Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlukah Baca Buku Tentang Pernikahan?

Assalamualaikum wr wb

Kok judulnya enggak banget ya? Padahal jawabannya jelas perlu lah.

Yang saya pahami, menikah itu bukan sekadar bahagia-bahagiaan bareng pasangan. Melainkan membangun sebuah rumah tangga, melahirkan dan mendidik generasi yang bermartabat, serta bersama-sama taat kepada-Nya.

... dan... semua hal itu tidak mudah dilakukan 😉

baca-buku-pernikahan


Apalagi, kita melakukan semua hal itu bersama dengan seseorang yang dipilihkan oleh-Nya, sampai akhir hayat. Harus bekerjasama dengan orang yang sama. Mengkomunikasikan ide yang seringkali berbeda. Mendiskusikan opini yang kerapkali berseberangan, dan masih banyak lagi lainnya.

Perlukah Baca Buku Tentang Pernikahan?

Maka kita harus mempersiapkannya dengan baik-baik. Mencari tahu informasi, seperti apa kehidupan pasca menikah yang sebenarnya. Ketika ada masalah, solusi apa yang biasanya dilakukan. Nah, ingat pula, masalah dan solusi pada setiap rumah tangga tentu berbeda-beda. Jadi, bergantung kitanya saja untuk lebih bijak dalam mencerna pembelajaran dari orang lain.

Supaya kita bisa lebih bijak dalam menyikapi segala permasalahaan saat berumah tangga nanti, maka kita harus tahu dulu dasarnya. Yap. Dasar-dasar pernikahan 😇

Ya memang nanti kita akan tahu sih saat kita mengikuti penyuluhan seminar pra-nikah setelah mendaftarkan diri ke KUA. Tapi penyuluhannya itu cukup singkat. Hanya sehari dua-hari. Sementara, menikah itu waktunya berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. 

Jadi, akan lebih baik bila kita membekali diri sejak awal untuk memulai membaca buku tentang pernikahan. Bisa buku tentang pra-nikah, pernikahan, atau pasca menikah. Boleh tentang menata hati dan diri sebelum menikah. Buku tentang suka duka menjadi pasangan suami istri, dsb. Bacalah sebanyak-banyaknya. Bacalah sekaya-kayanya 😏

Kalau saya pribadi, sejauh ini masih belum ada buku fisik tentang pernikahan, yang saya baca. Masih merasa belum butuh banget, haha. Ehtapi saya udah mulai nyicil loh untuk belajar mengenai pernikahan nanti.

Belajarnya enggak harus dari buku fisik toh? Biasanya saya nyimak cerita dan informasi dari para selebgram atau para bloger. Mereka loyal saat berbagi kisah tentang pernikahannya. Enggak cuma soal pernikahan, melainkan juga tentang keuangan saat menikah, pilihan pendidikan untuk anak, dsb.

Banyak deh pokoknya 💁

Lain waktu saya kasih rekomendasi selebgram atau bloger yang fokus membahas tentang pernikahan dan parenting. Tapi kalau pengen tahu rekomendasi buku fisik untuk persiapan pernikahan, boleh simak di Rekomendasi Buku Bacaan Pra Nikah dan Perlukah Membacanya?

Jadi, menurut saya membaca buku tentang pernikahan itu penting. Meski sekarang ini saya masih belum memiliki buku terkait, tapi Inshaa Allah akan disegerakan kok. Disegerakan untuk berburu buku tentang pernikahan di toko buku, hehe.

Lalu, kamu? Bagaimana menurutmu tentang membaca buku sebelum pernikahan berlangsung??

Wassalamualaikum wr wb  💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

28 comments for "Perlukah Baca Buku Tentang Pernikahan?"

  1. Wkwkwk, beberapa hari yang lalu aku ikut kajian pra nikah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu juga pernah ikut kajian pra nikah kok cil
      8 minggu
      Tapi sering bolong2 😅😅

      Delete
  2. Segera review deh dek mengenai blog yang isinya share tentang pernikahan hehe

    ReplyDelete
  3. Kalo aku malah kepengen ikutan kursus pra nikah terus ikut kelas parenting. Biar siap nanti kalau sudah menikah. Kalau ada mentornya kayanya lebih oke

    ReplyDelete
  4. Kalau aku mah karena baca tulisan ini mendapat kesimpulan kalau yang nulis sudah benar-benar siap, hu um

    Ditunggu kabarnya ya Ros hehe

    ReplyDelete
  5. Penting banget ...baca2 buku segala sesuatu tentang pernikahan walau pun belum menikah.., begitu juga tentang parenting walaupun belum nikah atau punya anak...

    Tabung ilmu yg banyak biar ketika melewatinya gak kaget lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes setuju
      nabung ilmu juga manfaatnya akan bertambah terus
      💕💕

      Delete
  6. Aku malah jarang baca buku tentang pernikahan. Punya dikasih hadiah saat nikahan, tapi ga sampai habis aku baca.
    Percaya ga, aku memutuskan nikah pun enggak mikir panjang sih kayanya. Iya aja waktu itu. Masih inget pas ada temen yang nanya emang beneran udah siap, aku jawab: siap ga siap ya harus siap, wong udah tinggal sebulan.

    ReplyDelete
  7. Perlu. Sangat perlu. Aku sebelum menikah melakukan ini, sebagai gambaran bagaimana sebenarnya dunia pernikahan itu.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, ada beberapa buku tentang pernikahan di rumah (meski belum semuanya dibaca sampai khatam, heheheh)

    ReplyDelete
  9. Dulu sebelum menikah, kebetulan saya kerja di penerbitan yang banyak menerbitkan buku-buku tentang pernikahan, jadi ikutan baca deh karena ikutan jadi tim editor, lumayan nambah ilmu tentang seluk-belum menikah

    ReplyDelete
  10. Perlu donk. Karena dari fakta di lapangan yang ternyata masih banyak pasangan yang belum tau seluk beluk pernikahan, hak dan tanggung jawabnya gimana, sanksi nya apa, seperti apa. Kursus pernikahan yang ada di KUA itu sama sekali gak cukup lho, perlu bahan yang lebih banyak lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah iya sih, kudu ikut seminar pra nikah memang
      💕💕

      Delete
  11. Perlu nggak yaa?learning by doing aja deh, oya satu buku yg aku rekomendasikan desperate housewife asma nadia,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaah oke tengkyu buat rekomendasi bukunya
      💕💕

      Delete
  12. Menurut aku penting sih iya membaca buku tentang pernikahan.
    Pernikahan kan bukan cuma sehari-dua hari jadi harus benar2 dipersiapkan dengan baik dann matang , baik secara fisik atapun mental.
    Ahh rhos, jadi inget aku pun belum punya buku ttg pernikahan, yuk buruan bernuru bukunya, dan harus dibaca pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak
      harus punya minimal satu
      meski nanti bacanya banyak lewat blog, hehe
      💕💕

      Delete
  13. Saya dulu sebelum nikah baca2 buku ttg pernikahan jg. Btw ngobrolin selebgram kdng suka agak gmn gtu kalau liat postingannya terllau mesra, khususnya yg #timnikahmuda hahaha #netijenjulid
    Lbh suka baca buku sih kalau soal rekomendasi contoh/ informasi ttg pernikahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, jadi males juga ya
      padahal nikah muda ya butuh persiapan matang juga
      💕💕

      Delete
  14. penting banget sih kak sebelum nikah baca buku seperti ini. Apalagi niat kita itu kan menikah untuk ibadah dan cukup sekali dalam seumur hidup. Ibaratnya kita akan hijrah dari hidup sendiri sebatang kara hingga bersama dengan pasangan. Semoga kita disegerakan yaa*

    ReplyDelete