Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pahlawan Lumajang Lebih Dalam

tugu-pahlawan-lumajang
Desain oleh Dondik Robbini

Terima Kasih Pahlawan Lumajang

10 November bukan hanya milik rakyat Surabaya, yang berhasil memukul mundur A.W.S Mallaby. Melainkan juga milik setiap orang yang berdada Garuda.

Kita sungguh harus berterima kasih kepada mereka. Orang-orang yang tidak tercatat namanya. Tak dikenal, tetapi berbesar hati untuk mempertahankan merah putih tegap berdiri di berbagai belahan NKRI. Mereka adalah orang-orang yang menunda kesenangannya sendiri.

Mereka telah mengorbankan masa mudanya. Mempersembahkan nyawanya, untuk kita... untuk kita merdeka hari ini. Indonesia hari ini. Mari kita syukuri kemerdekaanya, dan... satu persatu kita lunasi janji kemerdekaannya.
Bumi Lumajang-pun  ada karena dipertahankan oleh  mereka yang berdada Garuda. Kami, tidak benar-benar kenal betul. Tidak juga membaca literatur sejarah dengan benar. Kami, sedang mencari dan mencoba menggali, mereka yang berjuang dalam sunyi. Mereka yang dulu, darahnya tumpah ruah di bumi Semeru ini.

Siapakah pahlawan Lumajang yang kamu tau? Ceritakan pada kami...

#TerimaKasihPahlawan #PahlawanLokal #KILumajang4 

Dokumentasi foto kami ambil dari link di bawah ini. Terima kasih sudah berbagi di blog dan sosial media. Mohon maaf tidak sempat menghubungi untuk ijin.

https://hafidhmind.wordpress.com/2014/11/06/monumen-perjuangan-polri-tumpeng-lumajang/

https://hananomi.wordpress.com/mengenal-kapten-suwandak-sejarah-perjuangan-rakyat-lumajang/

http://dewantosukertio.blogspot.co.id/

-----

Assalammualaikum wr wb

Maaf baru menyapa. Memang sengaja kali ini mendahulukan ucapan terima kasih kepada mereka yang sedang dikenang secara spesial setiap 10 November.

Tulisan tersebut bukan murni hasil pemikiran saya pribadi, melainkan buah pemikiran kroyokan dari Mas Dondik, juga saya. Kalau desain gambarnya, spesial dari Mas Dondik yang kueceh untuk Kelas Inspirasi Lumajang.

Sebenarnya hari ini saya ingin menuliskan something special. Ya, spesial karena saya tidak pernah membahasnya di blog ini. Padahal ia erat dengan kehidupan saya.

Setiap kali saya bersama Ibu, Ayah, dan Adek menelusuri jalanan Lumajang. Tak dipungkiri bahwa kami tentulah melewati jalan arteri yang tersematkan nama pahlawan. Tujuannya untuk menghargai jasa mereka dengan cara mengingat nama dan jasa-jasanya. Salah satu cara mengingatnya adalah dengan menjadikan namanya sebagai nama jalan.

P.B Sudirman menjadi pahlawan yang difavoritkan namanya untuk digunakan sebagai nama jalan. Biasanya namanya menghiasi jalan raya.

Kalau di Lumajang, ada beberapa pahlawan lokal yang saya tahu namanya tersemat pada nama jalan. Semisal Kapten Suwandak, Kapten Kyai Ilyas, Patih Sastrodikoro, Letjen Sutoyo, dan masih banyak lainnya.

Saya masih sebatas mengenalnya hanya dari sekedar nama jalan, belum tahu persis bagaimana sejarahnya. Sebenarnya banyak sih tulisan di internet yang membahas sejarah pahlawan Lumajang, tapi yaa gitu. Saya belum tahu persis kebenarannya. Maksud saya, alangkah lebih baik apabila saya mendapatkan wawasan tentang pahlawan Lumajang dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lumajang. Ya kan? 😃😃😃

Sejujurnya saya prihatin terhadap diri saya sendiri. Saya lebih mengenal pahlawan-pahlawan kota sebelah. Sebut saja Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi. Ada beberapa yang saya tulis dan ada yang akan saya tulis. Sedangkan kota sendiri? Aiiih, Lumajang Jaman Doeloe yang digelar setahun lalu saja, belum juga ditulis, apalagi yang lain? Ah, bloger macam apa sih saya, melupakan kota sendiri.

Sebenarnya hari ini saya berniat menulis tentang sekilas pahlawan Lumajang, sumbernya sama dengan sumber desain gambar di atas. Tapi yaa gimana  ya. Kurang greget aja sih rasanya kalau saya hanya mempelajarinya dari internet. Rasa jadi blogernya itu kurang ngeh 😆

Hal ini jadi teguran banget sih buat saya. Secara tidak langung menasehati saya bahwa saya harus segera beberes untuk mengenal Lumajang lebih dekat, lebih intim, dan lebih dalam.  Dengan mengenalnya, maka saya bisa memperkenalkan Lumajang kepada masyarakat luas.

Inshaa Allah yaa... Doakan saya supaya menyegerakan hal baik ini.

Eh boleh loooh kalau kalian mengajak saya keliling Lumajang 😅
Mari kita jelajah Lumajang bareng-bareng 💃💃💃

Wassalammualaikum wr wb

1 comment for "Mengenal Pahlawan Lumajang Lebih Dalam "