Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merapikan Kenangan dalam Album Foto idPhotobook

album-foto-idphotobook

Assalammualaikum wr wb

Halo, apa kabar? Semoga kabarmu selalu bahagia, berenergi dan senyumanmu selalu manis ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Setiap malam, saya selalu mencoba meluangkan waktu untuk merefleksi diri. Mengingat-ingat kegiatan dan kejadian yang telah saya alami seharian. Ada kejadian yang membahagiakan, namun ada pula kejadian yang berbuah pelajaran dan  harus segera diperbaiki. Semoga diri ini selalu berbenah.

Kembali Membangkitkan Kenangan 

Tak jarang, saat refleksi malam hari, saya membuka memori-memori lama, baik sehari yang lalu, seminggu yang lalu, bahkan setahun yang lalu. Memori itu tersimpan dalam sebuah buku agenda, buku harian, maupun album foto.

Menyibak lembar demi lembar kenangan. Menyelami satu persatu foto yang penuh cerita. Melakukan hal sederhana seperti itu adalah seru. Ada rasa yang membuncah ketika foto-foto itu menunjukkan jiwanya. Membuat masa lalu sulit dilupakan. Bukaaaan, bukan berarti saya terjebak nostalgia. Hanya saja kenangan itu selalu indah karena ada rasa syukur yang menyertainya, begitupun sekarang.

Dari banyaknya jenis memori yang dapat membangkitkan rasa rindu, bagi saya memori yang mampu mengungkapkan cerita secara lebih utuh adalah foto. Ketika saya kecil, Ayah sering sekali mengabadikan tumbuh kembang anak pertamanya melalui kamera kodak. Mulai dari saya yang baru belajar tengkurep dan melumah, saya yang baru dibedaki dan belum pakai baju, saya yang belajar menyikat gigi dengan sikat gigi terbalik, saya yang didandani pakai kerudung padahal yang dipakai adalah kain taplak meja ๐Ÿ˜…. Ah elah, apapun aktivitasnya kala itu, hampir semuanya difoto.
kak-ros-masih-kecil

Untungnya foto-foto itu tercetak dan masih ada sampai sekarang. Memori kala itu tersimpan dalam 2 buku album foto yang dibeli oleh Ayah. Kedua album fotonya bersampul hitam, tak bermotif, polosan saja, datar, ya begitu aja. Maklumlah, Ayah yang beli, ya disesuaikan dengan seleranya Ayah. Jadinya hmm... surem-surem gitu kalau ngelihatnya.

kak-ros-bayi

Apalagi ukuran frame fotonya pas banget dengan ukuran foto 3R pada umumnya. Tak bersisa walau 1 cm pun. Ah elah. Padahal kalau ruang framenya lebih besar, saya bisa memberinya hiasan di pinggir-pinggir foto. Memberikan keterangan atau menempelnya dengan stiker lucu-lucu. Minimal, album fotonya terasa lebih hidup. Tapi ya bagaimana lagi, pilihan album foto saat itu adalah kekuasaannya Ayah, hehe.

Seiring berjalannya waktu, saya kian menyadari bahwa kita (saya dan kamu) lebih suka menyimpan foto-foto dalam harddisk laptop, setuju? Kapasitas harddisk yang besar dan kemudahan untuk transfer foto dari handphone maupun kamera menjadi alasan kuat untuk kita memilih menyimpan kenangan-kenangan itu dalam laptop. Pun kalau ingin melihatnya lagi, ya kita cukup membuka laptop, buka folder-folder foto, lalu diklik, muncul deh, foto akan terpampang nyata seukuran layar laptop. Praktis kan?

folder-foto

Namun ada rasa yang berbeda, antara membuka foto di album foto dan di laptop. Bedaaaaa banget. Ada sesuatu yang hilang saat membuka foto melalui layar kaca laptop. Entah apa sesuatu yang hilang itu. Mungkin, jiwanya.

Drama Album Foto

Beberapa tahun yang lalu, sempat terbersit untuk mencetak foto-foto yang ada di laptop, tentunya foto-foto terpilih. Kalau foto yang ada di laptop mau dicetak semuanya mah, jadinya rugi bandar. Lebih baik dipilih yang berkualitas dan membekas. Ahaaay ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ

Pengen banget sih, foto-foto itu tercetak dan terkumpul dalam sebuah album foto. Lalu membuka kenangan demi kenangan yang tersibak  dalam lembaran foto. Aiiih indahnya aktivitas sederhana itu ๐Ÿ˜

Dulu, setelah saya dan keluarga pergi liburan ke Bali, sempat terbersit juga untuk mencetak sendiri foto-foto liburan di Bali. Rencananya, foto-foto yang temanya sama dijadikan satu dalam satu album foto. Rencananya juga, saya mau mendesain sampulnya sendiri, mempersiapkan bahan-bahannya sendiri, dan mencetaknya sendiri. Di rumah sudah ada kertas foto, printer beserta tinta warnanya. Semuanya sudah lengkap.

Dengan semangat 45, saya melakukan semuanya itu serba sendiri sembari berharap-harap cemas. Hasilnya bagus. Lumayan. Cerah. Tapi.... tak mampu bertahan lama ๐Ÿ˜“

Iyaaa, setahun kemudian foto-foto itu warnanya luntur, nggak cerah lagi, nggak aduhai lagi, nggak berjiwa lagi. Ah, sedihnya.

Sejak saat itu, saya berhenti mencetak foto sendiri dengan mengandalkan kemampuan yang terbatas ๐Ÿ˜…. Tapi mimpi-mimpi untuk mencetak foto-foto yang ada di laptop, tak pernah surut. Mimpi sederhana itu masih terngiang, pun sampai kini.

Menemukan Pewujud Mimpi

Hingga suatu hari, ketika saya buka timeline instagramnya Kak Ayudia Bing Slamet, artis sekaligus selebgram tersohor di tanah air, terlihat bahwa ia sedang menunjukkan foto-fotonya yang tersimpan rapi dalam sebuah album foto. Saya memerhatikannya dengan seksama. Lalu melongo.

album-foto-idphotobook

Segelintir pertanyaan berseliweran dalam hati. "Itu masa' iya Kak Ayudia sendiri yang menempel fotonya? Eh, ditempel kah itu? Kok rapi? Desain sendiri? Ah masa'? "

Heran sih, foto-foto di album fotonya tertata serapi itu, semanis itu, dan seindah itu. Ketika saya melihatnya, saya ikut tersenyum, ikut merasakan kebahagiaan yang dirasakan si keluarga belo๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

album-foto-idphotobook

Setelah saya telusuri dan kepoin lebih lanjut, ternyata eh ternyata foto-foto di album foto itu bukan tempelan, melainkan penataan rapi saat desain, tentunya sebelum proses mencetak. Lalu kepada siapakah Kak Ayudia memercayakan urusan pembuatan album fotonya, lengkap dengan desain dan cetaknya?

IdPhotobook jawabannya.

album-foto-idphotobook

Saya senang sekali saat mengetahuinya. Saya langsung meluncur ke instagramnya dan offical websitenya. Melihat potret album foto yang dibagikan di akun officialnya, membuat saya tak berhenti kagum. Pun tak berhenti untuk berkhayal.

"Nanti ada album keluarga yang sampulnya berwarna biru, ada juga album khusus kegiatan saya di Unej Mengajar, juga ada album yang berisi foto-foto saya ketika kuliah. Eh ya, sepertinya album keluarga akan ada dua deh, soalnya banyak cerita liburannya, hehe. Uwaaaaw, belum lagi foto-foto saat pernikahaaaan, saat punya dedek bayi. Aiiiih, gemasnyaaaa.... "

Yaaa, kira-kira begitulah khayalan saya. Semoga khayalan ini tak sekedar bualan dan semoga lekas menjadi nyata. Aamiin.

album-foto-idphotobook


Mengenal IdPhotobook Lebih Intim

IdPhotobook merupakan sebuah usaha startup yang digagas oleh sekelompok pemuda yang memiliki ketertarikan dan passion dalam bidang desain, fotografi, dan digital business. Mereka menawarkan jasa pembuatan album foto yang berkualitas dan berkelas.

Ribuan foto yang menumpuk di folder, ada baiknya untuk segera diwujudkan menjadi sebuah album foto, supaya foto-foto tersebut terasa jiwanya. Percayakan saja kepada IdPhotobook yang akan menyatukan foto-foto dalam sebuah album foto yang ciamik.

album-foto-idphotobook


IdPhotobook berlokasi di Jogjakarta, lebih tepatnya di jalan KH. A. Dahlan, Ngadiwinatan NG 1/1296, kecamatan Ngampilan. Eits, bukan berarti kita harus datang jauh-jauh ke Jogjakarta untuk memesan album foto seperti yang kita mau. Cukup kita ambil gawai lalu klik ini dan klik itu, jadi deh album foto yang kerennya kebangetan. Sederhana kan?

Kenangan itu akan selalu ngawang apabila masih di bayang-bayang. Akan lebih indah dan memiliki soul apabila kenangan itu sudah memiliki wujudnya, yaitu dalam bentuk foto sekaligus album fotonya. IdPhotobook bersedia memberikan pelayanan terbaik untuk orang-orang pegiat kenangan. Ia akan memberikan full service kepada customernya yang telah memercayai pembuatan album foto kepadanya. Tentulah ada sejuta alasan untuk kita memilih IdPhotobook sebagai tempat terbaik mencetak kenangan-kenangan kita.

album-foto-idphotobook


Berkelas dan berkualitas

Itu adalah alasan pertama kita memilih IdPhotobook. Album fotonya didesain oleh desainer profesional yang benar-benar paham komposisi warna serta cara memadupadankannya dengan foto-foto milik kita.  Jadinya album foto kita tampak berkelas ๐Ÿ˜Ž

Selain itu, untuk proses mencetaknya IdPhotobook menggunakan mesin cetak digital printing yang terbaik di kelasnya. Percayalah, hasil album fotonya akan berkualitas. Perpaduan yang komplit: berkelas dan berkualitas.

album-foto-idphotobook


Awet, Sampe Kakek Nenek

Hal ini menjadi jawaban bagi keluhan saya sebelumnya yang sok-sokan mencetak album foto sendiri, hehe. Album foto yang disajikan oleh IdPhotoBook dijamin awet karena kertas fotonya menggunakan kertas Mate Paper High Quality 150 gram. Untuk sampulnya, menggunakan Hard Board berlapis Neon Master Grade A. Dijamin tahan lama dan tahan air. Kualitas warnanya juga akan tetap sama, yaitu cerah dan tajam sehingga jiwa dari foto cerita itu tak akan pernah pudar, pun sampai kita menjadi kakek nenek.

album-foto-idphotobook

Desain Eksklusif

Album foto yang dibuat oleh IdPhotobook akan didesain secara eksklusif, tentu akan berbeda tampilan dan sentuhannya. Meskipun tema yang dipilih adalah sama dengan pelanggan lain, namun kolase dalam album fotonya tentu beda dooong, mengingat bahwa akan ada banyak rupa-rupa bentuk foto yang kita berikan kepada tim desain IdPhotobook. Jadi, album foto ini cocok banget untuk menyimpan kenangan pribadi atau dapat dijadikan kado untuk diberikan kepada orang terkasih yang sedang berulang tahun, menikah atau yang sedang menikmati kebahagiaan lainnya.

Ada beragam tema yang ditawarkan. Tema tersebut bisa disesuaikan dengan foto-foto yang mau dialbum fotokan. Ada beberapa tema yang semuanya menarik, antara lain: travelling, anniversary, anak-anak, wedding, family, simple elegant, colorfull, dan romantic.

album-foto-idphotobook 

album-foto-idphotobook

Untuk tema anak-anak, ada subtema lagi nih. Tentunya subtema ini bisa disesuaikan dengan kartun atau kesukaan anak-anak. Tema-temanya antara lain: transformers, winnie the pooh, olive, rilakkuma, frozen, hello kitty, little pony, cars, marvel dan doraemon.

Terpercaya dan Menjaga Kepercayaan

Semua proses pembuatan album foto ini dikerjakan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Tentulah mereka sangat bisa dipercaya untuk mengerjakan album foto kita. Bahkan peluh keringat mereka akan membuat kita terkejut saking bagusnya hasil pekerjaan mereka.

Banyaknya foto-foto yang masuk ke tim IdPhotobook, termasuk foto-foto pribadi milik keluarga, nggak akan pernah dibocorkan atau dibeberkan ke publik. Mereka akan menjaga kerahasiaan foto-foto itu karena mereka sangat menghargai privasi. Kalaupun ada yang terpublish ke publik, tentulah ada persetujuan dari pihak yang bersangkutan. Tim IdPhotobook paham betul rasanya mengemban amanah.

Salah satu bentuk bukti dari sebuah kepercayaan adalah testimoni. IdPhotobook memang nggak main-main perihal produk yang diberikan serta kepuasan pelanggan terhadap pelayanannya. Testimoni langsung dari pelanggan dapat dilihat dimanapun, melalui website, tag di instagram, tag di facebook, dan sebagainya.

album-foto-idphotobook


Harga Murah, Penyajian Mewah

Hal yang paling mendebarkan dalam membeli sebuah produk beserta layanannya adalah harga. Tenang ajaaaa, harga cetak album foto di IdPhotobook terjangkau kok. Mulai harga 100.000 rupiah sampai 400.000 rupiah saja. Cukup hemat kan? Daripada kita repot-repot desain tema album foto sendiri dan cetak foto sendiri, ya mendingan menggunakan jasa dari Idphotobook yang terpercaya dan siap menyajikan album foto yang mewah.

Tentulah semakin tinggi harga, maka semakin besar pula layanan yang diberikan. Eits, tenang saja, nggak mempengaruhi kualitas kok, hanya berpengaruh pada kapasitasnya saja. Kalau kualitas mah, dijamin tetap berkelas dan berkualitas.
album-foto-idphotobook
album-foto-idphotobook


Mudah dan Praktis

Kelebihan dari IdPhotobook adalah pemesanan album foto yang mudah dan serba praktis. Langsung ambil gawai atau laptop, lalu scroll-scroll, lalu klik-klik, beres deh. Gampang kan?

Eh tapi kalau kamu pengen tahu lebih detail tentang pemesanan yang mudah banget, sini sini, duduk manis. Saya jelaskan satu persatu kepadamu.

1. Akses IdPhotobook via mobile maupun dekstop

Tanpa basa-basi lagi, langsung saja kamu buka website "idphotobook.com". Lalu akan muncul tampilan promo atau diskonan untuk pembelian album foto. Lanjutlah untuk scroll ke bawah, akan ada pengenalan singkat tentang apa dan bagaimana layanan yang ditawarkan oleh IdPhotobook. Lanjut scroll sedikit lagi ke bawah, maka akan terpampang nyata paket-paket album foto yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu.

album-foto-idphotobook

IdPhotobook hadir nggak cuma di website aja kok, melainkan juga ada di aplikasi yang bisa kamu pasang di smartphone. Kamu langsung aja download aplikasi IdPhotobook via playstore. Enak banget kalau punya aplikasi IdPhotobook di smartphone. Kalau lagi pengen mencetak kenangan-kenangan bersama si dia, langsung aja buka aplikasinya lalu scroll-scroll manja dan klik-klik, jadi deh.

2. Buat akun

Sebelum kamu melakukan pemesanan, pastikan kamu memiliki akun di IdPhotobook. Cara untuk memiliki akunnya gampang kok, kamu hanya perlu sign up, isi biodata sederhana, lalu jadi deh. Atau bisa proses sign in nya langsung disambungkan ke facebook.

3. Pilih Paket

Tersedia 7 paket album foto yang bisa kamu pilih. Paket tersebut lebih menunjukkan tentang ukuran  dan kapasitas album fotonya. Perihal kualitas sampul dan kertas fotonya, pastilah tetap berkualitas ๐Ÿ˜Ž

4. Isi Form Lokasi Pengiriman

Isilah dengan baik dan benar perihal lokasi pengiriman album foto. Sampaikan juga, apakah lokasi pengiriman itu adalah alamat rumah atau alamat kantor. Supaya jelas.

album-foto-idphotobook

5. Pilih Layanan Pembayaran

Akan tampil biaya cetak album foto yang harus kamu bayarkan. Tenaaaang, nggak ada ongkir alias ongkos kirim kok. Jadinya kamu lebih hemat, nggak perlu merogoh kocek lebih dalam. Tanpa babibu lagi, langsung aja kamu melakukan pembayaran di salah satu bank berikut ini: BNI, Mandiri, BCA, atau BRI. Jangka waktu pembayaran hanya 1x24 jam, jadi segera dibayarkan. Kalau kamu sudah membayar, jangan lupa untuk konfirmasi ya ๐Ÿ˜‰

album-foto-idphotobook

6.  Pilih Tema Sesuai Hati Nurani

Yeeeey, tahapan memilih tema adalah tahapan yang ditunggu-tunggu. Kamu bebas memilih tema semaumu. Pastikan saat memilih tema album foto, hatimu sedang berbunga-bunga yaa. Supaya nggak akan menyesal di kemudian hari karena pemilihan tema album foto harus sesuai dengan hati nurani.

album-foto-idphotobook

Ohya, kalau paket yang kamu pilih adalah paket yang berisi dua album foto, jangan khawatir akan temanya. Kamu tetap bisa memilih tema untuk masing-masing album foto. Seru kan? Iya, tim IdPhotobook selalu mengerti yang kamu mau.

Jangan lupa pilih warna cover. Selain itu sertakan pula judul albumnya. Judul ini akan dijadikan sebagai tulisan yang tersemat dengan jelas di sampul album foto. Kalau judulnya mau menggunakan inisial namamu dan nama kekasihmu, boleh kok.

7. Upload Foto

Yuhuuu... upload foto ini adalah tahapan terakhir. Pilih foto-foto terbaikmu untuk diunggah di kolom upload foto. Jumlah foto yang diunggah, pastikan jumlahnya sama dengan kapasitas foto yang disediakan pada paket album foto yaaa. Supaya pas saat membuat kolase. Ohya, usahakan kualitas fotonya baik yaaa, supaya semakin menawan album fotonya.

album-foto-idphotobook

Taraaaaaaa.... Semua sudah oke sehingga album foto siap diproses dan dicetak. Proses ini berlangsung sekitar 5-7 hari.

Gimana? Sudah paham kan cara-cara memesan album foto yang menawan serta alasan memilih IdPhotobook untuk cetak foto yang berkualitas?

Manfaatkan Promo yang Ada

IdPhotobook ini sering banget mengadakan promo. Promonya gede-gedean pula. Pokoknya jangan sampai kita ketinggalan promonya. Supaya nggak ketinggalan info-info promonya, mendingan kita langsung follow facebook dan instagramnya. Supaya bisa gercep (gerak cepat) buat dapetin promonya, hehe.

Sekarang ini, IdPhotobook lagi ngadain "Flash Sale" Yeeeeey ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ

album-foto-idphotobook


Paket Flash Sale ini berisi 2 album foto dengan masing-masing 32 halaman. Eh masih ditambah bonus 2 buah New Kayla Mini yang masing-masing berisi 32 halaman. Total semua halaman adalah 96 halaman dan bisa diisi 198 foto ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ Uwaaaaaw mauuuuu. Harganya yang semula 550.000,- eh didiskon jadi 339.000,- . Ya ampun murah bangeeeet. Desain sampulnya juga saya suka bangeeeet

Ya udah, saya memantapkan hati untuk memilih yang Flash Sale aja, hehe. Lumayan, dapat 4 album, desain cover ciamik, bisa muat hampir 200 foto, dan murah. Yey, saya akan punya album foto yang menawan ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ

Saya langsung aja deh, buruan cus untuk memilah dan memilih foto-foto yang akan saya cetak. Iya, banyak banget foto-foto yang ada di laptop, saya harus mendapatkan foto terbaik yang dapat menyibak sejuta cerita. Tentunya, saya akan cetak foto online mudah dengan IdPhotobook.

Sudah yaaa, saya pamit dulu. Saya mau merapikan kenangan, hehehe...

Wassalammualaikum wr wb

album-foto-idphotobook
Postingan ini diikutsertakan dalam kompetisi blog IdPhotobook  (Gambar dan referensi berasal dari IdPhotobook)




25 comments for "Merapikan Kenangan dalam Album Foto idPhotobook"

  1. Aku uda kapok naro di kompi foto-foto zaman muda ((muda)) hangus hilang seiring matinya kompi makanya aku lebih suka cetak foto mba :) idphotobook jawaban dari keringkesan buat cetak foto ya ga perlu dtg ke tukang foto tgl duduk cantik online bayar jadi deh :) sukses mb lombanya

    ReplyDelete
  2. Merapikan semuanya dalam buku sehingga cinta kasih abadi akan terkenang selalu didalamnya. Semoga disana nanti tersimpan kenanagna indah yang bisa dilihat hingga anak cucu cicit nanti

    ReplyDelete
  3. Asyik neh ... gegara ini saya buka webnya dan pilih-pilih desain buat order cetak euy ... makasih infonya ya

    ReplyDelete
  4. wahhhh, aku jadi mupengggggg, udah kebelet cetak2 di IDPhotobook, moga masih ada ya flash sale nya :)

    ReplyDelete
  5. Roos, potomu unyu sekalii... dan ada Rinso jaman kapan ituuu hahaha...
    Abadikan, ros.. segera. Direpro lalu cetak ulang :3

    ReplyDelete
  6. Jadi pengenn buka Idphoto book ini yahh.. lucu2 frameeeenyaa

    ReplyDelete
  7. Pilihan paket dan framenya menarik, harganya juga masih terjangkau. Foto-foto bersama keluarga dan sahabat masih sesekali saya cetak, kadang dalam bentuk digital entah saya lupa tersimpan di mana. Saling banyaknya foto, momen yang tercetak di foto bisa dilihat sampai tua nanti.

    ReplyDelete
  8. Wahh ternyata idphotobook itu ada di jogja toh.. besok pas pulang kampung langsung kesana ah mba.. lumayan nih mau cetak beberapa foto.. kata emak saya, ngapain foto kok dipajang di laptop, cetak donk biar bisa dilihat banyak orang

    ReplyDelete
  9. Biar zaman makin canggih tapi foto yang tercetak tetap jadi kenangan tersendiri buat kita ya.

    Aku mau pesan juga ah, harganya terjangkau dan masuk akal yaa

    ReplyDelete
  10. Idphotobook.. kece bangat..hasilnya bagus.bikin pengen cetak di sana juga..
    Apalagi bisa bikin caption yg melatarbelakangi foto..

    Pokoknya photobook kece deh.

    ReplyDelete
  11. memang kadang kalau udah banyak poto biar enak liatnya aku lebih suka kalau photo photo itu di cetak jadi makain banyak kenangan di dalamnya

    ReplyDelete
  12. Sedih bet nggak ada poto kenangan saat kecil, wkwkwkwk
    TApi emang beda sensainya kalau liat foto dri album sama di poto. lebih enak di album,
    sukses yah mbak ^_^

    ReplyDelete
  13. Wihiii asyik ya mba. Bisa cetak foto online. Jadi mudah banget

    Yang saya suka dari idphotobook ini pilihan themanya itu lho. Jadi foto2nya bisa makin mengikat kenangam deh

    ReplyDelete
  14. Aku lebih suka membolak-balikkan halaman album daripada geser-geser kursor di layar. Hihihihi.

    Ketje yaaa. Nggak perlu lagi ngotak-atik album sendiri, dah terlayout dengan tjantik.

    ReplyDelete
  15. Aku lebih suka membolak-balikkan halaman album daripada geser-geser kursor di layar. Hihihihi.

    Ketje yaaa. Nggak perlu lagi ngotak-atik album sendiri, dah terlayout dengan tjantik.

    ReplyDelete
  16. Tema yang ditawarkan oleh IdPhotobook bagus-bagus ya...
    Saya pernah kehilangan file foto-foto keluarga kami, Kak Ros. Tanpa sengaja suami menghilangkannya waktu laptop kami diformat. Hiks...sedih banget, foto kenangan banyak yang hilang.
    Coba kalau udah mengenal IdPhotobook dari dulu, kayaknya filenya aman ya...

    ReplyDelete
  17. Bagus-bagus banget Mbak... temanya juga banyak ya. Ketika melihat ini, berasa punya majalah pribadi full color dan awet. Bentuk album fotonya itu lho...
    Pasti asyik kalau bisa punya beberapa album foto. Bisa buat hadiah anak nanti.

    ReplyDelete
  18. Sayangnya lokasinya di jogja :( coba di jakarta tp bagua sih kayanya idphotobook ini untuk mengabadikan koleksi foto kita dalam bentuk cetakan

    ReplyDelete
  19. Wah mantap banget cetak fotonya gampang dan paketnya juga enggak mahal banget. Wajib banget ini

    ReplyDelete
  20. Zaman ortu kita masih pakai album foto ya mbak. Pas kita udah mulai percaya sama harddisk hehe. Pdhl kdng suka error trus akibatnya menghilang/ terhapus :(
    Jd pengen cetak foto nih jdnya...

    ReplyDelete
  21. Iya ya mbak, seru juga bikin album foto. Terakhir cetak foto ya pas pernikahan. Jd pengen lagi cetak foto dan bikin album keluarga

    ReplyDelete
  22. huwaaa ada foto bugil xixixixi
    aku belum pernah sih tapi liat testinya orang2 jadi kepingin coba

    ReplyDelete
  23. Aku lagi bingung nih, mesti mulai cetak dari foto liburan yang mana..... Udah terlalu numpuk. Gini deh kalau suka nunda-nunda ga nyetak foto kan jadinya.

    ReplyDelete
  24. dulu itu seru liat orangtua ngeprint hasil poto film, dibuat album, terus idkasih tulisan2 digunting dari majalah.. lucuuuuu dan memorable banget..

    ReplyDelete
  25. Memang bagus ya Kaaaak. Pernah lihat juga dari ads di instagram dan kepengen, tapi belum tahu mau pasang foto apa. XD

    ReplyDelete