Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Lengkap Tentang Wisata Alam Sumber Maron di Malang

Assalammualaikum wr wb

Sumber Maron merupakan salah satu wisata alam yang cukup terkenal di Malang. Liburan akhir tahun lalu, saya mengunjunginya bersama teman-teman. Kesannya, excited banget. Kami bermain tubing dan sangat menikmati detail pemandangan di Sumber Maron. Recommended. Cocok banget untuk teman-teman yang ingin merefresh pikiran dari hiruk pikuk duniawi.

sumber-maron-di-malang

Maka dari itu, saya membagikan informasi lengkap tentang wisata alam Sumber Maron, terkait lokasi dan akses jalannya, harga tiket masuk dan sewa ban tubingnya, pemandiannya, dan mitosnya 😎

Lokasi dan Akses Jalan ke Sumber Maron

Lokasinya berada di Kabupaten Malang, kecamatan Gondanglegi. Jalan utama yang menghubungkan antara Lumajang dengan Malang. Saat sudah masuk Gondanglegi, akan tampak dinding batu besar di pinggir jalan yang ada tulisan besar ‘Gondang Legi’.

Sekitar 500 meter dari situ, akan ada masjid di kiri jalan yaitu Masjid Jami’ Darussalam. Lalu sedikit lagi ada papan petunjuk arah yang menunjukkan arah kanan untuk wisata Sumber Maron. Masuklah ke jalan kecil tersebut kurang lebih 1 kilometer, hingga kita menemukan banyak parkiran di sana 👷

Parkirlah sampai titik terakhir parkiran, itulah ujungnya. Letakkan mobil dan sepeda motor di tempat parkir, setelahnya kita harus berjalan kaki. Biaya parkir 5.000 rupiah untuk sepeda motor dan 10.000 rupiah untuk mobil 👷

sumber-maron-di-malang

Selanjutnya, akses jalan mulai menyempit dan masih alami tanah yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Berhati-hatilah, apalagi jalanan semakin lama semakin turun. Mulanya kita akan disambut oleh rumah warga dengan toko kecil di depan rumahnya. Setelahnya kita akan sampai di sungai sekunder yang warna airnya mirip kopi susu. Tapi bukan itu air yang akan kita gunakan untuk bermain air 💁

Teruskan saja berjalan, maka kita akan melihat pemandian alami yang besar dan jernih. Apabila kita turun lagi, maka kita akan melihat lagi pemandian alami yang lebih besar dan jernih. Teruskan lagi untuk turun, maka kita akan melihat sungai lebar yang dangkal, cocok untuk keceh-keceh (main-main air) sambil menikmati arus sungai. Dan terakhir, turunlah lagi sampai terlihat air terjun yang di pangkalnya ada pemandian lebar dengan sungai yang lebar pula 💁

sumber-maron-di-malang


HTM dan Sewa Ban Tubing di Sumber Maron

Harga tiket masuknya cuma 3.000 rupiah per orang. Iya, murah banget. Kita bayar tiketnya di loket yang telah disediakan. Lokasinya dekat dengan sungai sekunder yang warnanya mirip kopi susu itu loh 😅

Sementara, kalau mau main tubing, cukup kita bayar sewa ban sebesar 10.000 rupiah. Kalau enggak mau main tubing alias hanya mau renang keceh-keceh (main-main air), ya langsung nyebur saja. Enggak perlu membayar lagi 😙

sumber-maron-di-malang

Ah iya, kalau mau sewa loker untuk penyimpanan barang, jasanya 5.000 rupiah per loker. Sewa kamar mandinya cukup 2.000 rupiah. Murah banget kan? 😙

Kalau saat itu kelupaan enggak bawa celana, baju, dsb, bisa langsung beli di pertokoan sekitar lokasi. Di sepanjang pemandian, mulai dari ujung hingga air terjun, di sekitarnya berjejer pertokoan milik warga setempat. Yang dijual beraneka ragam, mulai dari pakaian, aksesoris, oleh-oleh, hingga makanan. Harganya juga terjangkau kok. Aman 😇

sumber-maron-di-malang


Asal Mula Nama Sumber Maron

Dulunya, Sumber Maron merupakan sumber air jernih yang digunakan untuk mengairi area persawahan di sekitarnya. Sampai sekarang pun, ia tetap mengaliri sawah di sekitarnya sebagaimana mestinya. Persawahan yang ijo royo-royo itulah yang membuat wisata alam Sumber Maron tampak asri 😇

Nama Sumber Maron berasal dari Bahasa Jawa. Terdiri dari dua kata yaitu sumber dan maron, yang masing-masingnya memiliki arti mata air dan alat untuk memasak nasi.

sumber-maron-di-malang

Konon katanya, nama Sumber Maron ini tercetus karena ada banyak maron yang dulu dibuang di kawasan ini. Namun versi lain menyebutkan bahwa bentuk dari kawasan sumber mata air ini memiliki bentuk seperti maron sehingga diberi nama Sumber Maron 💁

Pemandian Sumber Maron

Wisata alam Sumber Maron ini wilayahnya yang sangat luas. Ada hampir 2 hektar, saking luasnya. Ada dua sumber mata air yang menjadi primadona wisata ini 💕

sumber-maron-di-malang

Mata air bagian atas, sumbernya berasal dari pepohonan besar. Airnya tertampung dalam dua pemandian yang cukup besar. Pemandiannya tidak cukup dalam. Kedalamannya hanya setinggi perut orang dewasa.

sumber-maron-malang
Setelahnya, air dari kedua pemandian tersebut mengalir ke sungai yang cukup lebar, namun dangkal juga. Sungai tersebut juga sering dipakai untuk main air karena alirannya tidak cukup deras 💁

sumber-maron-malang

Air sungai tersebut pada akhirnya bermuara ke air terjun. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meter dari dasar sungai. Juga, kemiringannya tidak terlalu curam, kurang lebih 60 derajat. Jadi, banyak orang yang basah-basahan sambil duduk di bebatuan air terjun. Aman kok 😇

sumber-maron-malang

Sementara itu, dari arah yang berseberangan mengalir pula air dari sumber mata air lainnya. Jaraknya kurang lebih 1 km dari sumber mata air. Di antara keduanya tentu ada sungai penghubung yang menjadi sarana asyik untuk bermain tubing 💁

sumber-maron-malang

Sumber mata air yang kedua ini, berasal dari pepohonan di balik sawah-sawah. Tidak banyak yang berenang atau bermain di sini, karena daerah ini identik dengan titik awal untuk permainan tubing.  Lintasan untuk bermain tubing kurang lebih 1,5 km. Alirannya tidak terlalu deras. Cukup aman untuk dijadikan wahana permainan bagi anak-anak berusia 10 tahun ke atas.

sumber-maron-malang

Kalau ingin tahu cerita lengkap tentang pengalaman saya bermain tubing di Sumber Maron, silakan baca di postingan selanjutnya ya: Pengalaman Main Tubing di Sumber Maron Malang

Mitos di Sumber Maron

Siapapun sepakat, bahwa yang namanya perairan erat sekali hubungannya dengan mahluk astral, termasuk di Sumber Maron. Konon katanya, di wilayah ini kerapkali muncul penampakan ular besar. Kalau penampakan lainnya sekelas perempuan jelek, laki-laki gondrong dsb pun juga sering menampakkan diri di sini. Jadi, kalau ke sini jangan malam-malam ya. Usahakan sudah pulang sebelum adzan magrib terdengar 💁

…dan tak heran bila tempat ini seringkali dijadikan tempat untuk mencari wangsit atau pesugihan. Namun meminta pesugihan kepada mereka yang tercipta, merupakan hal bodoh yang tidak perlu kita lakukan oleh smart people bukan?

sumber-maron-malang


Itulah detail informasi yang bisa saya berikan seputar wisata alam Sumber Maron di Malang. Hohooo… Panjang juga ya. Ya gimana ya, lahwong recommended sih 😃

Rencananya, liburan lebaran nanti saya akan mengajak keluarga untuk mampir ke sini lagi. Pengennya sih mau main tubing lagi, hoho… Biar seru… 😆

Lalu, kamu? Kapan mau main ke Sumber Maron?

Wassalamualaikum wr wb 💟💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

5 komentar untuk "Info Lengkap Tentang Wisata Alam Sumber Maron di Malang"

  1. membaca ini, serasa badan ini uda ada disana dek :D

    BalasHapus
  2. Kalau untuk reflesing, mantap banget tuh mbak. Misalkan pengen menyegarkan kondisi badan, yang terlalu padat Aktivitas.

    BalasHapus
  3. Ini yang trailernya udah nongol di blogpost yg lomba blog asus itu kan ya? Hehe...

    Tadi pas baca judul e, tak kira Sungai Maron yang ada di Pacitan. Oh ternyata malah di Malang. Di Purworejo juga ada daeerah namanya Maron dan saya baru tau arti dari Maron itu adalah alat buat masak.

    Smart people mah, kalau mau nyari pesugihan lewatnya kerja keras bagai quda dan berdoa kpd Yang Maha Kuasa. Bukan begitu? XD

    BalasHapus
  4. serunya ada tempat seperti ini, main air tanpa takut tenggelam secara gak terlalu dalam banget *lihat foto* terus murah lagi masuknya. Biar tenang kudu datang pagi-an ini biar serasa kita yang punya tempat. hahahaha

    BalasHapus
  5. Ini pas lagi rame-ramenya ya? Keliatan packed banget hehehe. Enak nih dikunjungi kalo pas panas. Segeer

    BalasHapus