Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berkontribusi Untuk Bumi dengan Menghemat Energi

Assalamualaikum wr wb

Hemat energi itu sama dengan hemat lingkungan. Meskipun mungkin tidak jelas, namun ada koneksi langsung antara penggunaan energi dan lingkungan di sekitar kita. Kamu setuju kan?

Ketika kita mengonsumsi lebih sedikit daya, maka akan berdampak pada banyak hal.

Yaitu mengurangi jumlah asap beracun yang dilepaskan oleh pembangkit listrik, melestarikan sumber daya alam bumi dan melindungi ekosistem dari kehancuran.

Sumber gambar: qerja.com

Ambil Langkah Untuk Hemat Energi

Dengan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengurangi asupan energi keseharian, maka kita akan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat dan lebih bahagia.

Dapat melindungi udara dan mencegah perubahan iklim. Mungkin cara yang paling terkenal untuk mengurangi energi membantu lingkungan adalah dengan mengurangi emisi pembangkit listrik.

Metode Menghasilkan Listrik Hemat Energi

Untuk menghasilkan listrik, kebanyakan pembangkit listrik membakar batu bara, minyak mentah, atau bahan bakar fosil lainnya. Atau kita juga bisa menggunakan solar sel.

Meskipun metode menciptakan energi ini relatif murah, planet kita harus membayar mahal untuk menangani karbon dioksida, sulfur dioksida, dan nitrogen oksida.



Sumber gambar: jurnas.com

Karbon dioksida, yang menyumbang mayoritas dari semua polusi udara adalah gas rumah kaca.

Ketika karbon dioksida dilepaskan ke udara, ia menyerap kehangatan matahari dan menjaga panas di atmosfer kita.

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca ini adalah fenomena alami dan diperlukan untuk bertahan hidup di bumi.

Namun ketika pembangkit listrik membakar lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan lebih banyak energi, maka akan berdampak pada panasnya cuaca karena banyak karbon yang terjebak.

Hal ini bisa berdampak buruk pada tanah dan kehidupan kita.

Sumber gambar: studiobelajar.com

Efek Emisi Gas Rumah Kaca

Efek emisi gas rumah kaca meliputi:

  • Meningkatnya suhu
  • Gelombang panas
  • Kekeringan
  • Permukaan laut yang lebih tinggi
  • Pola cuaca normal
  • Meningkatnya intensitas bencana alam
  • Hujan asam dan hujan asam.

Mengurangi Konsumsi Energi

Mengurangi konsumsi energi dapat didefinisikan sebagai mengurangi jumlah listrik yang harus dihasilkan oleh pembangkit listrik.

Sehingga kita dapat mengurangi jumlah bahan bakar fosil yang dibakar setiap hari. Bahkan perubahan kecil dapat membuat perbedaan yang luar biasa.

Ketika kita memilih untuk memangkas penggunaan energi, maka kita juga telah membantu melestarikan sumber daya alam terbatas yang seharusnya digunakan untuk memberi daya pada pembangkit listrik.

Dengan lebih sedikitnya permintaan energi, maka pasokan bahan bakar fosil bisa dijaga kebutuhannya.


Cara Hemat Energi

Banyak cara sederhana untuk melakukannya. Berikut ini beberapa cara-caranya:



Tips: Apabila hendak membeli kulkas, belilah yang memiliki fitur lemari es anti bau dan bakteri. Selain berguna untuk kesehariannya, maka secara tidak langsung kita juga bersikap ramah terhadap lingkungan.

Sebab, dari sudut pandang ekonomi, sangat penting bagi kita untuk melestarikan sumber daya kami yang terbatas. Ketika bahan bakar fosil semakin langka, maka mereka akan menjadi sangat mahal.

Selain berdampak pada pola iklim dan menipisnya cadangan sumber daya alam, penggunaan energi yang berlebihan dapat membahayakan hewan dan ekosistem.

Maka sebagai orang yang teredukasi dengan baik, ada baiknya kita mulai menerapkan pola hidup yang ramah lingkungan. Bisa dimulai dengan hal-hal yang sederhana.

Mari selamatkan bumi bersama-sama

Wassalamualaikum wr wb 💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

16 comments for "Berkontribusi Untuk Bumi dengan Menghemat Energi"

  1. Paling sering gw omelin adek gw suruh matiin lampu kamarnya. Padahal sepele loh, tapi kok susah banget yah. -___-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... perlu diingatkan terus mungkin
      kalau untuk kebiasaan baik harus diingatkan terus sih kadang
      lama-lama akan terbiasa
      💕

      Delete
  2. Pakai barang elektronik kek kulkas yang ramah lingkungan jg usaha buat menjaga alam ya mbak? Kalau saya di rumah skrng selalu usaha gak ada colokan yang kyk vampir listrik, jd kalau gak kepakai wajib di-off-kan atau cabut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooh vampir listrik ya? aku baru tau istilahnya sih
      💕

      Delete
  3. Andai banyak orang tahu seni hdup hemat energi itu sederhana dan membahagiakan... dan bahkan menyumbang kelestarian bumi. Bahkan pilih kulkas yang tepat juga bagian dari ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rencananya nanti aku juga akan pilih kulkas yang hemat energi
      💕

      Delete
  4. Slogan 'hemat energi hemat biaya' memang bener, tapi ada yang lebih lagi selain biaya, keberlangsungan kelestarian alam semesta.

    ReplyDelete
  5. Aku masih belum paham soal mencuci dengan air dingin itu sih mbak, bukannya memang kita biasanya nyuci pake air dingin. Atau aku yg gak mudeng aja ya hihihi

    ReplyDelete
  6. Yuk kita mulai hidup yang ramah lingkungan, termasuk mengurangi penggunaan plastik dan tisu. Listrik juga harus dihemat agar bahan bakar untuk menyalakannya dapat tersimpan lebih lama.

    ReplyDelete
  7. kita sebagai penduduk bumi harus tahu bagaimana berkontribusi menjaga ibu bumi. supaya bumi juga membalas dengan memberikan kenyamanan untuk bisa ditinggali. Mulai dari yang sederhana, seperti hemat energi dan tidak menyumbang sampah plastik

    ReplyDelete
  8. Skrg lagi musim lampu bohlam biasa diganti lampu LED. Secara cahaya sih lebih enak adem ga panas. Cuma ga tau apa lebih hemat or ngga ya. Sama daya tahan, led kalau mati ya harus ganti smua.

    ReplyDelete
  9. ah iya kadang mikir juga gimana kalau hemat energi dengan penggunaan alat2 dikurangi, tapi kan butuuh. dan solusinya ya pakai yang ramah energi ya kak kaya kulkas hemat listrik jaid bisa hemat energi :3

    ReplyDelete
  10. Kalau bukan dari kita sendiri, siapa yang bisa menyelamatkan bumi. Menghemat energi sebenarnya merupakan langkah mudah untuk menjaga kelestarian bumi kita ya, Kak

    ReplyDelete
  11. Mau menambahkan jg, Kita bisa kembali mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga seperti yg dilakukan dulu oleh Ibu Dan nenek. Tanpa perlu alat elektronik. Seperti memasak nasi pakai kukusan, membersihkan rumah dgn sapu dan pengki ga perlu pake vacuum cleaner, pemanas air nggak usah di pakai.

    Mungkin untuk lemari pendingin, mesin cuci Dan AC tetap ga bisa ditinggalkan krn itu membantu banget meringankan kerjaan. Dan bener harus Cari yang Paling dikit pakai listrik ya

    ReplyDelete
  12. Aku baru paham kenapa mematikan lampu selama 1 jam bisa menghemat energi.
    Saking manusia zaman now, apa-apa perlu listrik.

    ReplyDelete
  13. Matiin lampu kamar yang aku masih suka lupa, kadang pas jalan langsung aja jalan tanpa ngecek lampu kamar lagi.

    ReplyDelete