Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Naik Kereta Api Pandanwangi 8.000 rupiah Saja

Assalamualaikum wr wb

Orang-orang Jember, selalu terpikat untuk travelling naik kereta api dari Jember ke Banyuwangi. Tiketnya cuma 8.000 euy. Naik kereta api Pandanwangi. Berangkat jam 5 pagi dari Jember. Lalu tiba di Banyuwangi jam 8 pagi. Main-main di pinggir pantai atau sekitar kota. Malamnya langsung balik ke Jember. Tiketnya 8.000 lagi. Hmm siapa yang enggak pengen ya...

pengalaman-naik-kereta-api-pandanwangi

Detail Informasi Kereta Api Pandanwangi

Kalau butuh informasi tiket kereta api Pandanwangi, saya kasih tahu dulu. Soalnya tulisan selanjutnya akan berisi cerita travelling saya ke Banyuwangi, hoho.

Kereta api Pandanwangi ini adalah kereta api lokal ekonomi AC yang melayani perjalanan rute Jember-Banyuwangi (PP). Kereta api ini terdiri dari 6 gerbong/kereta penumpang dan 1 kereta pembangkit. Masih ditarik oleh lokomotif.

Harga Tiket Kereta Api Pandanwangi

Sejak 1 April 2015, sarana transportasi ini hanya dikenakan tarif flat 8.000 rupiah saja. Tarif untuk pulang pergi. Ya berhenti di titik-titik stasiun tertentu.

Jam Berangkat Kereta Api Pandanwangi

Tiket murah kereta api Pandanwangi 8.000 rupiah itu hanya bisa didapatkan pada waktu-waktu tertentu. Pemberangkatan dari Jember: 05.15 dan 15.30. Pemberangkatan dari Banyuwangi: 10.00 dan 20.30. Perjalanannya kurang lebih 3,5 jam. Titik awal akhirnya adalah Stasiun Jember (yang ada di Jember kota) dan berakhir di Stasiun Banyuwangi Baru (yang dekat pelabuhan Ketapang).

[update 7 November 2019, tapi di tulisan ini masih pakai istilah/nama yang lama]
pengalaman-naik-kereta-api-pandanwangi

Harga Murah Untuk Memfasilitasi Rakyat

Biasanya sih, kalau orang Jember yang kerjanya di Banyuwangi lalu pulang tiap weekend, maka dia akan berangkat Hari Senin jam 05.15 dari Jember, lalu pulang kampung ke Jember hari Jumat pukul 20.30. Wuaw efektif banget waktunya. Weekday buat kerja. Weekend buat keluarga.

Kalau untuk masyarakat yang ingin tahu rasanya naik kereta api atau travelling dengan kereta api tanpa menginap, biasanya mereka berangkat hari Sabtu pukul 05.15, lalu akan main-main sebentar di pelabuhan. Atau bahkan menyeberang ke Pulau Bali naik kapal laut. Kemudian pulangnya ambil pemberangkatan jam malam yaitu 20.30. Sampai Jember pukul 23.30. Puas-puas dah 1 day tripnya.

Fasilitas Kereta Api Pandanwangi

Fasilitasnya ya sama aja sih dengan kereta api kelas ekonomi yang biasanya. Duduknya berhadapan, tanpa sekat. Ber-AC. Tersedia colokan listrik. Tersedia pula kamar mandi di masing-masing gerbong. Udah, itu aja. Sama aja kok.

Bisa Pesan Secara Go-Show dan di KAI Access

Dulu, tiket ini hanya bisa dipesan secara go-show. Namun sekarang sudah tersedia di KAI Access Online. Jadinya lebih enak untuk mendapatkan tiket.

Mengangkut Seluruh Penumpang

Oh ya, kereta api ini tidak ada batasan penumpang loh. Kalau penumpang yang datang melebihi kapasitas, ya tetap diangkut. Tapi enggak dapat tempat duduk. Ya berdiri. Yang penting diangkut ke lokasi tujuan. Mengerti banget akan kebutuhan warga lokal, hahaha.

Nah, itulah yang bisa saya ceritakan dari pengalaman naik kereta api Pandanwangi. Recommended loh ini. Saya pengen sih ke Banyuwangi lagi. Naik kereta api lagi. Sama Keluarga. Biar keluarga pada ngerasain naik kereta api, hohoo...

Pengen juga ke sana lagi sama si Mas. Nginep. Soalnya dapet homestay gratis, hahaha. Semoga disegerakan yaaa... aamiin...

pengalaman-naik-kereta-api-pandanwangi

Kamu, kapan mau naik kereta api Pandanwangi?

Wassalamualaikum wr wb 💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "Pengalaman Naik Kereta Api Pandanwangi 8.000 rupiah Saja"

  1. Mirip kereta Prambanan Ekspress nih ya. Rute Jogja-Solo. Mau nyoba ah kalo jalan2 di Jatim :D

    BalasHapus