Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Harus Disiapkan Pengusaha Kuliner Sebelum Membuka Bisnis

Assalamualaikum wr wb

Dari 10 pintu rezeki, 9 di antaranya adalah berdagang. Jadi, bekerja yang peluangnya paling besar adalah berdagang. Menjadi pedagang atau pengusaha itu harus benar-benar siap. Minimal, siap secara mental. Modal, urusan belakang, bisa diperjuangkan.

Persiapan secara mental ini salah satunya adalah belajar. Belajar untuk mempelajari tentang bagaimana usaha tersebut akan berhasil. Mulanya mungkin belajar sebatas teori. Baca buku, baca referensi di blog, atau video kesan pesan pengalaman para pengusaha yang dapat ditemukan di YouTube.

Dalam proses belajar tersebut, alangkah baiknya bila kita juga mulai eksekusi. Mulai mencicil, mempersiapkan segala sesuatunya. Terlebih lagi bila ingin berbisnis kuliner.



Saya sih juga ingin jadi pengusaha. Lebih tepatnya pengusaha kuliner. Pengennya kuliner mie pedes, atau bakso pedes. Hehe. Soalnya makanan yang pedes-pedes itu menggugah selera, ya toh? Hehe.

Maka dari itu, sekarang saya mau belajar, sekaligus sharing mengenai hal-hal yang saya pelajari terkati persiapan yang harus dilakukan sebelum membuka bisnis kuliner. Saya harap, dengan sharing tipis-tipis ini dapat memacu kita untuk mempersiapkan bisnis sejak dini dengan lebih baik.

Kenali Target Pasar dan Sesuaikan

Bisnis yang dijalankan, tentu memiliki sasaran tertentu. Bisa ditentukan berdasarkan kebutuhan, lokasi usaha, atau kesesuaian zaman. Misalnya bila kita hendak membuat usaha kuliner di lokasi yang dekat anak remaja, tentu mereka suka makanan yang lagi ngehits dong. Seperti mie level-levelan, bakso isi macam-macam, es krim bentuk unik, dsb.

Misalnya lagi, ditentukan berdasarkan kebutuhan pribadi, yang ingin kulak barang dengan harga grosir. 1 barang dipakai, lainnya dijual. Ya boleh juga. Asalkan, kita mampu promosi kepada khalayak, dimulai dari lingkar pertemanan.

Buat Anggaran Modal Usaha yang Jelas
Nah, mari kita bicara modal. Hahaha. Cari modal itu perlu ya. Tetapi lebih penting lagi: membuat anggaran modal. Kira-kira bisnis kuliner ini, perlu modal apa saja?

Sewa tempat, atau lahan sudah tersedia (hanya perlu atur tata letak)? Bahan bakunya beli dimana – harga berapa – tahan berapa lama? Menggunakan karyawan mulai hari pertama atau nanti setelah rame? Promosi dari mulut ke mulut atau promo di media sosial?

… dan pertanyaan lain yang kudu dipikirkan baik-baik.

Dalam berbisnis, modal menjadi bagian yang cukup krusial. Karena memulai usaha dengan modal yang jauh dari kebutuhan, sama saja dengan tindikan bunuh diri. Jadi, pastikan kita menyiapkan modal dengan baik. Minimal, merencanakannya terlebih dahulu.

Membuat Business Timeline yang Jelas dan Matang
Business timeline atau perencanaan bisnis menjadi hal yang penting bagi kita untuk menjalankan usaha. Banyak pengusaha pemula yang gagal karena tidak mampu merencanakannya dengan jelas dan matang.

Untuk membuat business timeline, rencanakan bagaimana kita ingin menjalankan bisnis. Apa tujuannya? Bagaimana cara mencapai tujuannya? Bagaimana system operasionalnya? Bagaimana pemodalannya? Bagaimana keuangannya? SIapa saja yang terlibat? Bagaimana target-targetnya? … dan masih banyak lagi.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebaiknya benar-benar dijawab. Coba saja dijawab sekalian ditulis di selembar kertas, lalu tempelkan di dinding kamar. Kemudian, didoain sepanjang waktu. Dikerjain setiap hari.

Contoh, mengenai sistem operasional, khususnya pembayaran. Mau pembayaran seperti apa? Tunai sajakah? Atau ingin pembayaran secara online yang mengikuti zaman? Bagaimana laporan hariannya?

Saya akan bantu jawab sekaligus memberi contoh dengan ilustrasi berikut:

"Paling enak sih memang bila ada pembayaran secara tunai, dan secara virtual. Soalnya akhir-akhir ini, orang-orang lebih suka bertransaksi dengan e-money.

Juga, lebih enak bila kita menggunakan aplikasi yang mampu menerima pesanan makanan, pembayaran makanan secara virtual, hingga laporan hariannya. Pokoknya lengkap deh dalam satu aplikasi.

Memangnya ada?

Ada dong. Namanya SPOTS, sebuah aplikasi kasir yang multifungsi. Layanan terbaru dari GOJEK. Ia mampu menerima pesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dengan beragam tipe pembayaran. Tentu saja, bisa cetak resi juga loh.


Aplikasi kasir SPOTS POS ini mampu mengakomodir urusan kasir. Tenang saja, harganya terjangkau. Biaya aktivaasi hanya 290.000 rupiah dengan biaya pemeliharaan 2.900 rupiah.

Kalau ingin tahu lebih lengkap, cek video berikut: video SPOTS

Enak kan? Salah satu urusan pembayaran di bidang kuliner, beres deh.”

Nah, itu salah satu contoh, penjabaran untuk membuat business timeline. Hahaha, bahasannya banyak ya.

Iya sih, semakin detail kita merencanakan, maka akan semakin dekat pula kita dengan target.

Itu ya, 3 hal yang harus dipersiapkan matang-matang sebelum membuka bisnis kuliner. Harus dilakukan dengan baik, supaya kita benar-benar bisa sukses berbisnis kuliner.

Nah, kalau kamu nanti sudah sukses berbisnis kuliner, berkabar ya? Mari kita tukar pikiran.

Wassalamualaikum wr wb  💕


--
Artikel ini didukung oleh SPOTS
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

19 komentar untuk "Yang Harus Disiapkan Pengusaha Kuliner Sebelum Membuka Bisnis"

  1. ternyata untuk bisnis kuliner, ada aplikasi seperti ini yak. gue malah baru tau.

    kyaknya kalo gue balik ke Jakarta, harus nyoba aplikasi seperti ini. biar kalo nantinya buka usaha kuliner, udah punya pengalaman duluan.

    BalasHapus
  2. Warung nasi uduk dan warteg langgana udah punya SPOTS ini. Makin seneng aku, bisa cashless dan banyak dapat diskon dan promo

    BalasHapus
  3. Menarik ya SPOTS ini. Membantu banget buat bisnis, bisa ngatur ini itu yang biasanya jadi kendala terutama buat yang pemula. Terjangkau juga biayanya.

    BalasHapus
  4. Wih, sudah terencana dg matang ini analisis usahanya kak Ros. Cus jalankan. Dinantikan cerita selanjutnya kak.

    BalasHapus
  5. Whoh dari gojek ya SPOTS ini, aku baru tahu. Perkara bisnis emang kompleks dan butuh persiapan ya kak, namun yg plg pnrting adalag keberanian memulai

    BalasHapus
  6. Pebisnis harus mulai go digital, karena sekarang sudah mulai banyak pengguna aplikasi pesan online dan pembayaran pake e-money.

    BalasHapus
  7. Wah iya. Kemarin sempet denger juga TENTANG Spot ini tapi belum pernah coba sih

    BalasHapus
  8. Aku baru tau soal spots ini dan sangat exited. Pernah dulu punya usaha minuman, terus berhenti karena tiba2 harus LDR sama suami, gak bisa kepegang. Dengan spots ini kayanya aku bisa mulai lagi ya usahanya

    BalasHapus
  9. Usaha kuliner nggak harus bisa masak ya mbak, hehe. Asal bisa ngatur semuanya dengan baik pasti bisa berhasil.

    BalasHapus
  10. Bisa menjadi modal buka usaha dan terobosan baru, apalagi sekarang jamannya digital.
    Jadi transaksi via online, saya sih pengen sekali buka usaha konter / jual aksesories gdaget gitu..

    BalasHapus
  11. Wah... Aku baru tahu nih sama aplikasi spots Iki loh mbak,
    Kalau soal berdagang, jadi inget kalau Rasulullah dulu juga berdagang. Heeee
    Mugo2 terwujud hajat e smean ya mbak
    Aminnn

    BalasHapus
  12. menjadi seorang pengusaha sukses itu sangatlah tidak lah mudah harus berani mengeluarkan modal dan harus banyak banyak bersabar supaya meraup keuntungan yang lumayan dan khususnya bisnis kuliner makanan kemarin saya nemu salah satu tempat makanan yang menggunakan Spots sebagai alat untuk menghitung jumlah total makanan.

    BalasHapus
  13. Duh! mantep banget kalau sudah cashless gini ya kak. rasanya kok jadi aman aja. klo bawa uang didompet bawaannya waspada takut ilang atau lupa bawa. kalau smartphone pasti bawa jadi uangnya sekaligus kebawa dan akunya tenang jajannya

    BalasHapus
  14. Keren deeh...kalau usaha kecil-kecilan kuliner sudah bisa ada yang bantu begini...
    Dijamin mengatur keuangan menjadi lebih mudah dan simple dengan Spots.

    BalasHapus
  15. oo mantab nih inovasi gojek ya. Skrg head to head aplikasi gojek vs ovo (grab) nih. Mudah2an makin bersaing agar pengguna diuntungkan hihi

    BalasHapus
  16. Multi fungsi banget ya...,
    Teknologi makin memudahkan transaksi..gak bikin ribet .

    Tapi ..dengan kemudahan ini jangan makin konsumtif..n kebanyakan jajan..
    Soalnya ngelayani go food juga kan..hehehhe

    BalasHapus
  17. Teknologi terkini saat ini ada untuk dimanfaat demi memudahkan segala hal dalam kehidupan, seperti halnya aplikasi kasir SPOTS ini. Sayang banget kalau para pemilik usaha tak memanfaatkannya ya

    BalasHapus
  18. spot memang paling praktis dan mudah dioperasikan ya :D sukses selalu yaaa

    BalasHapus