Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Sebelum Melamar Lowongan Logistik

Assalamualaikum wr wb

Akhir-akhir ini, teman-teman saya sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak di perusahaan impiannya. Bekerja di perusahaan yang menghasilkan produk tertentu adalah target mereka karena tantangannya cukup besar. Tak terkecuali pekerjaan yang ditawarkan di Lowongan Logistik, yaitu bekerja di bagian logistik perusahaan πŸ‘·

Bekerja di bidang ini memang mengharuskan untuk memiliki tanggung jawab yang besar. Sebab, para pekerjanya harus pandai dan cermat untuk mengatur sirkulasi barang atau produk. Baik yang masuk ke dalam gudang, maupun keluar gudang tepat waktu. Semua hal tersebut harus dilakukan tepat waktu πŸ‘Œ

tips-melamar-lowongan-logistik

Tips Melamar Lowongan Logistik

Meski pekerjaannya cenderung berat, namun pendapatan yang ditawarkan juga sesuai dengan tanggung jawabnya. Maka dari itu, banyak orang yang mengincar posisi ini untuk dijadikan sumber penghasilan utama guna memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari πŸ‘ͺ

Banyak lowongan logistik yang dibuka oleh perusahaan. Namun kamu harus cermat dalam mencari dan memilih perusahaan yang tepat. Untuk itu, kalau kamu ingin cari tahu tentang lowongan logistik yang sedang berjalan, coba saja cari di situs logistikjobs.id πŸ‘ˆ

Banyak orang yang mendambakan dan melamar posisi ini. Persaingan cukup ketat. Untuk itu, sepertinya kamu perlu tips yang bisa membantumu lolos untuk menjadi pekerja di bidang logistik. Berikut ini ada 5 tips yang harus kamu lakukan sebelum melamar pekerjaan di lowongan logistikπŸ’

Pahami Pekerjaannya

Ya, yang pertama kali harus kamu lakukan sebelum melamar lowongan logistik adalah pahami detail pekerjaan dan tanggung jawabnya. Jangan sampai bidang yang dilamar tersebut nantinya tidak sesuai dengan keinginan. Contohnya, kamu ingin bekerja di bagian kantor yang mengurus dokumen namun malah mendaftar di bagian lapangan yang mengurus sirkulasi produk πŸ‘·

Jadi, pastikan kamu baca baik-baik penawaran lowongan logistik tersebut seperti yang ditampilkan di situs logistikjobs.id. Di situs tersebut juga ditampilkan secara lengkap mengenai gambaran pekerjaan dan tanggung jawabnya nanti πŸ‘·

Pastikan Sesuai dengan Keinginan

Kedua, coba tanya kembali kepada diri sendiri untuk meyakinkan diri. Apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan keinginan, atau tidak? Hal ini masih terkait dengan poin pertama, bahwa kamu harus memahami terlebih dulu tanggung jawab pekerjaannya. Setelah memahami pekerjaan dan job desknya, maka kamu bisa menilai mengenai kemampuan atau skillsmu sesuai dengan posisi tersebut atau tidak πŸ’


Mengapa hal ini penting? Karena seperti yang sebelumnya sudah disampaikan, bahwa pekerjaan di bidang logistik ini juga memiliki tanggung jawab yang tidak kalah besar daripada posisi lainnya. Sehingga jangan sampai kamu merasa tidak betah, apalagi di minggu pertama setelah memulai  bekerja. Karena hal ini akan mencatatkan track record yang buruk dan tentu kamu akan kelelahan dengan sendirinya karena kurang semangat 😏

Samakan Dengan Kriteria

Selanjutnya, kamu harus cermat dalam melamar tawaran lowongan logistik yang sesuai dengan kemampuan dan kriteria. Contohnya, kemampuan bahasa Inggris untuk bidang ekspor dan impor. Kalau mampu, silakan ambil. Kalau belum mampu, silakan pilih lowongan yang lain, atau belajar terlebih dahulu πŸ’ͺ

Ya, pertimbangan ini perlu dperhatikan baik-baik karena memang tidak sedikit perusahaan yang sudah dapat memasarkan produknya ke luar negeri. Sehingga kemampuan bahasa Inggris menjadi sesuatu yang wajib dalam pekerjaannya sehari-hari. Tidak sedikit pula lowongan logistik yang ditawarkan seperti melalui logistikjobs.id memiliki deskripsi dalam bahasa Inggris. Kebutuhan tersebut akan sangat baik jika memang dimiliki pelamar πŸ‘Œ

Lokasi Pekerjaan yang Tepat

Selanjutnya, pahami lokasi kerjanya. Apakah sesuai untuk kamu atau tidak. Sebagian besar pekerjaan yang ditawarkan dalam bidang logistik umumnya berasal dari perusahaan yang setidaknya berada di kawasan industri yang mungkin jauh dari tempat tinggalmu. Pastikan kamu membaca dengan cermat agar tidak menyesal di kemudian hari πŸ‘Œ

Gaji yang Ditawarkan

Terakhir, yang juga perlu diperhatikan sebelum melamar lowongan logistik baik melalui situs penyedia lowongan pekerjaan khusus bidang logistik seperti logistikjobs.id atau mengirimkan langsung ke perusahaan adalah gaji yang ditawarkan. Umumnya besaran gaji di bidang logistik cukup besar dan informasinya tertera jelas pada lowongan yang disebar πŸ’

Namun tidak sedikit pula yang menyembunyikan informasi tersebut. Yang perlu dilakukan adalah menghitung pendapatan tersebut, lalu disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Apakah cukup atau tidak? Kalau cukup, ya silakan lanjut dan melamar πŸ’ƒ

Itulah 5 tips yang bisa saya bagi untuk teman-teman yang ingin melamar lowongan pekerjaan di bidang logistik. Teman-teman saya juga banyak yang ingin bekerja di logistik. Gajinya lumayan, hehe πŸ˜„

Lalu, kamu? Ingin melamar pekerjaan di lowongan logistik juga kah?

Wassalamualaikum wr wb πŸ’•
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

8 komentar untuk "5 Tips Sebelum Melamar Lowongan Logistik"

  1. Aku dulu pernah kerja di bagian Logistik. Tadinya cuma mikir yang penting kerja. Semakin berjalannya waktu, ada banyak hal yang enggak sesuai sama aku gitu. Jadi akhirnya resign, hahaha

    BalasHapus
  2. Segala pekerjaan emang harus dipelajari apa yang harus dikerjakan dan seperti apa perusahaannya supaya ngga terjebak dan bisa nikmatin kerjaannya

    BalasHapus
  3. Semua tipsnya bener.....lokasi pekerjaan bener juga perlu dipertimbangkan, gak mau kan tua di Jalan

    BalasHapus
  4. Aku baru tau kalau pekerjaan logistik gajinya lumayan.
    Hihii~
    Selama ini posisi impian siih Front liner, karena perempuan.
    Suka berhubungan dengan banyak orang dan mengutamakan penampilan.

    BalasHapus
  5. Memang benar bagian logistik cukup berat tugasnya, di perusahaan tempat saya kerja dulu, bagian ini paling berat tanggung jawabnya, asyik nih ada webnya jadi bisa cari lowker di sana ya

    BalasHapus
  6. Ketika semua orang sibuk mencari kerja,saya malah memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya

    BalasHapus
  7. Baru tahu ada web yang khusus menginformasikan pekerjaan yang berkaitan dengan logistik mbak. Bisa nih direkomendasikan ke keponakan2ku yg baru aja lulus sekolah. TFS infonya.

    BalasHapus
  8. Barusan meluncur ke webnya. Banyak juga ya lowongan pekerjaan yang disediakan. Semoga sukses semua yang lagi pada nyari pekerjaan.

    BalasHapus