Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamera SLR dan Kamera Pocket, Mana yang Lebih Baik?

Assalammualaikum wr wb

Kita tahu bahwa produk kamera kini sangat beragam jenisnya. Kita bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan. Di antara sekian banyak jenis kamera HP, tentu saja kamera SLR dan kamera pocket masih menjadi primadona.

kamera-slr-kamera-pocket
sumber: pixabay.com
Sayangnya, belum banyak orang yang memahami perbedaan kamera SLR (Single Lens Reflect) dan kamera pocket. Supaya kita tidak bingung dengan perbedaan tersebut, maka sebaiknya kita perlu memahami hal-hal penting berikut:

Perbedaan dari Segi Ukuran


Dari segi ukuran, tentu saja kamera SLR memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada kamera pocket. Ukuran yang besar ini juga dipengaruhi penggunaan lensa kamera SLR yang bisa dicustom. Kamera yang satu ini memang bisa menghasilkan nuansa foto yang berbeda, bergantung dari kebutuhan dan penggunaan jenis lensa. Sementara kamera pocket memiliki bentuk yang lebih mungil dan pas di saku. Sehingga kita tidak akan merasa kerepotan membawa kamera pocket saat berpergian.



Kualitas Gambar yang Dihasilkan

Jika kita mahir menggunakan kamera SLR, maka kita akan mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Foto-foto tersebut bahkan akan tampak sama seperti kondisi objek foto aslinya. Hal ini agar berbeda jika kita mengandalkan kamera pocket. Sebab kamera pocket memiliki keterbatasan dalam hal lensa. Sehingga bukan mustahil jika kita mendapatkan kualitas foto yang kurang baik meskipun objeknya sangat menakjubkan.
 
kamera-slr-kamera-pocket
sumber gambar: pixabay.com

Tujuan Penggunaan Harus Ditentukan

Tujuan penggunaan kamera SLR biasanya berfokus pada momen-momen penting seperti pernikahan dan acara besar lainnya. Tentu saja hasil jepretan foto jadi lebih memuaskan dan tampak seperti aslinya. Sementara kamera pocket lebih sering digunakan untuk mengabadikan momen-momen yang tak terduga. Saat ada momen istimewa yang terjadi secara tiba-tiba, maka kamera pocket bisa diandalkan untuk merekam kejadian secara cepat.

Harga Pun Menjadi Pertimbangan

Soal harga kamera, sudah pasti kamera pocket dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah daripada kamera SLR. Kamera pocket murah berkualitas bisa diperoleh di MatahariMall.com. Bahkan ada kamera pocket yang harganya kurang dari satu juta rupiah. Sangat terjangkau dan cocok untuk kita yang gemar mengabadikan momen spesial di sekitar kita.

kamera-slr-kamera-pocket-keunggulan
sumber: pixabay.com
Sedangkan kamera SLR biasanya dijual dengan harga lebih dari 5 juta rupiah. Orang yang hobi fotografi atau memiliki profesi yang dekat dengan dunia fotografi tentu tidak segan merogoh kocek demi mendapatkan kamera SLR berkualitas.

Kedua jenis kamera tersebut memiliki keunggulan dan karakteristiknya masing-masing. Sekarang, kita hanya perlu memilih jenis kamera sesuai dengan budget dan kebutuhan kita. Yuk teliti sebelum membeli agar bisa mendapatkan produk terbaik.


Nah, gimana? Sudah paham kan? Sekarang, kamu nggak perlu bingung lagi deh untuk memilih kamera yang pas buat kamu...

Wassalammualaikum wr wb

Posting Komentar untuk "Kamera SLR dan Kamera Pocket, Mana yang Lebih Baik?"