Baca Revisian

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalammualaikum wr wb

Saya sadar bahwa skripsi merupakan salah satu fase hidup yang menyenangkan dan harus dinikmati prosesnya. Salah satu prosesnya adalah revisi setelah seminar proposal. Pada saat seminar proposal, para dosen menyampaikan banyak pertanyaan atau konfirmasi, kemudian memberikan saran dan masukan. Sebagai mahasiswa yang diuji, kita harus tahu banget bagaimana membedakan dosen yang memberikan pertanyaan, konfirmasi, atau saran. Itu suuuusah banget. Ya udah lah, lupakan. Sudah berlalu. Inshaa Allah lain waktu saya beri tipsnya 😆

Mungkin catatan ini berguna bagi teman-teman lain yang melakukan penelitian serupa dengan saya. Penelitian saya berjudul "Pengembangan Buku Teks Pelajaran Terintegrasi Mitigasi Bencana Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang". Gimana? Cocok? Kalau cocok bolehlah lanjuuut. Kalau nggak cocok, yaaa bisa diambil saripatinya aja lah yaa....

Pembahasan proposal pertama oleh dosen pembimbing utama, yaitu Pak Supeno. Beliau membahas banyak hal, antara lain:

1. Latar belakang kamu sudah cukup bagus, namun ada satu hal yang mengurangi poin penilaian. Pada halaman 4, terdapat paragraf yang menunjukkan bahwa seakan-akan penelitianmu ini pengulangan. Coba diatur lagi kalimatnya ya..
(akhirnya separagraf itu dihapus aja, toh tetap sinkron dengan paragraf sebelum dan sesudahnya 😅)

2. Kamu kan menggunakan model pengembangan R&D oleh Sugiyono, memangnya bagaimana sih syarat validitasnya?
(saat itu saya menjawab syarat validitas menurut Sadun Akbar, padahal teori model pengembangan saya merujuk Sugiyono, jadinya kurang sinkron gimanaaa gitu)
Syarat validitas itu adalah valid, praktis, efektif. Jadi, validasi kamu nanti harus mencakup praktis dan efektif juga

3. Maksud kesiapsiagaan ini apa? Bagaimana menggunakannya?

4. Pada halaman 25-27, sebaiknya pemilihan simbol harus konsisten.

5. Desain pengembangan menggunakan R&D nya Sugiyono (2010), mengapa tahapan-tahapan terakhir tidak dilakukan? R&D ini sebenarnya ditujukan untuk penelitian tingkat S2 atau S3. Kalau kamu memotong tahapannya, ya jadinya nanti tidak valid. Kalau pengen terlalui semua tahapannya, lebih baik pakai model pengembangannya Plomp. Tahapannya sederhana dan saya yakin kamu bisa melalui itu semua.
(Sebenarnya saya mau menjawab alasan saya hanya membatasi penelitian karena saya punya rujukannya. Tetapi pernyataan beliau bukan pertanyaan, melainkan saran dan rekomendasi 😂 ah, ya sudahlah)

6. Definisi operasionalnya diperjelas yaa. Buku teks pelajaran... ini harus runtut...

7. Penulisan daftar pustaka lihat di buku panduan

8. Perbedaan buku teks dan buku teks pelajaran itu apa?

9. Indeks siap siaga dari mana?

10. Desain dan isi buku?

Selanjutnya, pembahasan proposal oleh Pak Trap selaku dosen penguji anggota.

1. 

Related Posts

Posting Komentar