. Setelah dicuci, tiriskan hingga kering dan cabut satu persatu tangkai kecil di atas buah kumquatnya.
  6. Potong buah kumquat secara vertical dan buang biji buahnya.
  7. Setelah terbebas dari biji-bijinya, maka kukus buah kumquat selama ±30-45 menit hingga lunak total.
  8. Setelah di kukus kurang lebih 40 menit, angkat lalu taburkan gula pasir sebanyak 800 gr. Aduk gula pasir tersebut hingga merata.
  9. Tambahkan asinan kiamboy warna merah sebanyak 100 gr & kiamboy putih 50 gr. Aduk kembali hingga merata.
  10. Cuci wadah / botol untuk kietna tersebut hingga steril & masukkan semua kietna ke dalam wadah tersebut.

Tadaa, Jus Kietna alami siap dihidangkan bersama es. Sensasi kesegarannya dijamin sangat natural & penuh dengan rasa manis.

Sebenarnya jus kietna dengan bahan alami, bisa banyak kita jumpai di marketplace Indonesia seperti Tokopedia, bukalapak, Lazada, bli-bli, dll. Namun menurut kakros, alangkah baiknya jika kita mencobanya sendiri.

Selain puas dengan hasilnya, tentu kita akan mendapatkan pengalaman & bisa menambah pundi-pundi keuangan. Apalagi sudah dekat dengan imlek loh guys.

Jadi bagaimana? Siap untuk mencoba membuatnya?


Guest Post by ALEX SIERRA

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

4 komentar untuk "Mengenal Jus Kietna, Minuman Khas Imlek Dari Medan"

  1. Senang bisa menjadi bagian dari halokakros, semoga blognya terus berkembang dan memberikan inspirasi untuk banyak orang. God bless you kak ros.

    BalasHapus
  2. wah, tak terasa bulan depan sudah imlek lagi ya :D mau bikin jus ini ah

    BalasHapus