Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Kami Siapkan Untuk Bintoro

Assalammualaikum wr wb

Sebelumnya, perkenalkan teman-teman saya yang hebat: Arif, Deka, Tian, Nata, Umay, Ravita, Wiwin, Nilna, Sarah, Dian, Efi, Izza dan Fais. Siapa mereka? Mereka adalah tim hebat Sobat Pengajar Angkatan ke-3 Unej Mengajar konsentrasi SDN Bintoro 3, Jember.


Begini, saya jelaskan. Saya dan teman-teman saya yang hebat, telah tergabung dalam lingkaran Unej Mengajar. Unej Mengajar adalah organisasi independen di bawah naungan lembaga pengabdian masyarakat Universitas Jember. Oganisasi ini merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial khususnya pendidikan.


Unej Mengajar atau yang lebih sering disebut Ujar, mengemban salah satu amanah dari para leluhur bangsa, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadi, Ujar akan membina dan membimbing siswa-siswi yang tinggal di pelosok desa yang bener-bener terpelosok di lingkungan Jember.

Sejauh ini, Ujar telah memiliki 3 SD binaan, yaitu SDN Darsono 4, SDN Bintoro 5 dan MI Darul Ulum Mayang. Nggak hanya itu, Ujar juga merambah ke kelompok belajar yang tersebar di daerah Jenggawah dan LedokOmbo. Selain itu, Ujar juga memiliki program keaksaraan fungsional yang bertempat di daerah Panti untuk mengurangi angka buta aksara.

Alhamdulillah, kini saya telah menjadi bagian dari Unej Mengajar. Sungguh sesuatu yang luar biasa bagi saya, karena akhirnya saya bisa menjadi relawan (cita-cita masa kecil saya terkabul). Dan saya ditempatkan di SDN Bintoro 5 bersama 13 teman-teman yang super hebat.

Ohya, ketika saya ditanya “SD Bintoro 3 itu dimana?”
Saya hanya bisa menjawab: “di puncak bukit.” Sure, “kamu akan masuk hutan, kemudian akan melakukan perjalanan dari bukit ke bukit, kemudian dari bukit ke bukit lagi, sampai akhirnya tiba di atas bukit.” Pokoknya, lokasinya W-O-W banget.

Nah, saya dan teman-teman yang mengabdi di SDN Bintoro 3 disebut Sobat Pengajar Bintoro 3. Kami mengabdi selama 6 bulan, mulai April sampai September. Karena kedudukan kami adalah masih mahasiswa, maka pengabdian kami hanyalah pada akhir pekan. Meskipun kami hanya bisa mengabdi pada akhir pekan, kami tetap akan memperjuangkan dan mengerahkan seluruh jiwa raga kami untuk mencerdaskan anak-anak Bintoro. Yeah!

Pada tanggal 14 April lalu, kami diharuskan membuat program kerja yang akan kami lakukan 6 bulan ke depan untuk SDN Bintoro 3. Malam hari, kami berkumpul di Sampoerna Corner untuk membahas program kerja.

Ketika kami sedang berdiskusi mengenai program kerja yang akan kami rancang, eh tiba-tiba ada mas Tegar selaku Direktur Unej Mengajar ke-2 yang sibuk bagi-bagi kopi gratis. Nggak mau ketinggalan sesuatu yang gretongan, akhirnya saya dan teman-teman memborong kopi yang disediakan oleh mas Tegar. Hmm, kopinya enak banget, hangat pula.

Sobat Pengajar Bintoro: rapat sambil ngopi gratissss

Setelah ribut-ribut dan ribet-ribet memusyawarahkan program kerja, maka didapatlah program kerja yang kami buat. Berikut adalah hasilnya:

Bidang Pendidikan:
Koordinator : Rossa
Anggota : Arif, Umay
Program Kerja : lomba baca pusi memperingati hari Kartini, pelatihan komputer, cerdas cermat, pramuka, taman baca.
Memang cukup banyak program kerja bidang pendidikan, yaa soalnya kan tugas utama kami adalah mendidik. Selama ini, dua proker telah kami laksanakan yaitu lomba baca puisi dan pelatihan komputer.

Kami tidak hanya fokus pada bidang pendidikan, namun kami juga harus mengembangkan diri terhadap 3 pilar pembangunan manusia lainnya, yaitu bidang kesehatan, ekonomi dan lingkungan. Dan berikut ini adalah proker-proker pada masing-masing bidang.

Bidang Kesehatan:
Koordinator    : Izza
Anggota    : Sarah, Dian, Tian
Program Kerja    : pengecekan kuku bersih, penyuluhan cuci tangan dan gosok gigi, penyuluhan perilaku hidup sehat, pengecekan tanda-tanda vital
Di sini, kami juga turut serta mengajak teman-teman dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi untuk ikut melakukan penyuluhan, jadi beban kami untuk urusan kesehatan lumayan ringan...

Bidang Lingkungan:
Koordinator    : Deka
Anggota    : Nata, Faij
Program kerja    : Penyuluhan negeri sampah, penanaman apotek hidup, pembenahan sanitasi 
Sebenarnya, ada salah satu proker kami yaitu Sunatan (Satu Anak Satu Tanaman) namun dibatalkan karena kami tidak tahu harus menanam tanaman dimana. Mengingat bahwa sekolah yang kami bina berada di tengah hutan. Masa’ kita menanam pohon di hutan yang lebat?

Bidang Ekonomi:
Koordinator    : Ravita
Anggota    : Wiwin, Nilna, Efi
Program Kerja    : penyuluhan tanaman hidroponik, mengolah barang bekas jadi berkelas, menjual produk kerajinan tangan
Sebenarnya, proker bidang ekonomi sangat berkaitan dengan bidang lingkungan. Salah satunya adalah mengolah barang bekas jadi berkelas.
Jadi kami akan mengajak anak-anak Bintoro agar mau membuat produk kerajinan tangan dari barang-barang bekas yang telah dipilah-pilah pada tempat sampah organik dan non-organik. Rencananya, barang-barang bekas tersebut akan dijual, kemudian keuntungannya akan dikembalikan kepada anak-anak Bintoro.

Nah, itu sekilas program kerja yang kami buat untuk 6 bulan ke depan. Nggak semua proker saya bahas, hehe.
Ohya, saya juga menerima masukan, kritik maupun saran mengenai program kerja kami. Saya juga berharap, semoga masukan dari teman-teman blogger bisa turut serta membantu lancarnya pengabdian kami untuk menggerakkan anak-anak bintoro agar menjadi manusia-manusia Indonesia yang hebat.

Ohya, sebelum menutup postingan kali ini, ada yang saya mau bicarakan. salah satu proker bidang pendidikan adalah membuat taman baca. Jadi, saya dan teman-teman SP 3 Bintoro akan mengumpulkan buku-buku pelajaran, buku cerita, buku anak-anak serta buku-buku bermanfaat yang akan diberikan kepada anak-anak Bintoro.

Nah, buat teman-teman blogger yang punya buku buanyak, punya buku yang numpuk di gudang dan sedang tidak terpakai, ayo diberikan ke anak-anak Bintoro. Daripada bukunya berjamur, dimakan rayap, mendingan disalurkan ke anak-anak di SDN Bintoro 3 Jember agar bermanfaat. Kelak, kalau mereka sukses, nggak akan luput dari teman-teman blogger yang telah memfasilitasi mereka dengan buku pemberian dari teman-teman.

Kalau mau mengirimkan buku, jangan dikirim via sms, tapi kirimlah via pos ke alamat Jln. Bangka II nomor 20, Jember. Okeh?

Ayo-ayo... segera bongkar lemari dan gudang, lalu paketkan buku-buku yang menganggur agar menjadi benda yang bermanfaat di genggaman anak-anak Bintoro 3 Jember...

Wassalammualaikum wr wb   

8 komentar untuk "Yang Kami Siapkan Untuk Bintoro"

  1. Sukses buat persiapannya....

    BalasHapus
  2. sukses terus ya mbak ocha
    tugas yang mulia, berbagi ilmu, kagum lihat perjuangan ocha dkk

    BalasHapus
  3. Okeh good luck ya cha, meski cuma 6 bulan kalo kalian bisa jalanin semua proker itu dengan baik pasti ada manfaatnya buat SD itu. Semangat !! :)

    BalasHapus
  4. dear mbak ocha, salam kenal ya... kunjungan pertama dan ingin izin follow blog olumajang ya.... boleh dunk follbacknya ,hehe

    BalasHapus
  5. mulia banget Mbak. mulia banget. jarang tuh generasi muda bangsa melakukan pengabdian seikhlas itu. sampai ke bukit segala, dengan tiga desa binaan. saya kebayang capeknya, tapi saya juga kebayang senyum yang cerah di antara generasi2 Ocha cs yang berhati mulia. sukseskan pendidikan bangsa, semoga menghasilkan karya terbaik.

    BalasHapus
  6. Unej sendiri kepanjangannya apah? Universitas Jember ea? :p

    BalasHapus
  7. taman baca ini yang penting untuk anak-anak agar lebih gemar membaca sehingga cakrawalanya terbuka lebar. semoga sukses.

    BalasHapus