Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nostalgia Basket di Sisfo Cup 2016


Assalammualaikum wr wb

Suka olahraga? Olahraga apa yang kamu suka?

eaaaaa jaman SMA duluuu, di lapangan sekolah... yongalah, asli banget mukanya, hahaha
Hmmm kalau saya sih, ya suka olahraga, tahu kalau baik untuk kesehatan, tapi jarang olahraga, hehe. Pengen sih dalam waktu dekat untuk ikutan ngegym, mengingat bahwa saya jarang punya waktu pagi yang kosong. Punyanya waktu malam, inshaa Allah cukup senggang. Eh, btw tarifnya berapa ya? Kira-kira saya setelah mengeluarkan uang untuk ngegym, apakah saya akan rutin untuk ikutan ngegym? Hehehe... Minimal saya bisa sehat laaah, mengingat saya sering sakit-sakitan. Iyaa, badan gede tapi sakit-sakitan.

Jika ditanya, olahraga apa yang kamu suka? Hmm... futsal, badminton, basket, itulah yaaa mungkin. Daripada sepakbola, saya lebih suka futsal, soalnya jarak tempuhnya lebih pendek. Dulu, saat SMA saya cukup sering main futsal. Badminton adalah olahraga paling enak, nyaman, dan nggak bikin capek-capek banget. Biasanya saya main badminton sama adek, untuk mengisi waktu ngabuburit saat menjelang berbuka puasa, biar lupa sama lapernya, hehe. Sedangkan untuk olahraga basket, hmm... bukan suka memainkan basket, tetapi suka menontonnya, hehe.

Why?
Karena basket lebih seru. Hmm seru ditontonnya. Kalau mainnya, bisa sih bisa, tapi nggak jago, soalnya saya nggak ambil keseriusan di bidang olahraga. Saya cukup suka menontonnya.
Seru aja sih kalau nonton basket, kita duduk di tribun, lalu terlihat semua pemain, lengkap dengan wajahnya. Beda kalau nonton sepakbola, yang orangnya cuma terlihat seperti lidi. Bingung juga sih karena pemainnya banyak, hehe. Kalau basket kan, lapangannya lebih kecil, dan bola itu nggak di gawang situ-situ aja, melainkan berpindah-pindah, serasa adil gituloh.

Sebulan terakhir, ada sebuah pertandingan basket di Jember, namanya Sisfo Cup 2016. Sisfo Cup, diselenggarakan oleh PSSI Universitas Jember. Pertandingan basket SMA dan Mahasiswa, sekaresidenan Besuki + Lumajang.  

Yeah, sejak merantau (yaelah bahasanya berat) di Jember, belum sekalipun saya nonton pertandingan basket. Inipun saya nonton basket gegara ketemu saudara sepupu yang akhirnya ditempatkan dalam satu lokasi.

Opang, anaknya Tante Heni (saudara yang di Lumajang, beda nenek, neneknya adalah adiknya nenek saya), bersekolah di SMA 2 Jember, tempat saya magang menjadi guru. Kemudian saya kabari Tante Heni, lalu bertandang ke rumah kontrakannya, kemudian ngobrol-ngobrol.  Tante Heni cerita kalau Opang sering tanding basket. Dalam waktu dekat pun ia akan tanding basket, sudah akan masuk pada tahap perempat final. Yuhuuuu sepertinya menonton basket adalah salah satu hiburan yang menyenangkan.
Pada tanggal 17 September, saya menjemput Tante Heni di rumah kontrakannya. Iyes, sabtu malam minggu. Kami menuju GOR Garuda di daerah Kaliwates. Sayangnya kami datang terlambat, sudah masuk quarter kedua. Opang lebih banyak diistirahatkan. Kalau di awal pertandingan sudah mencetak banyak skor, biasanya pemain inti diistirahatkan, lalu yang main adalah pemain cadangan.
SMA 2 Jember vs SMA 1 Bondowoso.

Lokasi pertandingan Sisfo Cup yaitu di GOR Garuda, daerah Kaliwates, Jember. GORnya lebih kecil daripada GOR satu-satunya di Lumajang, hahaha.

Gimana pertandingannya? Beuh, keceeee, hantam teruuuus....

Tapi ya biasalah yaaa, namanya juga mata perempuan. Wajah pemain juga dipertimbangkan buat bahan dukungan, hehehe. Entah kenapa, para pemain basket dari SMA 2, cakep cakeeeeeep bener. Putih, tinggi, badannya atletis, cakep juga wajahnya. Yang nggak putih sih, cuma satu, yaitu kaptennya, hehe. Tapi kaptennya kece kok, kelihatan dari kondisi dia bereaksi dengan temannya, dia selalu santai dan tetap rendah hati.

Bener dah cakep-cakep. Lebih cakep daripada para pemain basket yang masih kuliah. Anak kuliahan yang main basket, beuh, kurus-kurus, kurang bergizi, item, kurang greget, maklum lah yaaaa anak kosan. Beda, sama anak SMA 2, yang terjamin gizinya, pomadenya, eaaaa
Coach Arif Angga Yuda saat melakukan pengarahan di timeout quarter 3. SMAN 2 Jember berhasil kuasai laga dengan strategi rotasi pemain yg apik 👌 35-17 adalah skor yang mereka raih saat kalahkan SMKN 5 Malang 👊 #hondaDBL2016 #hondaDBL_Malang #basketball #basketballneverstops #jember

Basket SMA 2 memang cukup diandalkan karena sering memenangkan berbagai kompetisi. Saya sih kurang begitu paham mengenai prestasi-prestasi yang diraih oleh mereka. Yang saya tahu, dari Tante Heni, mereka pernah memperebutkan juara 1 dengan SMA 2 Lumajang, iyes sekolah saya. Tapi, saat itu yang menang adalah sekolah saya, yuhuuuuuu

Rabu malam kemarin, saya nonton pertandingan finalnya. Saya agak telat sih, 5 menit, ternyata pertandingan dimulai lebih awal dari biasanya. Pertandingan finalnya adalah SMA 2 Jember vs SMA 1 Jember. Wuhuuuuu rameeee bangeeeet....

Suporter dari SMA 1, hanya ¼ tribun, sedangkan suporter dari SMA 2 meluas sampai ½ tribun. Murid-murid saya, dari SMA 2, mengenakan dress code warna merah. Mereka bersemangat mendukung rekan sekolah. Begitupun juga saya, yang merasa bernostalgia saat mendukung sekolah saya tanding basket, hehehe... (duluuu saat jaman SMA)

Yaa sama, menyanyikan mars SMADA, lalu bagimu negeri kayaknya (lupa deh, hahaha). Lalu yel-yel seperti biasanya. Yang khas adalah, mereka juga mensenandungkan Asmaul Husna. Iyes, mereka hafal Asmaul Husna di luar kepala, identitas mereka. Beuh, keceeeee....

Hal-hal yang seru saat menonton basket, seakan-akan membuat saya terbawa suasana tempo lalu. Ceritanya, bisa cek di sini lagi.... Hmm... sepertinya saya bernostalgia lagi, eaaaa... hahaha...
Duuuuh saya baca tulisan sayaaa, unyu-unyu banget. Hmm ternyata saya benar-benar mendeskripsikan secara langsung, seakan-akan tak berkurang satupun. Bahkan, saya berkata "oo yaaaa yaaa yaaa" saat membaca tulisan saya sendiri. Memang ya, tulisan kita di masa lampau, menjadi simpanan untuk manusia yang sering lupa.

Alhamdulillah, SMA 2 Jember menang, juara 1, dengan skor 1: 2 yang saya nggak hafal, heeheee...
Opang, sahabatnya, dan kebanggaannya (sumber gambar)
Wassalammualaikum wr wb

1 comment for "Nostalgia Basket di Sisfo Cup 2016"

  1. Waktu kecil juga aku suka main basket

    sekarang udah gapernah hihi

    ReplyDelete