Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gabung Kelas Inspirasi Lumajang

Assalammualaikum wr wb

Wihiiii, semangat pagi! Semoga teman-teman selalu semangat setiap hari… seperti semangatnya anak-anak di lereng pegunungan yang selalu berangkat dini hari untuk menimba ilmu kepada guru-guru yang selalu menginspirasi.


Saya tuh, sering kangen dengan guru-guru SD saya. Sering kangen juga kepada anak-anak SD yang aduhaaaai lucu dan lugunya mereka, khususnya anak-anak SD yang tinggal di pelosok. Saat menatap matanya, melihat sunggingan senyumnya, meremas jari-jari mereka, saya merasa ada energi positif yang mengalir kepada saya. Energi positifnya itu seperti energi magis. Bagaikan terhipnotis, bahwa semangat saya harus seperti mereka yang siap bangun pagi dini hari, menanti kedatangan guru-guru di sekolah.

Hal ini saya saksikan secara nyata, ketika saya mengikuti Kelas Inspirasi Lumajang 2 di SDN Bandaran kecamatan Kedungjajang. Kala itu, saya bersama teman-teman sengaja menginap di sekolah, supaya lebih terasa gitu hawa sekolahnya.

Pagi harinya, belum jam 6 pagi, kami masih bergantian mandi dan sarapan, eh anak-anak sudah datang. Saya coba mendekati gerbang sekolah, mengecek apakah benar itu anak-anak SD yang sudah berseragam merah putih, ataukah anak-anak yang sedang numpang lewat karena ada orang asing datang ke desa mereka? Saya datangi mereka, memerhatikan dengan seksama, soalnya waktu itu matahari belum terang banget, masih agak gelap. Eh ternyata benar, itu sungguh anak-anak SD yang saya akan berbagi semangat dengannya.

Pagi hari, persiapan. (foto oleh Demian)
Subhanallah… kalian keren sekali, nak. Bukankah rumah kalian dekat dari sekolah? Rupanya sebangga itu ya orang tua meminta kalian untuk berangkat sekolah.. menyiapkan semuanya sejak pagi buta. Ah Indonesia, engkau masih memiliki generasi yang siap bangun pagi untuk menimba ilmu di sekolah.

Ekspresi saya alami sekali 😅 (foto oleh Demian)
Kenangan itu, ingin saya bangkitkan lagi di Kelas Inspirasi Lumajang. Kini, sudah memasuki yang keempat. Wihiiii, senangnya. Saya sih, pengennya… bisa bermalam lagi bersama tim solid di sana. Soalnya seru siiih, bisa mengenal tim lebih akrab dan intim. Juga bisa bertukar energi dan saling menguatkan. Wihiiii, pokoknya saya kangen berat deh.

Teman-teman 1 tim. (fot oleh Moh. Zainuri)
Nah, kini Kelas Inspirasi Lumajang hadir lagi. Inshaa Allah akan diadakan pada tanggal 12 Februari 2018. Iyaaa, hari Senin. Kenapa Senin? Karena Senin adalah waktu yang tepat untuk kita mengembalikan kenangan manis tentang upacara bendera. Uwaaaa, saya kalau dengerin lagu Indonesia Jaya saat upacara selalu mbrebes mili.

foto oleh Moh. Zainuri
Teman-teman, ikutan Kelas Inspirasi Lumajang yuk.

Untuk teman-teman yang merasa profesinya beragam, berbeda, asing, aneh, misalnya perawat, analis medis, pengacara, jaksa, jurnalis, penyiar radio, floor director, narablog, penulis buku, kameramen, manajer perusahaan, psikiater, pengusaha, pelukis, dll, atau yang anak-anak SD jarang tahu, ikut yuk jadi relawan pengajar. Nantinya, teman-teman akan berbagi cerita tentang profesi kepada anak-anak SD di ruang kelas mereka.

Iyaaa, cerita tentang profesi. Misalnya, kerjanya ngapain aja, boleh dibuat drama atau acting gimana kerjaannya sehari-hari. Menceritakan kerjanya dimana, enaknya apa, dll. Nanti menceritakannya itu ya pakai seragam profesi. Supaya kelihatan keren dan gagah. Tentunya supaya bayangan anak-anak tentang profesi itu semakin nyata.

Apabila teman-teman tertarik, langsung aja daftar dengan mengisi form berikut: bit.ly/relajarKILumajang4 Pendaftaran ditutup tanggal 29 Desember 2017 ya. Eh boleh loooh, ajak teman-teman lainnya… sebarkan informasi ini supaya semakin banyak yang tergerak dan turun tangan.

Mbak Liluk, seorang perawat yang berbagi profesinya. (foto oleh Moh. Zainuri)
Eh ya, boleh juga kalau teman-teman yang suka motret atau memvideo untuk bergabung dengan Kelas Inspirasi Lumajang. Nggak harus mengajar kok, melainkan mengabadikan momen dalam jepretan kamera maupun video. Iya, menjadi relawan fotografer atau videografer. Wihiiii, berminat? Langsung gih, daftar ke bit.ly/reldokKILumajang4

Mas Demian, fotografer yang ikut mengabadikan momen. (foto oleh Moh. Zainuri)
Ajak teman-teman lainnya dooong. Kabarkan juga berita bahagia ini kepada siapapun, yang sedang rindu bangku SD. Percayalah, teman-teman akan merasakan apa yang saya rasakan ketika menatap mata anak-anak berseragam merah putih.


Wuaaaah, saya kangen beraaat. Saya kangen berat dengan momen-momen ini. Inshaa Allah, lain waktu akan saya tulis dan ceritakan dengan bahagiaaa...

Wassalammualaikum wr wb

12 comments for "Gabung Kelas Inspirasi Lumajang"

  1. aku selalu salut dengan kelas inspirasi ini. Baru tau juga ternyata ada di Lumajang juga! keren dan .. lanjutkaan i love it!

    ReplyDelete
  2. selamat menginspirasi Mba... senang baca tulisannya... semoga semakin banyak kesempatan bagi anak sekolah untuk melihat informasi baru dari para pengajar kelas inspirasi,,,,

    ReplyDelete
  3. Ya Allah, pengen banget ikutan at least jadi panitianyaaa

    ReplyDelete
  4. Kelas Inspirasi, semoga selalu menginspirasi. aku dari dulu pengen banget ikutan, tapi nggak tau kenapa kok ya nggak jadi-jadi -_-

    ReplyDelete
  5. Asyiik banget ikut kelas inspirasi, jadi inget pas KKN dulu ngajar di SD, inget wajah-wajah polos anak-anak SD yang seneng banget didatangi kakak-kakak yang lagi KKN hehehe

    ReplyDelete
  6. Inspiratif sekali ya Kelas Inspirasi ini. Berbagi pengetahuan dan pengalaman tanpa pamrih. Semoga sukses ya, Kak Rhos, untuk Kelas Inspirasi Lumajang 4-nya.
    Btw fotonya bagus-bagusss... ternyata yg motret emang fotografer, yah :D

    ReplyDelete
  7. Di daerahku ada kelas inspirasi juga. Tapi waktu pendaftaran itu aku masih galau dan kurang pede dengan apa yang akan kubagi dengan anak2. Soalnya menurutku kemampuan publik speakingku masih dikit. Tapi kalau batch selanjutnya, mungkin aku bakal ikutan. Semoga bisa ikut dalam barisan inspirator muda Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Aku pernah ikut sekali kelas inspirasi ini. Tapi jd panitia doang karena kebetulan jauh sih

    Di Jepara nanti Januari-an. Sayang gak bs ikut krn satu lain hal

    Mgkn suatu saat ikut lagi

    ReplyDelete
  9. jadi sekarang aktivitas kak ros pasca lulus menjadi relawan kelas inspirasi ya kak? sukses ya untuk kegiatannya semoga semakin menginspirasi :)

    ReplyDelete
  10. Nah..kegiatan keren ini..
    Selain bisa melihat cara belajar anak sekolah..bisa juga memberi semangat belajar dan pengetahuan baru bagi mereka...

    Dari berbagai profesi..

    ReplyDelete
  11. Kegiatan asyik dan nyenengin di luar kampus nih, bisa suatu waktu pengin ngajar atau main nareng anak SD. Uh iya anak SD emg masih semangat2 dan nyenengin2nya

    ReplyDelete