Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Chatting Asyik Dengan Catfiz



Assalammualaikum wr wb…

Ehem, sebelumnya saya mau tanya nih. Aplikasi messanger apa yang sering kamu gunakan? Mungkin sebagian besar dari kalian akan menjawab aplikasi BBM (BlackBerry Messenger), WhastApp, Line, dsb. Umumnya, aplikasi messanger  yang sering kita gunakan itu berasal dari luar negeri. Lalu, apakah Negara kita tidak mampu memproduksi aplikasi messanger serupa?

Dengan Sumber Daya Manusia yang unggul, tentu saja Negara kita mampu membuat aplikasi semacam itu. Lalu, sudah adakah aplikasi messanger yang senyaman buatan luar negeri?

Ada. Justru lebih enak. Juga lebih ramah seperti orang Indonesia.

Catfiz.
Catfiz dan logonya (sumber)
Ya, namanya Catfiz, berasal dari kata catfish yang artinya ikan lele. Mengapa ikan lele? Menurut Arfan selaku Direktur Utama Catfiz, ikan lele adalah binatang yang mudah dikembangbiakkan serta mudah beradaptasi di semua tempat di Indonesia sehingga ia berharap agar ia bersama timnya dapat mengembangkan aplikasi Catfiz dengan mudah. Hmm, bicara lele, saya merasa lapar.

Apa yang membanggakan dari messanger Catfiz? Wuooow, tentunya banyak sekali. Messanger Catfiz ini merupakan sebuah aplikasi messanger buatan anak Indonesia, lebih tepatnya buatan arek Suroboyo. Catfiz telah diluncurkan pada tahun 2012, lebih tepatnya pada tanggal 10 November yang sekaligus memperingati hari Pahlawan. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Dunia Catfish Kreatif Media. Catfiz ini merupakan layanan instant messanger (IM) yang terhubung langsung dengan jejaring sosial.

Catfiz versi 2.2
Untuk memiliki Catfiz di smartphone kita, caranya sangat sederhana. Cukup search “Catfiz” di playstore, lalu didownload, kemudian diinstal. Ukurannya cukup ringan, hanya 6,1 MB. Dengan ukuran seringan itu, Catfiz sudah memiliki layanan aplikasi chatting yang lengkap. Catfiz yang kita unduh ini adalah Catfiz versi 2.2, tentunya lebih lengkap dari sebelumnya yang versi 2.1.

Fitur Chatting Serba Canggih
Pada chat pribadi, kita bisa mengirimkan pesan teks, foto/gambar, voice message, video, audio, dan kontak. Pada fitur chat Catfiz, selain ada emoticon atau emoji, juga ada stiker. Ohya, ada karakter official Catfiz loooh, namanya Tirta dan Agni. Juga ada tambahan stiker versi Go to School. Stikernya gede-gede, bagus-bagus, lucu-lucu. Stiker ini bisa disisipkan pesan dengan cara mengisi pesan terlebih dahulu kemudian pilih stiker yang ingin dikirm. Di chat catfiz, juga ada fitur Blitz! Fitur “Blitz” ini serupa dengan fitur “ping” di BBM. 
Selain pake emoji, chatting juga bisa pake stiker unyu-unyu looh
Berteman Seru di Grup Besar
Catfiz juga menyediakan fitur “grup” atau “pool conference” untuk digunakan chatting bersama teman-teman sepemikiran dan seperjuangan. Jumlah anggota yang dimasukkan, bisa mencapai 2000 kontak, cukup fantastis dibandingkan aplikasi lain. Wuah, lumayan tuh untuk memasukkan teman-teman satu angkatan pada fakultas yang sama, hehehe…  Lepas dari 2 tahun peluncuran Catfiz, telah ada 70 komunitas dari seluruh Indonesia dengan total member lebih dari 2 juta yang selalu aktif berinteraksi di fitur grup.

Juga ada Fitur BC
Selain adanya grup untuk berkomunikasi dengan banyak orang, Catfiz juga menyediakan fitur “Broadcast message” atau yang sering kita sebut BC. Fitur BC ini dapat bermanfaat bagi kita untuk berbagi informasi, pamflet kegiatan, dsb.

Karena Fizzlink, Berbagi File Tidak Merepotkan
Catfiz sangat ramah digunakan oleh mahasiswa, orang kantoran, dsb yang seringkali membutuhkan aplikasi instan untuk mengirim file atau berkas-berkas yang berukuran besar. Catfiz mampu mengirimkan file dengan ukuran mencapai 500 MB. Pengiriman file ini dapat diterima oleh android manapun meskipun pada android tersebut tidak dapat dibaca karena memiliki spesifikasi tersendiri.  

Selain itu, kita juga dengan mudah sharing file tersebut dengan menggunakan fitur “Fizzlink”, jadi kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mengunggah file tersebut, cukup disebarkan dengan file yang sama. Hal ini tentu dapat menghemat kuota internat dan tidak memenuhi media penyimpanan di smartphone.
Menu pelengkap komunikasi ada di sini
Update Status Lebih Seru
Ohya, Catfiz juga sangat mengerti dengan keadaan kita yang seringkali kecanduan update status.  Statusnya dapat berupa kalimat maupun gambar dengan maksimal 500 karakter. Status tersebut dapat diberi komentar maupun diberi love oleh teman-teman Catfiz sebagai tanda suka atau tertarik. Jadinya lebih seru untuk melihat status dan aktivitas teman. Juga ada fitur “recent update” kok, apabila kita ingin kepo-kepo status gebetan kita, hehehe…
Update status... bisa pake emoji lucu-lucuu...
Beranda statusnya teman-teman

Aplikasi yang Ramah Teman
Pada catfiz versi 2.2, kita telah dipermudah dengan adanya sinkronisasi kontak. Jadi, catfiz akan mengidentifikasi user menggunakan nomor telpon berdasarkan address book untuk mendapatkan rekomendasi teman yang menggunakan catfiz. Jadi, catfiz akan selalu ramah kepada para penggunanya yang ingin bertegur sapa melalui sosial media. Kita juga dapat mengirimkan pesan kepada orang-orang yang terdapat pada “saran pertemanan” tanpa terlebih dahulu berteman. Namun, jangan harap kita mendapatkan fitur yang lengkap seperti stiker maupun status pengiriman pesan jika belum berteman. 

Username Kece di Catfiz
Catfiz juga melayani kita dengan penggunaan username, NIC dan kode QR. Pokoknya lengkap dah. Username yang digunakan diawali dengan @......, sedangkan NIC berupa kombinasi angka dan huruf layaknya pin BBM, serta dapat menggunakan scan barcode untuk menambahkan teman dalam kontak. Ohya, teman-teman bisa add saya yaaa di @rhoshandha. Berikut kode QR saya:
Boleh add yuuuk

Karya Asli Buatan Anak Indonesia
Nah, Catfiz ini asli karya anak Indonesia. Namun sayangnya masih sedikit pengguna Catfiz, padahal Catfiz sangat enak digunakan. Jika boleh saya bilang, Catfiz ini seperti paket komplit dari ragam aplikasi instant messanger. Dari banyak kelebihan tersebut, mari kita menggunakan Catfiz sebagai aplikasi messanger sehari-hari kita. 

Ayo rame-rame pake Catfiz
Ayo kita sebagai anak Indonesia untuk turut serta mempopulerkan karya anak bangsa dengan cara menggunakan Catfiz. Populerkan Indonesia dengan Catfiz karena Catfiz itu seru! Ajak juga yaa teman-temanmu untuk berkomunikasi menggunakan Catfiz…

Wassalammualaikum wr wb


1 comment for "Chatting Asyik Dengan Catfiz"

  1. wuaaah aku baru tau. haha
    Tapi kayaknya kalau aku install juga nanti kebanyakan messenger deh

    ReplyDelete