Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

New Name, New Spirit

HaloπŸ™‹

Assalammualaikum wr wb

Apa kabar? Bagaimana kabar blogmu? Semakin membaik kah?

Ah, berbeda dengan saya. Saya sedang bersedih hati. Peristiwa tak terduga menimpa blog ini. Domain expired. Cukup kaget sih karena domainnya kadaluarsa setelah 10 bulan, bukan 12 bulan seperti biasanya.


Bukan bukaaan... ini bukan kesalahan saya yang teledor untuk mengecek email dari pihak toko website. Melainkan... hmm... karena tragedi tak terduga dan ceritanya panjang. Cerita panjang itu pun harus tercatat di sini. Kamu mau kan menyimak balada kisah saya dengan domain saya? Baiklah, terima kasih, simak baik-baik.

Saya sudah memiliki blog ini sejak tahun 2010, yaitu ketika kelas 9 SMP. Tujuan saya saat itu hanyalah untuk bercerita tentang keresahan saya dan sesuatu hal remeh temeh yang saya pikirkan saat itu. Selain itu juga ada beberapa cerpen yang sengaja saya publish di blog.

Beranjak SMA, saya mulai mengenal dunia blogging sedikit demi sedikit. Diawali dengan mendapatkan komentar pertama, lalu beranjak ke blognya, kemudian menyasar ke blog orang lain.  Saya selalu candu saat membaca tulisan teman-teman blogger. Lalu saya terinspirasi, kemudian meninggalkan jejak di kolom komentarnya. Begiiiiitu seterusnya.

Mendapatkan teman dengan minat yang sama itu rasanyaaaaaa.... bahagiaaaa banget. Ternyata bahagia adalah sesederhana itu. Apalagi ketika mengetahui bahwa orang-orang membaca blog saya dan meninggalkan komentar juga di blog saya. Duh, rasanya tak terkira... bagaikan terbang di atas awan πŸ˜†

Sejak itulah saya mulai jatuh cinta dengan dunia blogging. Tujuan saya ngeblog sangaaat murni. Hanyalah sebatas mengeluarkan uneg-uneg, berbagi inspirasi dan untuk sambung silaturahmi dengan teman-teman blogger. Tidak ada embel-embel uang sebagai tujuan saya waktu itu. Semuanya maaaasih murni. Tanpa memandang fisik dan harta.

Sembari blogwalking ke blog teman-teman, saya cukup tercengang ketika blogger seumuran saya udah pada hebat-hebat. Mereka jalin komunitas untuk saling menyemangati update blog, editing header dan template blog.

Ada salah satu hal yang membuat saya iri terhadap mereka, yaitu alamat berdotcom. Ingin rasanya saya mempunyai alamat blog yang berdotcom. Tapi duit masih belum mencukupi saat itu. Masih tipiiis banget. Ya sudah, saya jalani saja apa adanya. Tetap semangat menggunakan embel-embel blogspot sebagai penyedia layanan blog gratisan saya ini.

Beranjak kuliah, masih sama, yaitu masih belum berdotcom. Mimpi untuk berdotcom itu masih ada. Mimpi itu masih terjaga. Masih tetap didoakan.

Hingga suatu hari, ada tawaran dari seorang teman. Dia seorang hacker, tapi jarang ada yang tahu.  Lalu saya sampaikan mimpi saya kepadanya sambil berbisik "ah, hacker mah pasti bisa daftarin blog saya jadi dotcom".

Saya beri alamat email, password dan blog saya. Semuanya saya percayakan kepada dia, pun dengan urusan pembayaran. Pokoknya saya terima jadi.

Eh, ternyata bisa. Alhamdulillah 😁 Saya senaaaang sekali.


Maunya namanya rhoshandha.com, tapi saya nggak tega kalau orang-orang harus menghafal letak huruf-h-nya soalnya banyak banget dan ntar dikira lebay banget. Mau pakai rosanda.com, khawatir ntar orang-orang terbiasa menggunakan tanpa h padahal harusnya pake 3 huruf h. Lalu berencana pake kakros.com karena teman-teman memanggil saya dengan sebutan itu dan lebih familiar di telinga, eeee lah kok mahal banget. Ya sudahlah, jadilah kakroos.com. Cukup unik lah yaaa...

Bukan berarti teman saya adalah seorang hacker, lalu situs toko websitenya dihack supaya saya nggak membayar πŸ˜† Ya bukan begitu juga sih. Saya tetap membayar. Tetapi saat itu, untuk pembayaran masih pakai uang dia. Sekitar 150ribu.

Saya ingin sekali berguru pada teman saya itu. Ingin diberi tahu caranya supaya saya bisa memperpanjang domain saya sendiri, supaya nggak ngerepotin orang lain. Lah kok. Dia menghilang duluan.

Iya! Bener! Saya pusingnya minta ampun. Nggak tau cara memperpanjangnya, juga uang pembayaran itu masih belum saya berikan (dulu pake duit dia). Kalau masalah hutang dan dia menghilang... kan parah banget, jadi beban di saya.

Jadinya selama ini saya menunggu dia, sambil berharap-harap cemas agar dia segera berkabar supaya saya dapat melunasi hutan saya dan berguru untuk memperpanjang alamat domain saya. Tetapi... sampai sekarang dia tak berkabar. Saya sedih banget...

Hingga pada tanggal 26 April 2017, tiba-tiba teman saya mengabarkan bahwa domain saya expired. Siapa yang nggak shock berat? Berbagai harapan yang terbit seiring dengan alamat domain tersebut, berangsur-angsur sirna. Tidak bisa saya dapatkan lagi alamat itu jika teman saya tidak memberitahu akun namecheapnya atau dia yang mengalihkannya ke toko website lain.

Sudah saya tanyakan solusi ke toko website yang ada live chatnya, ya solusinya harus langsung berkomunikasi ke toko tersebut. Tapi ketika saya membuka namecheap... Hmm... bahasa inggrisnya beraaat banget, bukan bahasa sehari-hari. Juga, nggak ada live chat nya. Kalaupun ada, maka saya harus menceritakan kisah saya yang mbulet disertai dengan bahasa inggris yang mbulet-mbulet. Ah, intinya... saya pasrah.

Tidak mudah berpasrah untuk melupakan alamat blog itu. Mengingat bahwa DA PA nya sudah mencapai angka belasan dan puluhan, yang membangunnya butuh waktu lama. Dengan adanya alamat blog baru, berarti nilai DA PA nya juga baru, dimulai dari 1 lagi. Itu artinya, saya akan sepi job dalam beberapa bulan ke depan. Ah sedihnyaaa... padahal sebentar lagi bulan ramadhan yang menurut perkiraan saya bahwa akan ada banyak job berdatangan. Tapi ya mau bagaimana lagi, saya harus mengikhlaskan.

Saya pribadi, juga meminta maaf kepada teman-teman blogger yang pernah memberikan link dofollow atau nonfollow yang nantinya akan memengarhui traffic blog teman-teman. Ya mau gimana lagi, saya tidak bisa berbuat apa-apa. Dari hati yang terdalam, maaf ya teman-teman πŸ™πŸ™

Inipun saya juga mengikhlaskan kompetisi lomba blog saya yang sudah saya buat bersusah payah. Yaaa mau gimana lagi. Ya saya harus ikhlas, apapun resikonya.

Membuat alamat blog baru dengan perjuangan sendiri tuh rasanya... susyaaaah... membingungkan. Saya mencoba menyeleksi beberapa toko website yang saya tahu. Saya cermati harganya dan keramahannya (harus ada live chatnya, hahaha). Kemudian hati saya memilih qwords.com. Saya memilih qwords karena... hmm... lagi ada promo (mengingat kantong sedang menipis). Kena 70ribu, akhirnya saya ambil dengan menggunakan nama halokakros.com


Bukan tanpa alasan, saya memilih nama itu. Mau saya sederhana, supaya teman-teman lebih mudah dan easy listening ketika mendengar alamat blog saya. Juga, supaya mudah diingat.

Proses saya mendapatkan alamat tersebut tidak berhenti sampai proses pembayaran, melainkan saya harus melakukan beberapa tahapan supaya alamat blog saya teralihkan ke alamat baru. Saya cukup shock dengan tahapannya. Ternyata seruwet ini ya πŸ˜… Ditambah lagi keyboard laptop yang sedang error karena beberapa hurufnya bermasalah. Ah elah.

Tahapan pengalihan alamat blog, saya lanjutkan keesokan harinya menggunakan laboratorium sekolah (kebetulan saya sedang menjadi observer di lab TIK, hehehe). Semua urusan IP-IPan yang nggak saya pahamipun, akhirnya tuntas sudah.

Alamat halokakros.com akhirnya resmi saya dapatkan tertanggal 28 April 2017. Alhamdulillah... Semoga nama baru ini menjadi semangat baru bagi saya untuk menjadikan hobi saya semakin bermanfaat bagi orang lain.

Banyak PR yang harus saya kerjakan demi melangitkan blog saya ini. Semuanya dimulai dari nol. Merajinkan tulisan alami/organik yang telah lama dirindukan para pembaca blog saya, merajinkan blog walking yang harus saya targetkan supaya teman-teman mengenal alamat domain blog baru, juga merajinkan mengikuti kompetisi blogging supaya ada link external yang masuk. Iya, semakin lama saya akan semakin matre untuk memanfaatkan hobi saya guna mendapatkan uang. Karena mendapatkan uang dari hobi itu rasanya membahagiakan πŸ™†

Teman-teman, terima kasih ya telah bersedia menemani saya dan membersamai saya sampai datangnya alamat blog baru. Semoga alamat blog baru ini semakin memberkahi dalam setiap langkah kehidupan saya untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain.

Terima kasih

Wassalammualaikum wr wb







15 comments for "New Name, New Spirit"

  1. Mudah-mudahan dapat lebih banyak job deh. Semoga aku juga banyak job buat blogging, hehehehe. Pengen banget kayak Mbak Ocha..

    ReplyDelete
  2. oalah gitu ceritanya... untung bisa tetep ngelihat postingan baru karena follow blogmu cha. semoga da panya cepet naik ya. semangat

    ReplyDelete
  3. Oh jadi ini ceritanya. Aku liat kok alamat blognya baru. Kirain emang sengaja bikin baru.
    Semoga blog baru ini akan lebih berkah ya. aamiin

    ReplyDelete
  4. turut bersedih atas kehilangan donainnya kak Ros, semoga dengan domain baru bisa nambah semangat lagi nulisnya dan makin banyak karya bagus yang lahir dari domain baru

    ReplyDelete
  5. saya cek sih, domain kakroos.com expirednya tanggal 24 April 2018. Artinya sudah diperpanjang. Coba aja tanya temannya mba.
    Soalnya gak mungkin domain dibeli orang lain karena expirednya belum sampai H+45 hari

    ReplyDelete
  6. perjalanan lika liku ya untuk membentuk sebuah nama domain yang unik dan mudah dihapal oleh orang lain. Lain kali jangan lupa sering cek email biasanya ada notice penting dan terutama dari penyedia domain mba

    ReplyDelete
  7. Panjang ya ceritanya. Sempat save di Pocket dulu sebelum baca di sini. Hehehe...

    Bener sih mbak, ada baiknya kalau ngurus domain. Minimal lah ya, bisa ngurus sendiri. Soalnya kalau ada perpanjangan biar bisa ngeh juga. Domain baru juga Page View baru dong ya? Hehehe... Enggak papa mbak, semangat!

    ReplyDelete
  8. Ceritanya tentang blog yang expired-nya panjang juga lika-likunya ya...Tapi dari pengalaman ini,kita bisa belajar untuk lebih hati-hati.
    Eh..terus temannya sampe sekarang benar-benar nggak ada kabarnya ya??

    ReplyDelete
  9. Aku kurang paham sebenarnya dengan domain2an. Jadi ga bisa ngasih solusi. Tapi setelah baca cerita panjang tentang domain kak ros, ikut sedih juga mengingat perjuangan telah lama membangunnya. semoga disabarkan dan yang baru lebih baik dari yang sebelumnya. Aamiin.

    ReplyDelete
  10. Kak Ros,
    Kalo sudah expired, semua tulisannya hilang begitu sajakah?

    Hadeuuu....sedih yaa...

    In syaa allah di sini lebih produktif lagi.
    Semangaaat...

    ReplyDelete
  11. Semoga dengan berganti nama, rejekinya malah semakin bertambah dan semakin semangat menulisnya.

    ReplyDelete
  12. ya ampun sayang banget ya. Tapi semangaaattt pasti bisa donkk kaya yang kemarinn

    ReplyDelete
  13. Sayang tp mau gimana lagi ya. Ya semangat lagi utk 3 bulan biar stabil. Kmarin aku jg baru beliin domain teman pake akunku. Hawatir dikit kalau kita marahan kan kasihan domainnya. Moga2 thn dpn bs transfer domain utk menghindari hal2

    ReplyDelete
  14. Mungkin setelah ini bisa back up semua tulisan utk jaga2.
    Seamat ya utk nama domain barunya :)

    ReplyDelete
  15. Semoga di blog yang sekarang, rezeki makin lancar ya, Kak Ros. Mudah2an tulisan2 yg baru pun pada naik halaman depan Google, biar banyak yang klik juga kan :)

    ReplyDelete