Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Draft Novel yang Nganggur, Terbitkan di Blog Ajalah

Assalamualaikum wr wb

Saya tuh pernah punya novel. Lebih tepatnya: novel yang tak pernah terbit. Hanya berupa draft, sejak 7 tahun lalu. Tahun 2012. Ketika saya kelas 12 SMA. Kok ya nekat banget, sibuk-sibuknya belajar untuk UN, malah bikin novel. Hadeeeh.

Kalau saat SMP, saya bikin juga. Tapi bentuknya cerpen. Sudah terpublish semua kok di blog ini. Diposting saat itu juga. Tapi enggak page one euy. Haha. Pokoknya asal nulis aja dah.

Jaman itu, ketika SMA, entah mengapa saya antusias banget membuat novel. Mungkin karena hasrat ingin menyampaikan perasaan, pemikiran, atau ide-ide yang harus tertuang saat itu juga.

Dari 6 judul yang ingin saya wujudkan, hanya ada 1 yang berhasil selesai sampai akhir. Lainnya, hanya berupa draft. Draft yang tak terselesaikan sampai kini. Pun lupa dengan jalan ceritanya.

Rencananya mau saya hapus dari laptop. Tapi mau saya abadikan dulu di sini. Supaya kalau rindu sama draft-draft tersebut, bisa terobati.

Judulnya: Cinta di Pucuk Cemara. Entah berkisah tentang apa


Judulnya: Purnama Merindu. Sepertinya yang ini tidak berkisah tentang apa-apa. Hahaha

Judulnya: Sambil Mereguk Cinta. Lupa tentang apa. Ini bagian dari chapter kedua

Judulnya: The Real Angel. Cerita tentang Ibu.

Selain itu, ada 1 novel yang saya berhasil bikin 2 bab. Totalnya ya 9 chapter. Pernah saya publish di blog ini. Alhamdulillah… Tapi ya begitu, enggak lanjut. Lebih tepatnya tidak dilanjutkan. Entah kenapa. Mungkin karena sudah ra tekan mikir. Enggak sanggup mikir dah… haha


Novel Baleriano

Novel yang selesai itu judulnya Baleriano. Perpaduan dari 2 kata: balerina dan piano. Tentang kisah seorang balerina yang jatuh cinta dengan pemain piano.

Inspirasinya… sederhana aja sih. Gara-gara nonton video klipnya Cobalah Mengerti versi Uki, Lukman, Reza dan David featuring Momo Geisha.

…dan… pemain piano yang saya bayangkan di novel ini adalah si David itu. Makanya namanya Davin. Sementara perempuannya ya Momo Geisha itu.

Hahaha. Asal idenya receh ya.

Sederhananya, saya hanya ingin memuaskan nafsu dan melampiaskan hasrat mengenai ide-ide yang ada di otak. Harus tertuang. Harus selesai. Saya lupa, berapa lama ia selesai.

Yang jelas, saya merasa senang banget, akhirnya novel saya selesai. Lega. Puas. Puas banget. Alhamdulillah.


Rencana Diterbitkan

Dulu, novel ini ingin saya terbitkan. Rencananya ke penerbit mayor. Saya udah ngirim loh ke salah satu penerbit. Tapi tidak ada kabar lagi. Mungkin karena saya tidak menyertakan uang untuk biaya pengembalian ke alamat saya.

Atau mungkin… karena saya masih gagap teknologi saat itu. Ya mungkin enggak tahu aja kalau bisa kirim novel via email. Jaman itu, jarang ada tugas-tugas yang dikirim via email. Hahaha.

Draft novel itu mengendap hingga sekarang. Eman ya.

Makanya, ingin saya terbitkan. Terbit di blog ini aja lah. Enggak papa kok. Toh, saya nulis untuk senang-senang. Bukan untuk mencari cuan. Kalau suatu hari dapat cuan dari retribusi novel ini, ya Alhamdulillah.

Jadi…. Saya berencana untuk menerbitkan naskah Novel Baleriano di blog ini. Akan tayang setiap hari Senin jam 5 pagi. Rutin terbit per chapter selama 40 pekan ke depan. Uwuuuuw, seru deh.

Rencana cover novel Baleriano. Seadanya. Haha

Maka… nantikan ya tulisan saya tentang novel Baleriano. Saya harap, kamu menikmatinya. Menyukainya. Dan menunggunya setiap pekan.

Wassalamualaikum wr wb 💕

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

6 komentar untuk "Punya Draft Novel yang Nganggur, Terbitkan di Blog Ajalah"

  1. Wahhh keren kak ros, kalo saya sih entag kenapa belon sanggup bikin novel, takut ngebul nih kepala kebanyakan mikir wkwkwkw.

    BalasHapus
  2. hehehe aku dulu suka bikin cerpen cerpen kalo novel lupa pernah buat apa engga. Cuman punya ide ceerita aja tapi nggak nulis nulis. Duluuuu pengen banget nerbitin novel semacam teenlit. Apa daya cita cita belum sampai :D

    BalasHapus