Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran dan Kewenangan Dokter Kulit

Assalamualaikum wr wb

Melakukan perawatan kulit adalah kewajiban bagi setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Kesehatan kulit yang terjaga tentu akan semakin memaksimalkan penampilan. Selain melakukan perawatan rutin sendiri dengan produk-produk kecantikan, ada banyak orang yang memilih melakukan perawatan pada dokter kulit. Hal ini karena mungkin ada gangguan pada kulit yang membutuhkan penanganan lebih lanjut dari dokter atau orang yang ahli.


Berbagai Penyakit yang Ditangani Dokter Kulit

Dokter kulit tentunya berbeda dengan dokter kecantikan. Bedanya adalah jika dokter kulit bertugas menangani penyakit kulit yang lebih serius, sedangkan dokter kecantikan biasanya menangani permasalahan kulit yang bertujuan untuk menunjang penampilan. Karena kita harus bisa membedakan keduanya terlebih dahulu jika ingin melakukan perawatan atau konsultasi.

Dokter spesialis kulit ini biasanya akan melakukan penanganan terhadap penyakit kulit yang masuk dalam kategori serius. Berbeda dengan dokter kecantikan yang menangani perawatan kulit. Lalu apa saja keluhan atau gangguan kulit yang masuk dalam kategori serius sehingga membutuhkan perawatan dari dokter spesialis kulit? Berikut beberapa diantaranya.



1. Masalah Kulit karena Infeksi Jamur 

Gangguan kesehatan kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur memang umum dialami oleh setiap orang. Gangguan ini juga biasanya terjadi di hampir seluruh bagian tubuh, terutama di bagian lipatan kulit, ketiak, area diantara jari di kaki dan tangan serta di area selangkangan. Karena tergolong infeksi, sudah pasti dibutuhkan penanganan khusus agar tidak semakin parah dan mengakibatkan gangguan lain.

2. Alergi di Area Kulit 

Alergi ini juga menjadi gangguan kulit yang sering dialami setiap orang. Alergi biasanya diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu tinggi sehingga lebih peka terhadap sumber alergi. Gejalanya biasanya ditandai dengan peradangan atau munculnya ruam-ruam di permukaan kulit. Penanganan gangguan ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit untuk mengetahui penyebab alergi serta penanganan lebih lanjutnya.

3. Psoriasis

Gangguan ini juga merupakan jenis gangguan autoimun. Karena penyakit inilah yang kemudian menyebabkan produksi sel kulit jadi terlalu cepat. Produksi sel kulit yang terlalu cepat ini kemudian menyebabkan terjadinya penumpukan sel kulit. Gejala yang sering dialami oleh penderita yang mengalami gangguan kulit Psoriasi adalah rasa gatal yang berlebih, kulit jadi menebal dan kering, serta munculnya bercak bersisik pada permukaan kulit.

Karena sifatnya yang cukup berbahaya, penanganan yang tepat pun perlu dilakukan. Penanganan ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena itu dibutuhkan peran dari dokter kulit.

Itulah beberapa gangguan kesehatan kulit yang tidak bisa diatasi sendiri sehingga membutuhkan peran dari dokter kulit. Dengan mengetahui jenis-jenis gangguan kulit yang bisa diatasi, kini kita juga lebih tahu tentang fungsi dan peran dari dokter spesialis kulit. Dengan begitu kita kini sudah tidak salah lagi dalam membedakan dokter spesialis kulit dan dokter kecantikan.

Wassalamualaikum wr wb 💕


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

4 komentar untuk "Peran dan Kewenangan Dokter Kulit"

  1. Wah aku pernah nih kak nonton video di youtube tentang kelainan pertumbuhan kulit. Tapi lupaaa namanya apa. Jadi tuh penumpukan kulitnya terjadi di seluruh tubuh dengan berlebihan. Smapai kudu dipakein lotion setiap hari.

    BalasHapus
  2. kulit aku ganti, apa obatnya?

    BalasHapus